KudoZ home » English to Indonesian » Business/Commerce (general)

selectively targeted measures

Indonesian translation: kebijakan pandang bulu


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:selectively targeted measures
Indonesian translation:kebijakan pandang bulu
Entered by: Erich Ekoputra

02:40 Feb 19, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Business/Commerce (general) / Competition
English term or phrase: selectively targeted measures
The context:

Big players deny us the chance to compete by exercising certain ***selectively targeted measures***.

TUVM//
Erich Ekoputra
Indonesia
tindakan pilih kasih
Explanation:
.... dengan mengambil tindakan tertentu yang (bersifat) pilih kasih

--------------------------------------------------
Note added at 32 mins (2007-02-19 03:12:59 GMT)
--------------------------------------------------

atau tindakan diskriminatif barangkali

--------------------------------------------------
Note added at 2 days2 hrs (2007-02-21 05:29:02 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Thanks :)
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Akhirnya, saya pilih "pilih kasih", namun karena konteks yang negatif (pembatasan persaingan), ditukar dengan "pandang bulu"--alias lihat-lihat bulunya dulu :). Pilihan lain adalah "tebang pilih". Lalu, karena bentuknya bukan suatu aksi langsung, melainkan dalam bentuk aturan (spt ecolabeling), "tindakan" diganti "kebijakan". Terimakasih kepada semua penyumbang saran!
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5langkah-langkah khusus
Hipyan Nopri
4 +1tindakan pilih kasih
Regi2006
5langkah strategis
Harry Hermawan
4tindakan dengan sasaran selalu mencari dan memilih yang terbaik
M. Laut
3 +1tindakan-tindakan yang ditargetkan secara selektif
Ikram Mahyuddin
3langkah-langkah yang bertujuan khusus
Ade Indarta
3berbagai tindakan yang dipilih sebagai proteksi terselubung
Andrew Little
3tindakan terarah secara hati-hati
Hikmat


Discussion entries: 1





  

Answers


46 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
langkah-langkah yang bertujuan khusus


Explanation:
-

Ade Indarta
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4

12 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
tindakan-tindakan yang ditargetkan secara selektif


Explanation:
Barangkali maksudnya adalah sebagai contoh jika kita memproduksi kaos oblong jenis A, maka saingan menghindari dari memproduksi kaos oblong jenis A, sebaliknya dia memilih ut menghasilkan produk yang tingkat persaingannya tidak begitu besar seperti jaket kulit (ini hanya contoh)

--------------------------------------------------
Note added at 48 menit (2007-02-19 03:28:47 GMT)
--------------------------------------------------

atau bisa juga tindakan-tindakan atau langkah-langkah yang telah direncanakan dengan cermat

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40
Notes to answerer
Asker: Maaf, saya lupa tambahkan. Konteksnya adalah persaingan antarnegara.


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Eddie R. Notowidigdo: Terjemahan yg paling akurat
1 day5 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
langkah-langkah khusus


Explanation:
measure = langkah
selectively targeted = khusus

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 95

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
tindakan dengan sasaran selalu mencari dan memilih yang terbaik


Explanation:
<>><><><>

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 22

10 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
tindakan terarah secara hati-hati


Explanation:
Selectively:
relating to or involving selection. ▶tending to choose carefully

Hikmat
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 50

13 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
berbagai tindakan yang dipilih sebagai proteksi terselubung


Explanation:
Dalam konteks ini, negara maju menerapkan tindakan yang bersifat "proteksi melalui pintu belakang" atau tidak terang-terangan berupa pembatasan perdagangan bebas, dengan memanfaatkan berbagai kedok yang mengeksploitasi kelemahan negara berkembang. Untuk itu saya berpendapat "proteksi terselubung" bisa menggambarkan makna yang dikehendaki.

Andrew Little
Germany
Specializes in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4

20 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
langkah strategis


Explanation:



Harry Hermawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

19 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
tindakan pilih kasih


Explanation:
.... dengan mengambil tindakan tertentu yang (bersifat) pilih kasih

--------------------------------------------------
Note added at 32 mins (2007-02-19 03:12:59 GMT)
--------------------------------------------------

atau tindakan diskriminatif barangkali

--------------------------------------------------
Note added at 2 days2 hrs (2007-02-21 05:29:02 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Thanks :)

Regi2006
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 39
Grading comment
Akhirnya, saya pilih "pilih kasih", namun karena konteks yang negatif (pembatasan persaingan), ditukar dengan "pandang bulu"--alias lihat-lihat bulunya dulu :). Pilihan lain adalah "tebang pilih". Lalu, karena bentuknya bukan suatu aksi langsung, melainkan dalam bentuk aturan (spt ecolabeling), "tindakan" diganti "kebijakan". Terimakasih kepada semua penyumbang saran!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
2 days6 hrs
  -> :)