ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Construction / Civil Engineering

hook safety latch

Indonesian translation: pasak pengaman kait

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:hook safety latch
Indonesian translation:pasak pengaman kait
Entered by: Ikram Mahyuddin

08:29 Apr 23, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Construction / Civil Engineering
English term or phrase: hook safety latch
Use hook safety hatches and an adequate hoisting device.
Ikram Mahyuddin
Indonesia
pasak pengaman kait
Explanation:
Dari pengalaman kerja di proyek konstruksi dan pengalaman menerjemahkan dokumen teknik:

latch = pasak pengunci
hook = kait (terbuat dari baja untuk mengangkat benda2 berat)

Agar tali atau cantelan barang yg diangkat tidak terlepas dari kait, kait tsb sering dilengkapi dg pasak pengunci. Dg adanya pasak pengunci ini, pengangkatan barang insyaallah berjalan dg aman.

Karena itu, saya mengusulkan:

hook safety latch = pasak pengaman kait

--------------------------------------------------
Note added at 49 mins (2013-04-23 09:19:07 GMT)
--------------------------------------------------

Rujukan:
Gambar kait dan pasak pengamannya dapat dilihat pada tautan berikut:
https://www.google.com/search?hl=en&q="hook safety latch"&ba...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Hipyan dan teman-teman lain yang menanggapi.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5kancing pengaman kait/kancing pengaman untuk kait
Indras Wulandari
5pasak pengaman kait
Hipyan Nopri
4pengaman kait
putri.linguist
4kait berkunci pengaman
Erich Ekoputra
4kunci pengaman (berbentuk) kait
M. Laut


  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kunci pengaman (berbentuk) kait


Explanation:
Ada salah ketik.
Saya asumsikan yg benar - latch

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 52

48 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pasak pengaman kait


Explanation:
Dari pengalaman kerja di proyek konstruksi dan pengalaman menerjemahkan dokumen teknik:

latch = pasak pengunci
hook = kait (terbuat dari baja untuk mengangkat benda2 berat)

Agar tali atau cantelan barang yg diangkat tidak terlepas dari kait, kait tsb sering dilengkapi dg pasak pengunci. Dg adanya pasak pengunci ini, pengangkatan barang insyaallah berjalan dg aman.

Karena itu, saya mengusulkan:

hook safety latch = pasak pengaman kait

--------------------------------------------------
Note added at 49 mins (2013-04-23 09:19:07 GMT)
--------------------------------------------------

Rujukan:
Gambar kait dan pasak pengamannya dapat dilihat pada tautan berikut:
https://www.google.com/search?hl=en&q="hook safety latch"&ba...

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40
Grading comment
Terima kasih Hipyan dan teman-teman lain yang menanggapi.

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kait berkunci pengaman


Explanation:

Pada waktu mengangkat barang, agak aneh rasanya bahwa yang diminta oleh naskah sumber untuk digunakan adalah latch, bukan hook.

Bayangan saya adalah kita perlu dua benda:

(a) hoisting device (bisa berupa derek/kerek bertali)
(b) pencengkam, yang bisa berbentuk hook, bisa cincin

Dalam kasus ini, sepertinya yang diminta adalah hook yang dipasang ke tali kerek. Dan kait ini diharapkan berkunci pengaman.

Fotonya seperti ini: http://www.acecrane.com/imageslogo/upimages/universal safety...

(Perhatikan safety latch di bagian tengah).

Jadi, saya menebak bahwa yang sebenarnya adalah safety latch hook alias kait berkunci pengaman.

Telusuran Google (dalam tanda kutip alias exact match):

hook with safety latch = 266.000
hook with safety latches = 126.000
hooks with safety latches = 61.000
safety latch hook = 303.000
safety latch hooks = 165.000
------------
hook safety latch = 12.600
safety latch with hook = 0
safety latch with hooks = 0
safety latches with hooks = 0

Hampir 1 juta tentang kait, sementara yang tentang kuinci mengacu kepada komponen itu (safety latch of a hook), bukan pada operasi pengangkatannya.

Jadi, alat yang mesti ditekankan penggunaannya adalah kaitnya.

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
pengaman kait


Explanation:
hook: kait
safety latch: pasak pengaman

hook with safety latch= kait berpengaman

hook safety latch = pengaman kait

-> karena pada dasarnya pasak (latch) tersebut digunakan untuk "mengamankan" kait.

jika di kalimat-kalimat sebelumnya disebutkan tentang derek (crane), mungkin bisa diterjemahkan sebagai 'pengaman kait derek' - (crane) hook safety latch.



    Reference: http://www.engineeredlifting.com/hook-safety-latch.htm
    Reference: http://www.engineeredlifting.com/gravity-latch-video/MVI_192...
putri.linguist
Indonesia
Native speaker of: Indonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
kancing pengaman kait/kancing pengaman untuk kait


Explanation:
untuk `Hook Safety Latch`, subyeknya adalah `safety latch` nya yang sebenarnya berbentuk seperti lidahan logam yang berfungsi untuk menutup mulut kait, sehingga sling (salah satu alat angkat, bisa dilihat di KBBI) tidak berpotensi untuk terlepas dari kait (hook) pada saat pengangkatan.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di link ini http://enginemechanics.tpub.com/14080/css/14080_86.htm

safety latch ini adalah bagian dari kait yang dapat dilepas dan diganti jika rusak. Ada beberapa kait yang tidak menggunakan kancing pengaman (safety latch) ini, tetapi dapat dipasang sebagai alat tambahan. Karena kebanyakan standar peraturan keselamatan kerja mewajibkan penggunaan kancing pengaman ini pada kait yang digunakan pada kegiatan pengangkatan di konstruksi

Semoga dapat membantu, kebetulan sempet lama berkecimpung di dunia konstruksi :)


--------------------------------------------------
Note added at 3 jam (2013-04-23 12:20:30 GMT)
--------------------------------------------------

saya gunakan kancing karena bentuknya lebih mirip lempengan/ pelat seperti lidah logam daripada seperti pasak

Indras Wulandari
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian