KudoZ home » English to Indonesian » Electronics / Elect Eng

brushless motor system

Indonesian translation: sistem motor starter tanpa sikat


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:brushless motor system
Indonesian translation:sistem motor starter tanpa sikat
Entered by: Dita Wibisono

15:21 Aug 27, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Electronics / Elect Eng
English term or phrase: brushless motor system
A brushless DC motor (BLDC) is a synchronous electric motor which is powered by direct-current electricity (DC) and which has an electronically controlled commutation system, instead of a mechanical commutation system based on brushes. In such motors, current and torque, voltage and rpm are linearly related.
Dita Wibisono
sistem motor starter tanpa sikat
Explanation:
sikat - salah satu kompones motor starter yang dibuat dari tembaga lunak dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari kumparan medan ke kumparan armatur langsung ke massa melalui komutator. Umumnya motor starter memiliki 4 buah sikat yang dikelompokkan menjadi dua yatu sikat positif dan sikat negatif.
Kamus Istilah Otomotif
Selected response from:

Hikmat
Indonesia
Grading comment
Saya akhirnya memilih istilah ini, karena istilah 'sikat' ternyata lebih memperjelas kalimat dalam teksnya. Terima kasih banyak Kang...
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2sistem motor tanpa sikat
M. Laut
5kendaraan tanpa sistem arus listrik (AC)
Alex ST
5sistem motor tanpa kontak luncur
ivo abdman
4sistem motor listrik arus searaheldira
3 +1sistem motor starter tanpa sikat
Hikmat


  

Answers


11 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
sistem motor starter tanpa sikat


Explanation:
sikat - salah satu kompones motor starter yang dibuat dari tembaga lunak dan berfungsi untuk meneruskan arus listrik dari kumparan medan ke kumparan armatur langsung ke massa melalui komutator. Umumnya motor starter memiliki 4 buah sikat yang dikelompokkan menjadi dua yatu sikat positif dan sikat negatif.
Kamus Istilah Otomotif

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 33
Grading comment
Saya akhirnya memilih istilah ini, karena istilah 'sikat' ternyata lebih memperjelas kalimat dalam teksnya. Terima kasih banyak Kang...

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Vincentius Mariatmo: Jawaban Hikmat sudah hampir sama intinya. Not using brushes, of a motor that does not use physical contacts for the commutator. http://en.wiktionary.org/wiki/brushless
17 hrs

19 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
sistem motor tanpa kontak luncur


Explanation:
http://images.google.co.id/images?hl=id&q=brushless motor sy...

Brushed Motor – A type of electric motor where current is supplied by a mechanical sliding contact.

Brushless Motor – A type of electric motor where current is supplied without a mechanical sliding contact. Tends to be more powerful, longer lasting, and more expensive than comparable brushed motors. Also requires a specialized controller.

http://www.rc-airplane-advisor.com/rc-airplane-definitions.h...



http://www.thefreedictionary.com/brush
A sliding connection completing a circuit between a fixed and a moving conductor.
6. A snub; a brushoff.


ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Notes to answerer
Asker: Terima kasih banyak atas bantuannya :-)


22 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
sistem motor listrik arus searah


Explanation:
keterangan lebih jelas:

- Arus searah (DC) adalah sejenis arus yang selalu mempunyai arah arus yang sama melalui rangkaian listrik, itu adalah keadaan dimana sumber listrik dalam rangkaian itu mempunyai kutub yang tak berubah yaitu menghasilkan voltase searah (DC

- Telah ditemukan sistem mekatronika yang digerakkan oleh motor listrik arus searah berbasis digital prosesor menggunakan mekanisme kuadran diagonal.

- Motor listrik arus searah: prinsip terbangkitnya torsi, daya, torsi maksimum, ... pengaruhnya terhadap sistem tenaga listrik serta pengetahuan sistem ...
elearning.its.ac.id/course/category.php?id=16


    Reference: http://www.wikimu.com/News/Print.aspx?id=7195
    Reference: http://www.inovasi.lipi.go.id/baru/index.php?option=com_prod...
eldira
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 7
Notes to answerer
Asker: Terima kasih banyak atas bantuannya :-)


33 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
sistem motor tanpa sikat


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 55
Notes to answerer
Asker: Makasih banyak pak Laut :-)


Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri: Indak sio-sio.
6 hrs
  -> Ya, pak Hipyan

agree  Erich Ekoputra
21 hrs
  -> Terima kasih, Erich

5 days   confidence: Answerer confidence 5/5
kendaraan tanpa sistem arus listrik (AC)


Explanation:
alternative: brushless DC motor system:
kendaraan dengan sistem listrik arus searah (DC)

--------------------------------------------------
Note added at 5 days (2008-09-01 18:40:29 GMT)
--------------------------------------------------

diperjelas dengan:
kendaraan tanpa sistem penghantar arus AC (brushless) ...

Alex ST
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
Notes to answerer
Asker: Terima kasih banyak ya atas bantuannya.