KudoZ home » English to Indonesian » Finance (general)

cut-off date

Indonesian translation: tanggal batas akhir


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:cut-off date
Indonesian translation:tanggal batas akhir
Entered by: Indah Lestari

17:32 Apr 21, 2017
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Finance (general) / bancaire
English term or phrase: cut-off date
Konteksnya adalah pembayaran via aplikasi seluler.

Kalimat lengkapnya:
Thank you for requesting a change to your payment method. Your %@ will be removed based on the date of the request, timing of invoicing and Direct Debit cut off dates of your country. It may take up to one invoice period before your payment card will be used for payment

Saya temukan "tanggal penilaian" di situs mappi.or.id (tentang pasar modal). Atau mungkin "tanggal pisah batas"?

Trims.
Indah Lestari
France
tanggal batas akhir
Explanation:
http://www.kateglo.com/?&mod=glossary&src=SM&p=11
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Trims
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5tanggal pisah batas, tanggal batas
Erich Ekoputra
4 +1tanggal batas akhir
Regi2006


Discussion entries: 1





  

Answers


17 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
tanggal batas akhir


Explanation:
http://www.kateglo.com/?&mod=glossary&src=SM&p=11

Regi2006
Indonesia
Meets criteria
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44
Grading comment
Trims

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
19 hrs
  -> Thanks

9 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
tanggal pisah batas, tanggal batas


Explanation:

☕ Frasa tanggal pisah batas sudah kerap digunakan u/ keperluan akuntansi / pembukuan. Ini karena sesuai dengan fungsi tanggal tersebut. Sebagaimana yang kita ketahui (atau bisa kita duga), cut-off date digunakan untuk salah satu dari dua maksud:

1-mengakhiri sesuatu (lihat surjaya ke-1 di bawah)
2-memisahkan dua masa (lihat surjaya ke-2 di bawah).

Perbedaannya, pada kasus 1, sesuatu itu (mis. tawaran) tidak akan diterima, sementara pada kasus 2 (mis. transaksi), tetap akan diterima namun mengalami perlakuan beda.

☕ Kebetulan di dalam konteks ini, cut-off date digunakan untuk memisahkan masa-masa pengakuan/penerimaan faktur dan debit langsung. Sekadar contoh: faktur yang diterima sebelum atau pada tanggal 5 akan dibayar di akhir bulan berjalan, sementara yang setelah tanggal 5 akan dibayar di akhir bulan berikutnya. (Di sini, tanggal 5 berfungsi sebagai pemisah masa pembayaran.)

⛳ Secara pribadi, karena gagasan pisah itu sudah tersirat dalam batas (mis. luar vs. dalam, atas vs. bawah, sebelum vs. sesudah, dst.), menggunakan frasa tanggal batas saja sudah memadai.

★彡 SURJAYA
http://ikadipa.com/download/penawaranclarion.pdf
Pihak hotel memberikan kesempatan pertama kepada penanggung jawab acara atas hak pemesanan ruang pertemuan dan/atau akomodasi hingga tanggal yang kemudian disebut Batas Akhir Penawaran (Cut Off Date).

http://www.kompasiana.com/rezaardianti/pengujian-siklus-penj...
Salah saji pisah batas (cutoff misstatement) terjadi apabila transaksi periode berjalan dicatat dalam periode selanjutnya atau sebaliknya. Tujuannya adalah untuk memverifikasi apakah transaksi yang mendekati akhir periode telah dicatat pada periode yang tepat.

Erich Ekoputra
Indonesia
Meets criteria
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 195
Notes to answerer
Asker: Ternyata surah ada di Kateglo, tanggal batas akhir, walau pun aku setuju dengan tanggal batas :)