KudoZ home » English to Indonesian » Construction / Civil Engineering

general state of art

Indonesian translation: patokan umum


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:general state of art
Indonesian translation:patokan umum
Entered by: Regi2006

03:47 Jul 5, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Construction / Civil Engineering / konstruksi
English term or phrase: general state of art
First Party has the right to reject any material or equipment which does not meet the specified quality or the general state of art.
Regi2006
Indonesia
patokan umum
Explanation:
atau standar patoka umum
Selected response from:

Hikmat
Indonesia
Grading comment
Terima kasih untuk semuanya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1teknologi terbaru
Hipyan Nopri
3 +2patokan umum
Hikmat
5standar umum dalam bidang ini
ivo abdman
4[mutunya] diakui umum
Erich Ekoputra
4modern
M. Laut
3perkembangan (teknologi) mutakhir secara umum
Ikram Mahyuddin


  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +2
patokan umum


Explanation:
atau standar patoka umum

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 32
Grading comment
Terima kasih untuk semuanya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Dewinta Maharani
5 hrs

agree  Ian Forbes
2 days7 hrs

12 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
teknologi terbaru


Explanation:
state of the art = metode, teknik, teknologi terbaru/tercanggih

Ref.:
The most advanced technique or method used.


    Reference: http://www.techweb.com/encyclopedia/defineterm.jhtml?term=st...
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
18 mins
  -> Terima kasih, Hadi.

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
[mutunya] diakui umum


Explanation:
Agak mirip Hikmat, dengan pendekatan berbeda.

Karena di sini kita berbicara mengenai "bahan dan peralatan", yang wajar bagi kedua belah pihak adalah "bahan dan peralatan" dengan mutu yang:

=telah ditentukan (specified quality), atau
=diakui umum (general state of art).

Asumsi saya adalah barang terbaik (yang tidak selalu berarti mutakhir) menjadi terbaik karena diakui umum (=sudah dibuktikan banyak orang).

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40

11 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
modern


Explanation:
......... atau secara umum dikategorikan modern.

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 52

23 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
perkembangan (teknologi) mutakhir secara umum


Explanation:
Artinya bukan menurut produk perusahaan/pabrik tertentu tetapi menurut perkembangan di pasar atau masyarakat

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

4 days   confidence: Answerer confidence 5/5
standar umum dalam bidang ini


Explanation:
Karena menyebut "art" (bukan pemanis biar elegan) yang mengarah ke istilah "bidang" yang dimaksud. Karena masing-masing bidang mempunyai standar umum yang berbeda-beda. Kata standar agak elegan dikit dibanding patokan

ivo abdman
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian