KudoZ home » English to Indonesian » Government / Politics

five months into the initial digestion stage

Indonesian translation: baru lima bulan memasuki tahap 'mencerna'


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:five months into the initial digestion stage
Indonesian translation:baru lima bulan memasuki tahap 'mencerna'
Entered by: Kardi Kho

06:14 Aug 13, 2006
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Government / Politics
English term or phrase: five months into the initial digestion stage
It was assumed from the start that it would take the bureaucracy at least six months to digest SBY’s changes, and that it would be a further 12 months before their reaction would be clear. Five months into the intitial digestion stage, there has already been one very positive development.
xxxtjmh
baru lima bulan dalam tahapan awal tersebut
Explanation:
Bagaimana kalau sedikit bermain kata-kata di sini:

...setidaknya enam bulan untuk mencerna perubahan-perubahan yang (dilakukan/diajukan/tergantung konteks) oleh SBY...

Baru lima bulan dalam tahap 'mencerna' tersebut, sudah muncul...

SM

--------------------------------------------------
Note added at 19 hrs (2006-08-14 02:12:21 GMT)
--------------------------------------------------

sepertinya yang ini terdengar lebih pas:

Baru lima bulan memasuki tahap 'mencerna', sudah muncul...
Selected response from:

Kardi Kho
Indonesia
Grading comment
thanks all
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1baru lewat lima bulan tahap penyerapan awal
Erich Ekoputra
5Memasuki bulan kelima asumsi masa tersebut...
Harry Hermawan
4 +1baru lima bulan dalam tahapan awal tersebut
Kardi Kho
4Baru lima bulan dari tahapan awal periode perubahan tersebut,
Hikmat


  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Memasuki bulan kelima asumsi masa tersebut...


Explanation:
Diasumsikan dari awal bahwa birokrasi akan mencerna pesan SBY selama enam bulan, dan....

Memasuki bulan kelima asumsi masa tersebut...

--------------------------------------------------
Note added at 52 mins (2006-08-13 07:06:52 GMT)
--------------------------------------------------

Perbaikan:
Diasumsikan dari awal bahwa birokrasi akan mencerna pesan SBY selama (setidaknya) enam bulan, dan....

Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Baru lima bulan dari tahapan awal periode perubahan tersebut,


Explanation:
Baru lima bulan dari tahapan awal periode perubahan tersebut, sudah ada satu perkembangan positif yang muncul.

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 36

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
baru lewat lima bulan tahap penyerapan awal


Explanation:
Baru lewat lima bulan tahap penyerapan awal, sudah muncul satu perkembangan yang amat positif.

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 60

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  femmy
12 hrs
  -> Thanks!

19 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
baru lima bulan dalam tahapan awal tersebut


Explanation:
Bagaimana kalau sedikit bermain kata-kata di sini:

...setidaknya enam bulan untuk mencerna perubahan-perubahan yang (dilakukan/diajukan/tergantung konteks) oleh SBY...

Baru lima bulan dalam tahap 'mencerna' tersebut, sudah muncul...

SM

--------------------------------------------------
Note added at 19 hrs (2006-08-14 02:12:21 GMT)
--------------------------------------------------

sepertinya yang ini terdengar lebih pas:

Baru lima bulan memasuki tahap 'mencerna', sudah muncul...

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
thanks all

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  femmy
1 hr