ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Chemistry; Chem Sci/Eng

high chlorine reading with algae

Indonesian translation: Kadar klorin yang tinggi dan adanya ganggang

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:high chlorine reading with algae
Indonesian translation:Kadar klorin yang tinggi dan adanya ganggang
Entered by: just adi

07:32 Jun 5, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Chemistry; Chem Sci/Eng
English term or phrase: high chlorine reading with algae
(chlorine is chemical subtance use for clearing the pool's water)
the context is:

what are the symptons of overstability?
- cloudy water
- high chlorine reading with algae
- adding chlorine does not get rid of algae

thank you
just adi
Kadar klorin yang tinggi dan adanya ganggang
Explanation:
http://en.wikipedia.org/wiki/Algae
Algae itu rumput laut/ganggang
ini air yang kotor karena mengandung klorin dan juga ganggang yang bisa bersifat beracun

saya pikir di sini disebut with algae harus diterjemahkan sebagai dan adanya rumput laut/ganggang karena berikutnya disebut klorin tidak bisa menghilangkan algae, jadi ada dua hal di dalam air tersebut

Nama yang umum dikenal masyarakat adalah ganggang,l lihat http://pusatbahasa.diknas.go.id/glosarium/index.php?gloss_as...
jadi mari kita pakai kata itu
Selected response from:

Lenah Susianty
United Kingdom
Grading comment
thanks mz. lenah susianty.
have a nice day
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1berkadar klorin tinggi dan berganggang
Wiyanto Suroso
4 +2Kadar klorin yang tinggi dan adanya ganggang
Lenah Susianty
5 +1kadar klorin yang tinggi pada alga
Hipyan Nopri
5kandungan kaporit dan ganggang yang tinggi
Hikmat
4Tingkat konsentrasi klorin dan alga yang tinggi
Vincentius Mariatmo
4terdapat kadar klorin yang tinggi pada alga
Ikram Mahyuddin


  

Answers


18 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
terdapat kadar klorin yang tinggi pada alga


Explanation:
mungkin alganya sudah kebal terhadap klorin

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

14 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Tingkat konsentrasi klorin dan alga yang tinggi


Explanation:
Umumnya dilakukan dengan alat bantu ukur / detektor khusus untuk mendeteksi kandungan mineral / zat kimia di air.

--------------------------------------------------
Note added at 19 mins (2009-06-05 07:51:59 GMT)
--------------------------------------------------

Reading yang dimaksud dalam konteks ini artinya angka yang terlihat pada detektor tersebut.

high chlorine reading = Hasil pengukuran klorin dengan detektor tersebut menunjukkan angka yang besar (di atas rata - rata?), yang dapat diartikan kandungan klorin dalam air cukup tinggi.

Vincentius Mariatmo
Native speaker of: Indonesian

47 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
kadar klorin yang tinggi pada alga


Explanation:
Menurut pemahaman saya, 'reading' dalam konteks ini sama dg 'content' (kadar/kandungan). Istilah 'reading' digunakan karena pengukuran kandungan klorin pada alga tsb dilakukan menggunakan suatu alat pengukur (baik yg menggunakan jarum penunjuk maupun yg digital).

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Arfan Achyar
1 hr

58 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
Kadar klorin yang tinggi dan adanya ganggang


Explanation:
http://en.wikipedia.org/wiki/Algae
Algae itu rumput laut/ganggang
ini air yang kotor karena mengandung klorin dan juga ganggang yang bisa bersifat beracun

saya pikir di sini disebut with algae harus diterjemahkan sebagai dan adanya rumput laut/ganggang karena berikutnya disebut klorin tidak bisa menghilangkan algae, jadi ada dua hal di dalam air tersebut

Nama yang umum dikenal masyarakat adalah ganggang,l lihat http://pusatbahasa.diknas.go.id/glosarium/index.php?gloss_as...
jadi mari kita pakai kata itu

Lenah Susianty
United Kingdom
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
thanks mz. lenah susianty.
have a nice day

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  BahasaTransl8R
17 mins
  -> thanks

agree  Eddie R. Notowidigdo: Mnrt pemahaman saya ada dua faktor, (1) kadar klorin tinggi dan (2) adanya ganggang; lihat barris ke-3, biarpun ditambah klorin tetapi ganggangnya tidah hilang juga.
24 mins
  -> itu juga dasar pemikiran saya, terima kasih Pak Eddie

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
kandungan kaporit dan ganggang yang tinggi


Explanation:
ka·po·rit n bahan kimiawi untuk membersihkan air, mematikan kuman-kuman, memutihkan kain, dsb
reading:
act of measuring with meters or other instruments alike


Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 32

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
berkadar klorin tinggi dan berganggang


Explanation:
lazimnya begitu

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rizqi Akbarini: Konteks kalimat ini ditujukan kepada kondisi air kolam renang yang harus diganti. Kadar klorin tinggi pada air kolam renang tidak dapat membunuh semua ganggang malah akan menimbulkan iritasi pada kulit dan mata para pengguna kolam renang.
4 hrs
  -> Terima kasih atas penjelasannya. Memang frasa ini lazim dalam hal lingkungan hidup.