ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » General / Conversation / Greetings / Letters

To Whom It May Concern

Indonesian translation: kepada [pihak] yang berkepentingan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:To Whom It May Concern
Indonesian translation:kepada [pihak] yang berkepentingan
Entered by: gputrawan

11:17 Apr 24, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - General / Conversation / Greetings / Letters
English term or phrase: To Whom It May Concern
Apa padanan yang tepat untuk frase "To Whom It May Concern", Guru? Apakah cukup dengan "Dengan hormat" atau "Surat Keterangan" saja? Terima kasih. Look forward to reading from u soon. :)
gputrawan
Indonesia
kepada [pihak] yang berkepentingan
Explanation:

Makna concern antara lain adalah: interest or involve oneself in alias berkepentingan.

Yang tidak berkepentingan, tidak boleh baca!!!
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Thx very much Gurus, very helpful.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3kepada [pihak] yang berkepentingan
Erich Ekoputra
4kepada yang bersangkutan
M. Laut
3Surat Keterangan
ria ulfah ardhiyani


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
to whom it may concern
Surat Keterangan


Explanation:
<>

ria ulfah ardhiyani
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

6 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
to whom it may concern
kepada yang bersangkutan


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 67

11 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
to whom it may concern
kepada [pihak] yang berkepentingan


Explanation:

Makna concern antara lain adalah: interest or involve oneself in alias berkepentingan.

Yang tidak berkepentingan, tidak boleh baca!!!

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 119
Grading comment
Thx very much Gurus, very helpful.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian
32 mins

agree  Eka Adi Nugraha: karena tidak ditujukan pada seseorang secara spesifik, "kpd yang berkepentingan" rasanya paling pas.
2 hrs
  -> Ya, Eka, tetapi sebagian orang merasa tidak nyaman dengan menyapa langsung dengan "yang", rasa kurang sopan, seperti larangan terselubung: "Yang kencing di sini ****ng."

agree  Arif Rakhman
13 hrs

disagree  raphita: Artinya memang demikian, tetapi sebagai judul surat, yang digunakan biasana "Surat Keterangan" dalam bahasa Indonesia.
16 hrs
  -> "biasanya" tidak harus dituruti selalu toh? Tidak ada larangan memakai cara lain, dan ini pernah saya lakukan ... karena tidak mau terikat pakem "kebiasaan" yang tidak menggambarkan pesan terselubung bahwa yang tidak berkepentingan, tutup mata deh.

agree  amanda_ts: Setuju dengan "kepada pihak yang berkepentingan', karena sesuai dengan objektif kalimat tersebut, yg tdk berkepentingan dilarang baca
1 day2 hrs