KudoZ home » English to Indonesian » Economics

Channel stuffing

Indonesian translation: penggelembungan volume penjualan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Channel stuffing
Indonesian translation:penggelembungan volume penjualan
Entered by: Noer Agustien

02:16 Jul 6, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Economics
English term or phrase: Channel stuffing
Kalimat lengkapnya:
Channel stuffing is an example of overstating sales. This fraud occurs when customers are given the incentive to buy more inventory (stock) than they can sell and divert it for their own profit or the okay to return unsold goods later.
Noer Agustien
Indonesia
penggelembungan volume penjualan
Explanation:
Dari definisi yg diberikan di atas dan juga definisi istilah tsb yg saya lihat di Internet, dapat disimpulkan bahwa 'channel stuffing' ini merupakan praktik penggelembungan volume penjualan yg dilakukan pemasok barang dg memaksa pengecer membeli barang dari pemasok sebagai stok penjualan yg melebihi daya jual pengecer tsb melalui insentif diskon besar atau jaminan pengembalian barang yg tidak terjual.
Praktik ini biasanya dilakukan untuk segera mencapai target penjualan yg ditetapkan perusahaan.
Dengan membandingkan praktik ini dg tindak pidana ekonomi lainnya seperti 'mark up' (penggelembungan biaya/anggaran dll.) dan melihat pengertian dari istilah tsb., saya mengusulkan
channel stuffing = penggelembungan volume penjualan
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Terima kasih banyak!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +4penggelembungan volume penjualan
Hipyan Nopri
5membanjiri saluran pasar
Hikmat
3pencekokan pasar
ivo abdman
3penggelontoran kanal
Erich Ekoputra


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +4
channel stuffing
penggelembungan volume penjualan


Explanation:
Dari definisi yg diberikan di atas dan juga definisi istilah tsb yg saya lihat di Internet, dapat disimpulkan bahwa 'channel stuffing' ini merupakan praktik penggelembungan volume penjualan yg dilakukan pemasok barang dg memaksa pengecer membeli barang dari pemasok sebagai stok penjualan yg melebihi daya jual pengecer tsb melalui insentif diskon besar atau jaminan pengembalian barang yg tidak terjual.
Praktik ini biasanya dilakukan untuk segera mencapai target penjualan yg ditetapkan perusahaan.
Dengan membandingkan praktik ini dg tindak pidana ekonomi lainnya seperti 'mark up' (penggelembungan biaya/anggaran dll.) dan melihat pengertian dari istilah tsb., saya mengusulkan
channel stuffing = penggelembungan volume penjualan

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 56
Grading comment
Terima kasih banyak!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
3 hrs

agree  eldira: Trade loading atau channel stuffing adalah contoh praktek yang tidak sehat dalam. upaya meningkatkan jumlah penjualan dimana distributor (pedagang besar) ... e-course.usu.ac.id/content/akuntansi/intermediate/textbook.pdf
1 day3 hrs

agree  Dewinta Maharani
1 day10 hrs

agree  xxxEni Y. Burry
3 days23 hrs

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
channel stuffing
membanjiri saluran pasar


Explanation:
membeli barang di luar rata-rata pembelian biasa untuk mendapatkan bonus/insentif, lalu barang itu "dibuang" ke berbagai saluran pasar (biasanya dengan harga lebih murah karena sebagian bonus dibuang lagi dan sebagian diambil).
Untuk barang-barang makanan, tersedianya terlalu banyak barang di pasar karena praktik ini, terutama yang ada kedaluwarsanya pendek, dan tidak laku, akan cenderung dikembalikan ke produsen.
Just my own professional experience.

Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 24

1 day8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
channel stuffing
penggelontoran kanal


Explanation:
KBBI:
ge·lon·tor Jw v, meng·ge·lon·tor v 1 mengalirkan air banyak-banyak supaya hanyut;

Pokoknya, hajar terus bleh, sampai pasar tersedak.


Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 134

1 day8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
channel stuffing
pencekokan pasar


Explanation:
tidak mau ah

harus mau !!
kalo nggak .. awas ... akibatnya 1...., 2....., 3.... dstnya

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Hikmat: ???? ;)
1 hr