KudoZ home » English to Indonesian » Education / Pedagogy

Reinforcement learning

Indonesian translation: Pemelajaran Penguatan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Reinforcement learning
Indonesian translation:Pemelajaran Penguatan
Entered by: vicksy nurhayati

08:47 Mar 10, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Education / Pedagogy
English term or phrase: Reinforcement learning
Seperti yang dijelaskan dalam
http://en.wikipedia.org/wiki/Reinforcement
dan
http://en.wikipedia.org/wiki/Reinforcement_learning
Ade Indarta
Indonesia
Pemelajaran Penguatan
Explanation:
mungkin ini hanya sedikit 'alternatif' dari jawaban uda :) Sewaktu masih kerja di UI, seingat saya 'learning" biasa mereka padankan dengan 'pemelajaran'. 'Reinforcement' memang biasa mereka padankan dengan 'penguatan'. IMHO.
Selected response from:

vicksy nurhayati
Indonesia
Grading comment
Thanks rekans semuanya
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +3pembelajaran penguatan
Hipyan Nopri
5Pemelajaran Penguatan
vicksy nurhayati
5Ilmu balasan
Crater Industryism
5interpretasi aksi-reaksi peningkatan kesetimbangan
ivo abdman
4pembelajaran lewat pengukuhan
Erich Ekoputra
3 +1reinforcement learning
Kardi Kho
3pemelajaran reinforcement
Harry Hermawan


  

Answers


12 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
reinforcement learning
reinforcement learning


Explanation:
Sepertinya istilah ini masih belum ada padanan bakunya dalam bahasa Indonesia; biasanya tetap pakai istilah bahasa Inggrisnya dengan memberikan penjelasan singkat kalau memang perlu.
SM

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 14

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Nurkhamid Nurkhamid: Benar, ini istilah "Computer Science" yang belum ada padanan Indonesia yang baku. Kalau dipaksakan diterjemahkan ke Indonesia, kadang konsumen malah merasa asing, karena belum terbiasa.
1 day3 hrs
  -> Thanks, Nurkhamid.

23 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +3
reinforcement learning
pembelajaran penguatan


Explanation:
Di dunia pendidikan, kedua istilah ini sudah sangat umum digunakan.
reinforcement = penguatan
learning = pembelajaran

Karena kedua istilah itu sekarang digabungkan menjadi satu istilah baru, saya mengusulkan dipakai saja istilah yang sudah umum digunakan. Jadi
reinforcement learning = pembelajaran penguatan

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 27

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Lanny Utoyo: sependapat, Uda.
1 hr
  -> TK, buk Lanny.

agree  Hadiyono Jaqin
2 hrs
  -> TK, Hadi.

agree  vicksy nurhayati: yes, uda
3 hrs
  -> TK, Vicksy.

42 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
reinforcement learning
pemelajaran reinforcement


Explanation:



Harry Hermawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

53 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
reinforcement learning
pembelajaran lewat pengukuhan


Explanation:
Kata "lewat" terpaksa diselipkan di sini demi menghindari makna ganda (yakni, memelajari "pengukuhan', bukan belajar darinya!)

Sedaban (semoga dapat dibantu, jangan terbalik /sebadan :)

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 71

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
reinforcement learning
interpretasi aksi-reaksi peningkatan kesetimbangan


Explanation:
<.><.><.><.>

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
reinforcement learning
Pemelajaran Penguatan


Explanation:
mungkin ini hanya sedikit 'alternatif' dari jawaban uda :) Sewaktu masih kerja di UI, seingat saya 'learning" biasa mereka padankan dengan 'pemelajaran'. 'Reinforcement' memang biasa mereka padankan dengan 'penguatan'. IMHO.

vicksy nurhayati
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Thanks rekans semuanya

19 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
reinforcement learning
Ilmu balasan


Explanation:
check the same website
learning = ilmu
reinforcement can be either reward or punishment

Crater Industryism
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian