ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Bus/Financial

sunk cost

Indonesian translation: biaya tertanam (lihat keterangan)

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:sunk cost
Indonesian translation:biaya tertanam (lihat keterangan)
Entered by: Mohamad Rudi Atmoko

04:40 Feb 13, 2004
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial
English term or phrase: sunk cost
Decision makers also think about the sunk cost - which is a mistake. Managers must justify their financial expenditures.

Apa padanan istilah Sunk Cost dalam bhs Indonesia? Trims.
Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
biaya tertanam (lihat keterangan)
Explanation:
Penggunaan resminya dalam akuntansi: biaya tertanam.
Pengertian: biaya tertanam pada aset-aset yang tahan lama dan bersifat khusus.
Contohnya: pabrik, mesin, yang tidak dapat digunakan untuk keperluan lain dan tidak dapat dijual kembali.

Kalangan pebisnis sering juga mengistilahkan sebagai "modal yang terkunci".
Selected response from:

Rayindra
Indonesia
Grading comment
Trims berat dan juga trims buat mas Kardi atas referensinya
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5biaya tertanam (lihat keterangan)
Rayindra
3biaya terbenamKardi Kho


  

Answers


55 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
biaya terbenam


Explanation:
Sunk cost maksudnya adalah biaya yang sudah terjadi dan umumnya tidak dapat dipulihkan kembali. Saya pernah melihat di beberapa laporan keuangan diterjemahkan sebagai biaya terbenam. Agak aneh memang, mungkin sebaiknya diterjemahkan sebagai biaya terbenam dengan penjelasan dalam kurung (sunk cost) kalau memang merasa kurang sreg. Ada juga yang menerjemahkannya sebagai biaya terselubung, tapi sebenarnya maksudnya berbeda.
Untuk penjelasan lengkapnya, lihat referensi berikut ini:
http://en.wikipedia.org/wiki/Sunk_cost


    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Sunk_cost
Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 1252

3 days4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
biaya tertanam (lihat keterangan)


Explanation:
Penggunaan resminya dalam akuntansi: biaya tertanam.
Pengertian: biaya tertanam pada aset-aset yang tahan lama dan bersifat khusus.
Contohnya: pabrik, mesin, yang tidak dapat digunakan untuk keperluan lain dan tidak dapat dijual kembali.

Kalangan pebisnis sering juga mengistilahkan sebagai "modal yang terkunci".


Rayindra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 636
Grading comment
Trims berat dan juga trims buat mas Kardi atas referensinya