KudoZ home » English to Indonesian » General / Conversation / Greetings / Letters

sexist

Indonesian translation: seksis


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:sexist
Indonesian translation:seksis
Entered by: Hengky Chiok

04:50 Apr 23, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
General / Conversation / Greetings / Letters
English term or phrase: sexist
Does this mean that xyz is "sexist?"
Hengky Chiok
United States
seksis
Explanation:
Ternyata seksis dan seksisme sudah cukup lazim digunakan di kalangan media massa dan akademik.

Kata kunci: bahasa seksis, penanda bahasa seksis, bahasa non-seksis. PENDAHULUAN. Penelitian ini diilhami oleh gerakan anti sexist languagedi dalam ...
eprints.ums.ac.id/398/1/3._AGUS_WIJAYANTO.pdf

Paradigama dalam perilaku sosial seksis dinamakan jender. Kajian akademis. tentang jender dan sex dalam arti seksis (jenis kelamin) yang menggunakan ...
library.usu.ac.id/download/e-book/Pidato%20Ilmiah%20Dies%2052.pdf

Perilaku seperti ini merefleksikan variasi pandangan-pandangan terhadap perempuan yang eksis di Spanyol, dari pandangan Proudhon yang seksis sampai Bakunin ...
pustaka.otonomis.org/2006/05/29/perempuan-merdeka-spanyol/
Selected response from:

Regi2006
Indonesia
Grading comment
Ok... mantap deh kalau gitu. Terima kasih atas bantuan semua rekan.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +3seksis
Regi2006
5 +2diskriminatif gender
Hipyan Nopri
4 +1bias jender
Erich Ekoputra
3penganut diskriminasi gender (seksis)
Ikram Mahyuddin
3diskriminatif terhadap jenis kelamin
Hikmat


Discussion entries: 2





  

Answers


5 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
diskriminatif terhadap jenis kelamin


Explanation:
biasanya untuk wanita

selamat hari kartini...

--------------------------------------------------
Note added at 19 mins (2008-04-23 05:10:10 GMT)
--------------------------------------------------

sorry gak pake gender atau jender karena memang belum ada di kbbi

Hikmat
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 232

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Hipyan Nopri: Sori, Mat; KBBI edisi ketiga 2005 terbitan Balai Pustaka, gender = jenis kelamin (hal. 353)
25 mins
  -> Acuan saya daring - disana gak ada...

7 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
diskriminatif gender


Explanation:
sexist = diskriminatif gender, bersifat melakukan diskrimninasi terhadap orang lain berdasarkan jenis kelamin/gender

--------------------------------------------------
Note added at 28 mins (2008-04-23 05:18:33 GMT)
--------------------------------------------------

Contoh lain struktur Kata Sifat + Kata Benda:
hemat energi
padat modal
bebas bea

gender = jenis kelamin
Ref.:
KBBI edisi ketiga 2005

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 184

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
55 mins

agree  ivo abdman
6 hrs

51 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +3
seksis


Explanation:
Ternyata seksis dan seksisme sudah cukup lazim digunakan di kalangan media massa dan akademik.

Kata kunci: bahasa seksis, penanda bahasa seksis, bahasa non-seksis. PENDAHULUAN. Penelitian ini diilhami oleh gerakan anti sexist languagedi dalam ...
eprints.ums.ac.id/398/1/3._AGUS_WIJAYANTO.pdf

Paradigama dalam perilaku sosial seksis dinamakan jender. Kajian akademis. tentang jender dan sex dalam arti seksis (jenis kelamin) yang menggunakan ...
library.usu.ac.id/download/e-book/Pidato%20Ilmiah%20Dies%2052.pdf

Perilaku seperti ini merefleksikan variasi pandangan-pandangan terhadap perempuan yang eksis di Spanyol, dari pandangan Proudhon yang seksis sampai Bakunin ...
pustaka.otonomis.org/2006/05/29/perempuan-merdeka-spanyol/

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 28
Grading comment
Ok... mantap deh kalau gitu. Terima kasih atas bantuan semua rekan.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho
22 mins

agree  Eva Nukman: sudah lazim kok istilah ini. coba deh baca-baca situs Jurnal Perempuan atau yang sejenis
1 hr

agree  Hadiyono Jaqin
5 hrs

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
bias jender


Explanation:
U/ memerkaya pilihan saja.

Ref:
... oleh keberadaan pandangan keagamaan yang dianggap bias jender (sexist) dan misoginis (membenci perempuan). ...


    Reference: http://www.freelists.org/archives/nasional_list/02-2005/msg0...
Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 137

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  ivo abdman
3 hrs
  -> OK thanks!

2 days2 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
penganut diskriminasi gender (seksis)


Explanation:
versi lain

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 44