KudoZ home » English to Indonesian » Government / Politics

twinning project

Indonesian translation: proyek kembaran


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:twinning project
Indonesian translation:proyek kembaran
Entered by: Erich Ekoputra

04:08 Oct 29, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Government / Politics / European Union
English term or phrase: twinning project
Proyek bagi calon anggota Uni Eropa agar dapat memenuhi syarat sebelum diterima jadi anggota penuh. TIA.
Erich Ekoputra
Indonesia
proyek kemitraan/kembaran
Explanation:
sebagai contoh di air minum, twinning project dilakukan antara PDAM di Indonesia dg PDAM di Belanda. Isi proyek melipui exchange of knowledge, experience di bidang air bersih/air minum. Biasanya kedua instansi ini melakukan pertukaran staff. Staff PDAM di Indonesia dikirim ke Belanda begitu juga sebaliknya. Ada juga yang menyebut proyek ini sebagai "PROYEK KEMBARAN".
Dari proyek ini kemudian di tingkatkan ke bentuk kerjasama yg lebih bersifat komersial misalnya dalam bentuk Joint Venture Project dalam kerangka Public Private Partnership.

IMHO
Selected response from:

Indra Sofyar
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Indra, dan rekan2 yang ikut menjawab dan atau memberikan keterangan tambahan!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +6proyek kemitraan/kembaran
Indra Sofyar
4proyek studi banding
ivo abdman


  

Answers


16 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +6
proyek kemitraan/kembaran


Explanation:
sebagai contoh di air minum, twinning project dilakukan antara PDAM di Indonesia dg PDAM di Belanda. Isi proyek melipui exchange of knowledge, experience di bidang air bersih/air minum. Biasanya kedua instansi ini melakukan pertukaran staff. Staff PDAM di Indonesia dikirim ke Belanda begitu juga sebaliknya. Ada juga yang menyebut proyek ini sebagai "PROYEK KEMBARAN".
Dari proyek ini kemudian di tingkatkan ke bentuk kerjasama yg lebih bersifat komersial misalnya dalam bentuk Joint Venture Project dalam kerangka Public Private Partnership.

IMHO

Indra Sofyar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Terima kasih Indra, dan rekan2 yang ikut menjawab dan atau memberikan keterangan tambahan!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin: setuju, dan ada situs yang berkaitan, namanya twinning-project.org
12 mins

agree  Hipyan Nopri: Lebih setuju dengan alternatif kedua 'proyek kembaran.'
41 mins

agree  Hadiyono Jaqin
1 hr

agree  Eddie R. Notowidigdo: Setuju "Proyek Kembaran"
7 hrs

agree  Wawan Yulianto: setuju "proyek kembaran"
2 days2 hrs

agree  vicksy nurhayati: setuju yg pertama, mungkin kalo di bidang pendidikan (di UI misalnya) ada twinning program, sekian semester di Indonesia, sisanya di negara partner.
3 days8 hrs

6 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
proyek studi banding


Explanation:
Sebenarnya yang dilakukan adalah menemukan perbedaan (gaps) besar dalam berbagai hal

Contoh kasus
http://www.emep.int/publ/reports/2005/emep_technical_1_2005....

Menurut hemat saja kalau langsung ke intinya dapat dikatakan sebagai proyek studi banding

IMHO


Twinning projects between countries with large difference in inventory completeness
to find gaps with respect to source categories included.

These differences can be explained
by: (i) incompleteness of official data with regard to emission categories, and (ii) differences in emission factors used in the two estimates.

Table 4. Key Source Analysis for selected HMs and POPs in 1990 and 2003 in selected countries for which data for both
1990 and 2003 are available [A]. The numbers in parenthesis give the relative contribution to total emissions. Only the top
ten source categories are listed.


--------------------------------------------------
Note added at 6 hrs (2007-10-29 10:10:25 GMT)
--------------------------------------------------

mungkin bisa lebih mudah dipahami dalam bahasa Indonesia

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian