KudoZ home » English to Indonesian » Agriculture

barley

Indonesian translation: barli


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:barley
Indonesian translation:barli
Entered by: Ryszard Matuszewski

20:08 Jul 3, 2004
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Agriculture
English term or phrase: barley
semacam rumput bijinya
Ryszard Matuszewski
barli, gerst
Explanation:
Kamus Besar Bahasa Indonesia: "barli" = "padi-padian, dipakai sbg bahan pembuat bir dan wiski, hordeum vulgare"

Echols and Shadily's Kamus Inggris Indonesia has "barley" = "gerst (sm gandum dipakai utk membuat bir)".

"Barli" is also used in Malaysia.
Selected response from:

Bettina David
Grading comment
Terima kasih :)
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1barleyeldira
5 -1jawawut
M. Laut
4barli, gerst
Bettina David


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
barli, gerst


Explanation:
Kamus Besar Bahasa Indonesia: "barli" = "padi-padian, dipakai sbg bahan pembuat bir dan wiski, hordeum vulgare"

Echols and Shadily's Kamus Inggris Indonesia has "barley" = "gerst (sm gandum dipakai utk membuat bir)".

"Barli" is also used in Malaysia.


Bettina David
Native speaker of: Native in GermanGerman
PRO pts in category: 4
Grading comment
Terima kasih :)

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
barley


Explanation:
Barley tetap digunakan seperti aslinya, sebagaimana dapat terlihat dari sumber-sumber resmi (IPB, BATAN, dll) maupun komersial. Lihat:

Sebagai contoh penggunaan enzim amilase pada pakan ternak unggas yang menggunakan barley yang bertujuan meningkatkan ketersediaan pati untuk unggas, akan ...
www.hayati-ipb.com/users/rudyct/indiv2001/nevy.htm

beras, rice (husked), 0.02. ... asparagus, asparagus, 0.1. barley, barley, 0.5. bawang bomaby, onion, 2. ...
www.deptan.go.id/ditlintp/Hukum/lamp BMR-B.html

Sedangkan pengaruh mutagen fisika (radiasi sinar Gamma) pada mutasi genom telah dilaporkan pada mutan tanaman barley, dimana terjadi perubahan genom tanaman ...
www.batan.go.id/p3tir/

Di banyak negara Eropa kebutuhan enerji ini terutama diperoleh dari penggunaan barley dan gandum. Lemak dan minyak ...
agritekno.tripod.com/enzim_komponen_penting.htm -





--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs 58 mins (2004-07-04 03:06:35 GMT)
--------------------------------------------------

Berdasarkan Google, lebih sering ditemukan nama Barli (Barli Sasmitawinata Lahir: Bandung 18 Maret 1921 Agama Islam Profesi: Pelukis, Ir. Barli Hambali, dlsb. dibandingkan barli = bubur barli (resepi.mesra.net/Detailed/432.shtml) dan sejenisnya.


    Reference: http://www.vivalife.co.id/greenbarley.htm
    Reference: http://www.dfat.gov.au/aii/publications/bab05
eldira
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho: ;)
1 day7 hrs

11 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): -1
jawawut


Explanation:
jawawut

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Abdul Karim: nama latin jawawut adalah "Setaria italica" dan bah.Inggeris-nya "foxtail millet"
2 hrs