KudoZ home » English to Indonesian » Environment & Ecology

overgrazing

Indonesian translation: penggembalaan berat


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:overgrazing
Indonesian translation:penggembalaan berat

For term searches and specialty glossaries, please try the new GBK glossaries
19:54 Feb 6, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Environment & Ecology
Additional field(s): Livestock / Animal Husbandry
English term or phrase: overgrazing
Definition from Biodiversity & human health:
Destruction of vegetation when too many grazing animals feed too long and exceed the carrying capacity of a rangeland area.

Example sentence(s):
  • Overgrazing by domestic animals like sheep, goats, cows, mules, horses and yaks has been responsible for large scale degradation of the vegetative cover in many parts of the Himalayas. Himalayas
  • What constitutes overgrazing is failure to move or rotate animals in harmony with forage growth. Proper grazing management is a matter of moving animals before they have the opportunity to regraze lush regrowth. Beef magazine
  • Overgrazing by large herbivores such as red deer and sheep has been the primary cause of the lack of tree regeneration in the Caledonian Forest in the past 150-200 years. Trees for life
Glossary-building KudoZ




This question was created by:


This question is closed

penggembalaan berat
Definition:
proses, cara, perbuatan menggembalakan atau memelihara binatang ternak (terutama ketika binatang itu sedang di padang rumput dsb) yang melewati ambang batas atau berlebihan sehingga pada tahap dapat merusak padang rumput tersebut;
Selected response from:

Harry Hermawan
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of translations provided
5 +2penggembalaan berat
Harry Hermawan
4penggembalaan berlebihan
Wiyanto Suroso


  

Translations offered


10 days   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
penggembalaan berat


Definition from own experience or research:
proses, cara, perbuatan menggembalakan atau memelihara binatang ternak (terutama ketika binatang itu sedang di padang rumput dsb) yang melewati ambang batas atau berlebihan sehingga pada tahap dapat merusak padang rumput tersebut;

Example sentence(s):
  • Sebab pelaksanaan penggembalaan berat yang tidak terkontrol akan merugikan, yang mengakibatkan areal pangonan tumbuh rumput liar (weeds), bahkan bisa mengakibatkan erosi. - http://books.google.com/  
  • Penggembalaan berat (over grazing) dan defoliasi yang terlalu ringan (under grazing) harus dihindarkan, karena keduanya akan merugikan. - http://anakkandang.multiply.com/  
  • Pelaksanaan penggembalaan berat yang tidak terkontrol akan merugikan, akibat daya tampung pada penggembalaan yang tidak sesuai. - http://priyonoscience.blogspot.com/  

Explanation:
Sehubungan dengan kata dasar [gembala], maka definisi dari KBBI adalah:

gem·ba·la n 1 penjaga atau pemiara binatang (ternak); 2 penjaga keselamatan orang banyak: dia menjadi -- kaum Nasrani;
-- kerbau orang yg pekerjaannya menggembala kerbau;
meng·gem·ba·la·kan v menjaga dan memiara binatang (terutama ketika binatang itu sedang di padang rumput dsb);
peng·gem·ba·la n orang yg menggembalakan (binatang ternak, hewan piaraan); tukang gembala;
peng·gem·ba·la·an n 1 proses, cara, perbuatan menggembalakan; 2 tempat menggembalakan ternak
Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Votes in favor of/against selecting this as the best translation of the term asked
Yes  Eko Wahyu Setiawan: yup
70 days

Yes  fsa
73 days

42 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
penggembalaan berlebihan


Definition from own experience or research:
Penggembalaan berlebihan ialah kerusakan vegetasi yang disebabkan oleh terlalu banyak ternak yang merumput terlalu lama dan melebihi daya dukung padang penggembalaan (pengangonan).

Example sentence(s):
  • Sesungguhnya meluasnya lahan kritis tidak dapat dilepaskan persoalan yang terjadi dalam masyarakat seperti tekanan yang tinggi akan kebutuhan lahan, perladangan berpindah, penggembalaan yang berlebihan, pembakaran yang tidak terkendali, dan illegal logging sehingga pemecahannya juga tidak dapat dilepaskan dari pemecahan pemecahan yang dihadapi masyarakat itu tersebut. - Restore Our Forest  
  • Penngembalaan yang berlebihan menyebabkan banyak tanah-tanah yang terbuka karena rumput dan tanaman lain yang memegang tanah telah dimakan ternak. Injakan kaki ternak mengakibatkan pemadatan tanah sehingga pori-pori tanah tertutup dan air hujan akan mengalir di permukaan tanah sehingga menimbulkan erosi tanah terutama pada lokasi yang miring. - Baluran National Park  

Explanation:
Istilah "penggembalaan berlebihan" cukup mudah dipahami oleh masyarakat awam.
Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 42




The glossary compiled from Glossary-building KudoZ is made available openly under the Creative Commons "By" license (v3.0). By submitting this form, you agree to make your contribution available to others under the terms of that license.
Creative Commons License