ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Environment & Ecology

soil erosion

Indonesian translation: erosi tanah

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:soil erosion
Indonesian translation:erosi tanah

For term searches and specialty glossaries, please try the new GBK glossaries
07:57 Sep 7, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Science - Environment & Ecology
Additional field(s): Agriculture
English term or phrase: soil erosion
Definition from Biodiversity & human health:
The loss of topsoil through silt-laden runoff , strong winds, or other forces that transport soil away from its natural location.

Example sentence(s):
  • Soil erosion by water, wind and tillage affects both agriculture and the natural environment. soil erosion site
  • The potential for severe soil erosion is a consequence of wildfire because as a fire burns it destroys important plant material and the litter layer that stabilizes soil and slows water movement after severe rainstorms. Biblioteca Universia
  • On commercial farm lands, overstocking, mono-cropping, and the ploughing of marginal lands unsuitable for cultivation has led to soil erosion and desertification. Enviro Facts
Glossary-building KudoZ




This question was created by:


This question is closed

erosi tanah
Definition:
Erosi tanah adalah penyingkiran dan pengangkutan bahan dalam bentuk larutan atau suspensi dari tapak semula oleh pelaku berupa air mengalir (aliran limpasan), es bergerak atau angin (tejoyuwono notohadiprawiro, 1998: 74). Menurut G. kartasapoetra, dkk (1991: 35), erosi adalah pengikisan atau kelongsoran yang sesungguhnya merupakan proses penghanyutan tanah oleh desakan-desakan atau kekuatan angin dan air, baik yang berlangsung secara alamiah ataupun sebagai akibat tindakan atau perbuatan manusia.
Selected response from:

st_hart
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of translations provided
5 +1erosi tanahdedy tri riyadi
4 +2erosi tanahst_hart


  

Translations offered


21 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
erosi tanah


Definition from Jurusan Pendidikan Geografi - Ubaya:
Erosi tanah adalah penyingkiran dan pengangkutan bahan dalam bentuk larutan atau suspensi dari tapak semula oleh pelaku berupa air mengalir (aliran limpasan), es bergerak atau angin (tejoyuwono notohadiprawiro, 1998: 74). Menurut G. kartasapoetra, dkk (1991: 35), erosi adalah pengikisan atau kelongsoran yang sesungguhnya merupakan proses penghanyutan tanah oleh desakan-desakan atau kekuatan angin dan air, baik yang berlangsung secara alamiah ataupun sebagai akibat tindakan atau perbuatan manusia.

Example sentence(s):
  • Kelebihan curah hujan yang secara potensial dapat mengakibatkan aliran permukaan (runoff), yang dapat menimbulkan persoalan erosi tanah. - Website Fakultas Pertanian UGM  
st_hart
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Votes in favor of/against selecting this as the best translation of the term asked
Yes  eldira
3 days3 hrs

Yes  syafriati
10 days

43 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
erosi tanah


Definition from tejoyuwono notohadiprawiro:
erosi tanah adalah penyingkiran dan pengangkutan bahan dalam bentuk larutan atau suspensi dari tapak semula oleh pelaku berupa air mengalir (aliran limpasan), es bergerak atau angin (tejoyuwono notohadiprawiro, 1998: 74).

Example sentence(s):
  • Erosi Tanah Feb 28, 2008 at 03:42 AM Oleh : Umiyati Lestari, S.Pd. 1. pengertian erosi tanah erosi tanah adalah penyingkiran dan pengangkutan bahan dalam bentuk larutan atau suspensi dari tapak semula oleh pelaku berupa air mengalir (aliran limpasan), es bergerak atau angin (tejoyuwono notohadiprawiro, 1998: 74). Menurut G. kartasapoetra, dkk (1991: 35), erosi adalah pengikisan atau kelongsoran yang sesungguhnya merupakan proses penghanyutan tanah oleh desakan-desakan atau kekuatan angin dan air, baik yang berlangsung secara alamiah ataupun sebagai akibat tindakan atau perbuatan manusia. Pemindahan atau pengangkutan tanah tersebut terjadi oleh media alami berupa air dan angina. Misalnya erosi di daerah beriklim basah, faktor yang berperan penting adalah air sedangkan angin tidak berarti - Umiyati Lestari, S.Pd.  
  • Sebab–sebab erosi tanah karena beberapa hal berikut : 1. Tanah gundul atau tidak ada tanamannya; 2. Tanah miring tidak dibuat teras–teras dan guludan sebagai penyangga air dan tanah yang lurus; 3. Tanah tidak dibuat tanggul pasangan sebagai penahan erosi; 4. Pada tanah di kawasan hutan rusak karena pohon–pohon ditebang secara liar sehingga hutan menjadi gundul; 5. Pada permukaan tanah yang berlumpur digunakan untuk pengembalaan liar sehingga tanah atas semakin rusak - pedosfer  
  • USAHA MENGURANGI EROSI TANAH 1. Tekstur dan Kesuburan Tanah Tanah yang banyak ditumbuhi tumbuh-tumbuhan lebih subur daripada tanah gundul atau tidak ada tumbuh-tumbuhannya, karena di dalamnya terkandung lapisan bunga tanah yang tidak terkena erosi. - tugassekolahonline  

Explanation:
Erosi tanah dapat juga terjadi akibat pengelolaan lahan yang buruk, misalnya mengolah tanah di lahan yang curam.
dedy tri riyadi
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Votes in favor of/against selecting this as the best translation of the term asked
Yes  syafriati
10 days




The glossary compiled from Glossary-building KudoZ is made available openly under the Creative Commons "By" license (v3.0). By submitting this form, you agree to make your contribution available to others under the terms of that license.
Creative Commons License