ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Finance (general)

joint venture

Indonesian translation: usaha patungan

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:joint venture
Indonesian translation:usaha patungan

For term searches and specialty glossaries, please try the new GBK glossaries
21:56 Jun 29, 2010
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Finance (general)
Additional field(s): Business/Commerce (general)
English term or phrase: joint venture
Definition from Wiktionary:
A cooperative partnership between two individuals or businesses in which profits and risks are shared.

Example sentence(s):
  • As there are good business and accounting reasons to create a joint venture (JV) with a company that has complementary capabilities and resources, such as distribution channels, technology, or finance, joint ventures are becoming an increasingly common way for companies to form strategic alliances. e-COACH
  • IAS 31 requires that the venturer should recognise in its financial statements the assets that it controls, the liabilities that it incurs, the expenses that it incurs, and its share of the income from the sale of goods or services by the joint venture. IAS PLUS
  • After year three, Morgan Stanley and Citi will have various purchase and sale rights for the joint venture, but Citi will continue to own a significant stake in the joint venture at least through year five. Morgan Stanley
Glossary-building KudoZ




This question was created by:


This question is closed

usaha patungan
Definition:
Usaha patungan (joint venture) adalah usaha yg didirikan dengan modal bersama dan dikerjakan secara bersama-sama oleh masing-masing pemilik modal.
Selected response from:

Ahnan Alex
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of translations provided
5 +2usaha patungan
Ahnan Alex
5ventura bersama
Suryadi van Batavia
5kerjasama usaha patungan
argosys


  

Translations offered


2 days10 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
kerjasama usaha patungan


Definition from vibiznews:
Bergabungnya dua atau lebih orang atau perusahaan dalam bidang usaha tertentu dan setuju untuk berbagi keuntungan, kerugian, atau berbagi pengawasan/kontrol.
http://www.vibiznews.com/plugin/glossary.php?front=J

Example sentence(s):
  • Sebelumnya, PT PN II dan Kuala Lumpur Kepong Plantation Holdings Bhd pada 8 Mei 2009 telah menandatangani Perjanjian Kerjasama Usaha Patungan (Joint enture Agreement) untuk menyepakati pendirian PTLNK sebagai suatu perusahaan usaha patungan (joint venture company) yang nantinya akan melaksanakan kerjasama operasi dan bantuan teknis pengelolaan areal kebun kellapa sawit dan karet yang terletak di wilayah distrik rayon tengah, - economy.okezone.com  
  • Meluasnya jaringan organisasi dan komunikasi perusahaan global beberapa tahun sebelum terjadinya krisis perekonomian dunia, terbukti telah memberikan berbagai kesempatan berusaha bagi perusahaan-perusahaan swasta domestik di Indonesia dalam bentuk kerjasama usaha patungan (joint ventures) dan waralaba (franchising). - imanph.wordpress.com  
  • Pertumbuhan yang relatif tinggi ini didukung oleh berbagai faktor, meliputi antara lain: (a) dukungan kebijakan deregulasi perdagangan dan investasi, (b) iklim usaha yang kondusif untuk mempercepat laju kenaikkan investasi dan juga (c) adanya kepercayaan dunia internasional pada para pelaku ekonomi domestik dalam melakukan berbagai bentuk kerjasama usaha patungan. - Blog Lingkungan Bisnis Indonesia  

Explanation:
None
argosys
Native speaker of: Native in EnglishEnglish

Votes in favor of/against selecting this as the best translation of the term asked
Yes  Setia Bangun
5 days

No  Edwin Solahuddin: terlalu panjang. usaha patungan tanpa embel2 kerjasama lebih pas sesuai kalimat aslinya yang hanya 2 kata
8 days

3 days2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
usaha patungan


Definition from akiragats:
Usaha patungan (joint venture) adalah usaha yg didirikan dengan modal bersama dan dikerjakan secara bersama-sama oleh masing-masing pemilik modal.

Example sentence(s):
  • Bahkan boleh dibilang,usaha patungan tidak memiliki demerit apapun apabila dilaksanakan layaknya usaha patungan yang sebenarnya. - akiragats  
  • Al Rayan Investment LLC, cabang yang seluruhnya dimiliki oleh Masraf Al Rayan, hari ini mengumumkan usaha patungan dengan perusahaan layanan gas dan minyak yang berpusat di Malaysia, SapuraCrest Ventures Sdn Bhd (yang dulu dikenal dengan nama Petro-Plus Sdn Bhd) - kantor cabang yang sepenuhnya dimiliki oleh SapuraCrest Petroleum Berhad. - antaranews  
  • VIVAnews - PT Dayaindo Resources International Tbk (KARK) dikabarkan berencana membentuk anak usaha atau usaha pantungan (joint venture) dalam waktu dekat ini. - bisnis.vivanews.com  

Explanation:
Kadang - kadang joint venture juga dipadankan dengan perusahaan patungan.
Ahnan Alex
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 4

Votes in favor of/against selecting this as the best translation of the term asked
Yes  Edwin Solahuddin
8 days

Yes  Eddie R. Notowidigdo: Agree see http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_patungan
27 days

37 days   confidence: Answerer confidence 5/5
ventura bersama


Definition from Exposure Draft PSAK No. 12 (Revisi 2009):
Ventura bersama adalah perjanjian kontraktual di mana dua atau lebih pihak menjalankan aktivitas ekonomi yang tunduk pada pengendalian bersama.

Example sentence(s):
  • Jika benar Intel terjun ke bisnis baterai, perusahaan ini bisa memilih untuk menanamkan modal, melakukan ventura bersama, atau melakukannya sendiri. - Kompas Tekno  

Explanation:
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 12 Bagian Partisipasi dalam Ventura Bersama telah diterbitkan (bukan lagi exprosure draft) oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) tanggal 15 Desember 2009.
Suryadi van Batavia
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian




The glossary compiled from Glossary-building KudoZ is made available openly under the Creative Commons "By" license (v3.0). By submitting this form, you agree to make your contribution available to others under the terms of that license.
Creative Commons License