KudoZ home » English to Indonesian » Automotive / Cars & Trucks

set-up utilities

Indonesian translation: instalasi fasilitas umum


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:set-up utilities
Indonesian translation:instalasi fasilitas umum
Entered by: Mohamad Rudi Atmoko

14:18 Apr 24, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Automotive / Cars & Trucks
English term or phrase: set-up utilities
The machine may slip more easily than expected on frozen snow surfaces even if the inclination is small. Reduce speed when driving. Avoid fast starts, stops and quick turns. Road shoulder and/or set-up utilities covered with snow are difficult to locate.
Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
instalasi fasilitas umum
Explanation:
Berdasarkan konteks yg diberikan, saya menafsirkan
utilities = instalasi fasilitas umum (tiang telepon/listrik, pipa saluran air/gas, parit saluran pembuangan limbah) yg biasanya dipasang di tepi jalan
set-up = terpasang
Tapi tidak perlu diterjemahkan 'instalasi fasilitas umum yg terpasang' karena akan terdengar janggal dalam bahasa Indonesia.
Jadi, cukup diterjemahkan
set-up utilities = instalasi fasilitas umum

Road shoulder and/or set-up utilities covered with snow are difficult to locate.
Bahu jalan dan/atau instalasi fasilitas umum yg tertutup salju sulit dilihat.

Karena itu, sopir harus mengurangi kecepatan agar tidak menabrak bahu jalan dan instalasi fasilitas umum yg sulit dilihat karena tertutup salju tsb.

Ref.:
Utilities:
The private or public service facilities such as gas, electricity, telephone, water and sewer that are provided as part of the development of the ...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks mas Hipyan!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1instalasi fasilitas umum
Hipyan Nopri
4memasang peralatan
M. Laut
3terotoar/pembatas jalan
ivo abdman
3peralatan penujuk jalan
Hadiyono Jaqin


  

Answers


12 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
memasang peralatan


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 12

53 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
peralatan penujuk jalan


Language variant: perangkat rambu-rambu

Explanation:
IMHO. Mungkin maksudnya bahu jalan dan rambu-rambu penunjuk jalan sulit ditemukan ketika tertutupi oleh salju.

--------------------------------------------------
Note added at 57 mins (2008-04-24 15:16:00 GMT)
--------------------------------------------------

utility = perkakas, peralatan, fasilitas umum
set-up = a set of equipment for a particular activity

Dalam kondisi bersalju kita tidak bisa melihat apa-apa, semuanya nampak putih. Bahu jalan dan rambu-rambu pemandu posisi jalan tak terlihat, jadi kalau bisa pelan-pelan supaya tidak terperosok. IMHO

Hadiyono Jaqin
Thailand
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 2

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
instalasi fasilitas umum


Explanation:
Berdasarkan konteks yg diberikan, saya menafsirkan
utilities = instalasi fasilitas umum (tiang telepon/listrik, pipa saluran air/gas, parit saluran pembuangan limbah) yg biasanya dipasang di tepi jalan
set-up = terpasang
Tapi tidak perlu diterjemahkan 'instalasi fasilitas umum yg terpasang' karena akan terdengar janggal dalam bahasa Indonesia.
Jadi, cukup diterjemahkan
set-up utilities = instalasi fasilitas umum

Road shoulder and/or set-up utilities covered with snow are difficult to locate.
Bahu jalan dan/atau instalasi fasilitas umum yg tertutup salju sulit dilihat.

Karena itu, sopir harus mengurangi kecepatan agar tidak menabrak bahu jalan dan instalasi fasilitas umum yg sulit dilihat karena tertutup salju tsb.

Ref.:
Utilities:
The private or public service facilities such as gas, electricity, telephone, water and sewer that are provided as part of the development of the ...


    Reference: http://www.philipwebb.com.au/index.cfm
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 38
Grading comment
Thanks mas Hipyan!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
10 hrs

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
terotoar/pembatas jalan


Explanation:
pinggiran/pembatas jalan yang lebih tinggi dari jalan

... completing road shoulder maintenance. 􀀹 Installation of curbing and/or paving of road

www.cvag.org/depts/CV_DCH.pdf

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 11