ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Education / Pedagogy

junior college

Indonesian translation: perguruan tinggi penyelenggara program diploma II

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:junior college
Indonesian translation:perguruan tinggi penyelenggara program diploma II
Entered by: Wiyanto Suroso

06:15 Jan 29, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Education / Pedagogy / subtitle
English term or phrase: junior college
He was the head of the art department at a junior college right in the same town that I grew up in.

Apa ya istilah padanan 'junior college' dalam BI?

Thanks.
Yohanes Sutopo
perguruan tinggi penyelenggara program diploma II
Explanation:
junior college: An educational institution offering a two-year course that is generally the equivalent of the first two years of a four-year undergraduate course.

http://www.thefreedictionary.com/junior college

(1) Pendirian perguruan tinggi merupakan pembentukan akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas.
(4) Sekolah tinggi terdiri atas satu program studi atau lebih yang menyelenggarakan : program Diploma Satu (D I), Program Diploma Dua (D II), Program Diploma Tiga (D III) dan/atau Program Diploma Empat (D IV), dan yang memenuhi syarat dapat menyelenggarakan Program S1, Program S2 dan/atau Program S3.

http://www.dikti.go.id/files/Lemkerma/kepmendiknas_no_234u20...
Selected response from:

Wiyanto Suroso
Indonesia
Grading comment
Thanks.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1perguruan tinggi penyelenggara program diploma II
Wiyanto Suroso
4sekolah D2
Erich Ekoputra
4program pendidikan dua tahun
Hipyan Nopri
4Program D-II
Pantas Pangihutan S
4politeknik
M. Laut
3balai latihan kerja (BLK)
bayu diantoro


Discussion entries: 1





  

Answers


21 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
perguruan tinggi penyelenggara program diploma II


Explanation:
junior college: An educational institution offering a two-year course that is generally the equivalent of the first two years of a four-year undergraduate course.

http://www.thefreedictionary.com/junior college

(1) Pendirian perguruan tinggi merupakan pembentukan akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas.
(4) Sekolah tinggi terdiri atas satu program studi atau lebih yang menyelenggarakan : program Diploma Satu (D I), Program Diploma Dua (D II), Program Diploma Tiga (D III) dan/atau Program Diploma Empat (D IV), dan yang memenuhi syarat dapat menyelenggarakan Program S1, Program S2 dan/atau Program S3.

http://www.dikti.go.id/files/Lemkerma/kepmendiknas_no_234u20...

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 42
Grading comment
Thanks.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ridwan Munib: Setuju kuliah dua tahun atau lazim disebut Diploma II
2 hrs
  -> Terima kasih. Penekanannya dalam hal ini bukan hanya programnya, melainkan juga perguruan tingginya. Penyelenggara program D II dapat berupa akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut atau universitas.

25 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
politeknik


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 6

2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
balai latihan kerja (BLK)


Explanation:
sepertinya ini mirip dengan Balai Latihan Kerja, suatu bentuk pendidikan praktis untuk lulusan SMA dengan berbagai macam jurusan, untuk membekali siswa dengan keterampilan kerja atau sebagai sarana untuk meneruskan sekolah yang lebih tinggi. (IMHO)

bayu diantoro
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
program pendidikan dua tahun


Explanation:
Di Indonesia (dulu) pendidikan dua tahun (diploma dua) biasanya merupakan pendidikan profesional.

Namun demikian, karena di luar negeri program dua tahun ini bisa mencakup pendidikan akademik maupun profesional, maka saya mengusulkan:

junior college = program pendidikan dua tahun

Rujukan:
Satu tahun kemudian, yaitu pada tanggal 19 Agustus 1949, program pendidikannya ditingkatkan menjadi Program Pendidikan Tinggi atau Junior College, yaitu program pendidikan dua tahun di atas SLTA.
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Advent_Indonesia

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2013-01-29 08:48:15 GMT)
--------------------------------------------------

In the United States, a junior college is a two-year post-secondary school whose main purpose is to provide academic, vocational and professional education.
http://en.wikipedia.org/wiki/Junior_college#United_States

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
sekolah D2


Explanation:

Jawaban ini adalah untuk menyeimbangkan tertangkapnya makna dan upaya menyediakan teks yang ringkas.

Definisi yang sudah diberikan pada jawaban pendahulu dimanfaatkan di sini, yakni junior college itu memberikan pendidikan "setengah sarjana", alias dua dari empat tahun pendidikan sarjana. Di negeri kita, sebutannya adalah diploma 2, disingkat dengan D2.

Kata sekolah mungkin berkesan pendidikan rendahan, namun ini dipakai juga kok pada pendidikan tinggi. Hasil konsultasi dengan Google:

- sekolah tinggi: 38,6 juta telusuran
- sekolah D3: 2500+ telusuran
- sekolah D2: 250+ telusuran
- sekolah D1: 500+ telusuran
.

Bahkan, dipakai juga di Institut Teknologi Bandung (tempat Pak Habibie, suaminya Bu Ainun, kuliah setahun) u/ pendidikan sarjana teknik informatika dan elektro:

Ref: http://www.itb.ac.id/news/2393.xhtml
Selain itu, dipamerkan pula karya dari himpunan-himpunan mahasiswa ITB yang inovatif, sesuai dengan jurusan masing-masing, seperti: generator putaran rendah magnet permanen fluksi aksial (AFPM) dari Himpunan Mahasiswa Elektro ITB (HME), sumber energi alternatif "Body Charger" sebagai charger baterai serbaguna yang memanfaatkan tubuh manusia sebagai sumber energi awal dari Sekolah Teknik Informatika dan Elektro ITB (STEI)

Maka:

... jurusan seni budaya di sekolah D2 persis di kota.....

Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 57

2 days11 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Program D-II


Explanation:
Pendidikan Tinggi dengan termen-1 selama 2 tahun, dapat dilanjutkan lagi ke termen-2 hingga D-IV

Pantas Pangihutan S
Native speaker of: Indonesian