ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Cinema, Film, TV, Drama

handgun - shotgun

Indonesian translation: pistol - senapan berburu

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:handgun - shotgun
Indonesian translation:pistol - senapan berburu
Entered by: M. Laut

11:29 Nov 16, 2004
English to Indonesian translations [PRO]
Cinema, Film, TV, Drama / subtitle
English term or phrase: handgun - shotgun
Apakah istilah padanan dalam bahasa Indonesia untuk "handgun" dan "shotgun" ?

Thanks.
Yohanes Sutopo
pistol - senapan berburu
Explanation:
handgun = pistol
shotgun = senapan berburu
Selected response from:

M. Laut
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1pistol - senapan
Rayindra
5Senjata genggamBudi Prikuncoro
4 +1pistol - senapan berburu
M. Laut


  

Answers


2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
pistol - senapan


Explanation:
sederhananya begitu.
Tapi terkadang dalam praktiknya agak sulit juga, karena sekarang banyak senapan yang kecil segenggaman tangan, dan ada pistol kaliber besar yang lebih menyerupai shotgun.


Rayindra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 56

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho: Saya kira cukup dengan pistol dan senapan.
1 day10 hrs

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
pistol - senapan berburu


Explanation:
handgun = pistol
shotgun = senapan berburu

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 74

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira: handgun, pistol = senjata laras pendek; shotgun, rifle = senjata laras panjang; shotgun = senapan berburu dengan peluru pacaruta (menyebar setelah meletus)
2 hrs

1 day14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Senjata genggam


Explanation:
handgun adalah senjata genggam; meliputi segala jenis pistol dan revolver dari semua kaliber.
Shotgun biasanya tidak diterjemahkan lagi karena sudah amat sering dipakai. Padanan senapan berburu akan membingungkan karena senapan berburu umumnya mengunakan senapan dengan satu proyektil (anak peluru) per pelurunya, sedangkan shotgun memiliki puluhan proyektil dalam tiap pelurunya. perbedaan lainnya, laras shotgun adalah smoothbore/ bagian dalam laras halus, sedangkan pada senapan berburu bagian dalam larasnya berulir/ rifled. Shotgun umumnya digunakan untuk close quarter combat, dimana dengan proyektilnya yang banyak tersebut, si pemakai tidak perlu membidik untuk dapat mengenai sasarannya.

Budi Prikuncoro
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian