KudoZ home » English to Indonesian » Cinema, Film, TV, Drama

Material Release

Indonesian translation: penyerahan materi; pelepasan hak atas materi


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Material Release
Indonesian translation:penyerahan materi; pelepasan hak atas materi
Entered by: Abdul Mukhid

05:22 Mar 12, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Cinema, Film, TV, Drama
English term or phrase: Material Release
Judul Perjanjian. Saya tahu artinya pelepasan hak atas materi. Tapi padanan istilah hukumnya apa ya??
Abdul Mukhid
Indonesia
penyerahan materi; pelepasan hak atas materi
Explanation:
Istilah "material release" biasanya digunakan apabila seseorang/badan menyerahkan/melepaskan haknya (klaim) atas suatu materi. Dalam dunia film misalnya, pejanjian penyerahan materi (pelepasan hak atas materi) dibuat guna mendapatkan ijin untuk menggunakan suatu materi yang terkait dg film tsb, misalnya untuk keperluan pameran, iklan, promos atau eksploitasi.

Demikian, mudah2an bisa membantu.
Selected response from:

Indra Sofyar
Indonesia
Grading comment
Thanks
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +5penyerahan materi; pelepasan hak atas materi
Indra Sofyar
5pencabutan gugatan
Hipyan Nopri
5serah terima produk/jasa
Harry Hermawan


Discussion entries: 1





  

Answers


54 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +5
material release
penyerahan materi; pelepasan hak atas materi


Explanation:
Istilah "material release" biasanya digunakan apabila seseorang/badan menyerahkan/melepaskan haknya (klaim) atas suatu materi. Dalam dunia film misalnya, pejanjian penyerahan materi (pelepasan hak atas materi) dibuat guna mendapatkan ijin untuk menggunakan suatu materi yang terkait dg film tsb, misalnya untuk keperluan pameran, iklan, promos atau eksploitasi.

Demikian, mudah2an bisa membantu.

Indra Sofyar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12
Grading comment
Thanks

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Eddie R. Notowidigdo
17 mins
  -> Terima kasih Pak Eddie.

agree  Erich Ekoputra
2 hrs
  -> Terima Kasih Pak Erich.

agree  Hadiyono Jaqin
6 hrs
  -> Thank you Sir

agree  Regi2006: Pelepasan hak atas barang
11 hrs
  -> Trims Regi !

agree  Ikram Mahyuddin: setuju
1 day24 mins
  -> Nuhun kang Ikram

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
material release
serah terima produk/jasa


Explanation:



Harry Hermawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32

6 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
material release
pencabutan gugatan


Explanation:
Sebaiknya berikan satu atau dua kalimat di bawah judul tersebut supaya lebih jelas makna yang dimaksud.

Judul 'material release' saja tanpa kalimat berikutnya bisa menimbulkan dua penafsiran - pertama seperti versi Indra/Harry yang kedua seperti versi saya.

Dalam konteks hukum,
material = perkara, tuntutan, gugatan
release = pencabutan, pelepasan, penyerahan


Ref.:
Ranuhandoko, I.PM. 2003. Terminologi Hukum Inggris-Indonesia. Jakarta: Sinar Grafika.

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 72