KudoZ home » English to Indonesian » Advertising / Public Relations

consumer and trade marketing

Indonesian translation: pemasaran konsumen dan pemasaran perdagangan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:consumer and trade marketing
Indonesian translation:pemasaran konsumen dan pemasaran perdagangan
Entered by: Indra Sofyar

15:50 Sep 1, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Marketing - Advertising / Public Relations
English term or phrase: consumer and trade marketing
Mr. Hulk was appointed Senior Vice-President Consumer and Trade Marketing in October 2005.

TIA
Indra Sofyar
Indonesia
pemasaran (untuk) konsumen dan pemasaran (untuk) saluran dagang
Explanation:
fokusnya buat program/aktivitas pemasaran untuk konsumen:
- misalnya minuman ekstra isi 20 persen
- drawing/undian

pemasaran untuk saluran dagang adalah pemasaran ke pelaku dalam trade channel, yaitu mereka yang masuk dalam rantai 'road to channel' membawa produk dari produsen sampai ke konsumen (produsen, distributor, toko/supermerket/grosir, pengecer).
Contoh:
- promosi potongan harga untuk toko/grosir
- aktivitas display di toko/grosir/pasar/supermarket
- planogram (susunan penataan produk di supermarket)
- promosi khusus di supermarket

sementara pemasarannya fokus pada brand development sehingga kegiatan-kegiatan di atas yang dulu masuk marketing secara khusus dibuat unitnya sendiri.

Agak panjang kalau diterjemahkan tapi saya biasanya membiarkan jabatan tersebut dalam bahasa inggris, kecuali memang ingin diterjemahkan
Selected response from:

Hikmat
Indonesia
Grading comment
Thanks. Sesuai penjelasan Hikmat, memang ternyata hal ini merujuk pada dua bidang pemasaran yang berbeda: Pemasaran Konsumen dan Pemasaran Perdagangan (dua istilah ini ternyata digunakan oleh sejumlah kalangan, khususnya di bidang pemasaran).
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5konsumen dan pemasaran dagang
Alex ST
5pemasaran konsumen dan perdagangan
Hipyan Nopri
5konsumen dan perniagaan
Arfan Achyar
4pemasaran produk konsumen dan niaga
Erich Ekoputra
3pemasaran (untuk) konsumen dan pemasaran (untuk) saluran dagang
Hikmat
3Pemasaran produk konsumen dan dagang
Ria Cahyani


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
konsumen dan pemasaran dagang


Explanation:
trade there must be industry or dealing. So, for the reason of feasible meaning into Indonesian, I prefer choosing dagang then perdagangan. While, consumer must be independent, since it can't be transacted.

Alex ST
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pemasaran konsumen dan perdagangan


Explanation:
Ref.:
Dalam *pemasaran konsumen*, basis data pelanggan terdiri dari data demografis (usia, penghasilan, anggota keluarga, tanggal lahir), psikografis (aktivitas, minat, dan opini), pembelian terdahulu, serta informasi individual lain yang relevan.

Menurut Direktur Penegakan Hukum di Kementerian Urusan *Konsumen dan Perdagangan* Dalam Negeri Malaysia (Malaysia’s Ministry of Domestic *Trade and Consumer* Affairs), . . .


    Reference: http://teddykw2.wordpress.com/2008/06/17/pemasaran-berbasis-...
    Reference: http://www.kompas.com/read/xml/2008/03/04/09161159/malaysia....
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pemasaran (untuk) konsumen dan pemasaran (untuk) saluran dagang


Explanation:
fokusnya buat program/aktivitas pemasaran untuk konsumen:
- misalnya minuman ekstra isi 20 persen
- drawing/undian

pemasaran untuk saluran dagang adalah pemasaran ke pelaku dalam trade channel, yaitu mereka yang masuk dalam rantai 'road to channel' membawa produk dari produsen sampai ke konsumen (produsen, distributor, toko/supermerket/grosir, pengecer).
Contoh:
- promosi potongan harga untuk toko/grosir
- aktivitas display di toko/grosir/pasar/supermarket
- planogram (susunan penataan produk di supermarket)
- promosi khusus di supermarket

sementara pemasarannya fokus pada brand development sehingga kegiatan-kegiatan di atas yang dulu masuk marketing secara khusus dibuat unitnya sendiri.

Agak panjang kalau diterjemahkan tapi saya biasanya membiarkan jabatan tersebut dalam bahasa inggris, kecuali memang ingin diterjemahkan

Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 12
Grading comment
Thanks. Sesuai penjelasan Hikmat, memang ternyata hal ini merujuk pada dua bidang pemasaran yang berbeda: Pemasaran Konsumen dan Pemasaran Perdagangan (dua istilah ini ternyata digunakan oleh sejumlah kalangan, khususnya di bidang pemasaran).

10 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pemasaran produk konsumen dan niaga


Explanation:
Biar mengalir, sisipkan "produk". Produk konsumen: sabun, pasta gigi, camila, dlsb. memang perlu iklan. Produk niaga belum kebayang seperti apa. Atau mungkin bukan produk, tetapi jasa?





Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

14 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Pemasaran produk konsumen dan dagang


Explanation:
...

Ria Cahyani
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

1 day11 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
konsumen dan perniagaan


Explanation:
...

Arfan Achyar
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4