KudoZ home » English to Indonesian » Human Resources

exempt employee

Indonesian translation: karyawan tanpa hak uang lembur


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:exempt employee
Indonesian translation:karyawan tanpa hak uang lembur
Entered by: Zein Isa

22:10 Feb 16, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Bus/Financial - Human Resources
English term or phrase: exempt employee
Apa istilah dalam Bahasa Indonesia yang biasa dipergunakan untuk *exempt employee* yakni karyawan yang pengupahannya tidak mengikuti (exempt) peraturan ketenagakerjaan, antara lain, tidak mendapat uang lembur, dll. Umumnya adalah yang termasuk 'white collar', manajerial, dll.
Zein Isa
karyawan tanpa hak uang lembur
Explanation:
Rujukannya sama dengan rujukan pada jawaban sebelumnya. :)

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2008-02-17 01:40:10 GMT)
--------------------------------------------------

Kalau rujukan pada jawaban sebelumnya semuanya dari luar negeri, berikut ini saya kutipkan rujukan dari dalam negeri kita sendiri:
Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib membayar upah kerja lembur.
Ketentuan waktu kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf b tidak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu.
Ketentuan mengenai waktu kerja lembur dan upah kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Keputusan Menteri.
http://www.rcs.co.id/ketenagakerjaan_13_2003_9.htm

PEKERJAAN YANG TIDAK BERHAK ATAS UPAH KERJA LEMBUR
Dalam Keputusan Menakertrans Nomor KEP-102/MEN/2004 ada ketentuan dalam pasal 4 ayat (2) dan (3) ada pekerja tertentu yang tidak berhak atas upah lembur. Hal ini didasari pertimbangan bahwa mereka mendapat upah lebih tinggi. Tetapi sayangnya dalam Keputusan Menakertrans Nomor 102/MEN/2004 tidak disebutkan secara jelas, golongan pekerja dengan jabatan mana yang tidak berhak, hanya disebutkan mereka yang memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan pengendali jalannya perusahaan.
http://www.nakertrans.go.id/majalah_buletin/info_hukum/vol5_...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
Thanks m(_ _)m
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2karyawan tanpa hak uang lembur
Hipyan Nopri
5pekerja tetap/pekerja penuh
Hengky Chiok
5karyawan manajerial
ivo abdman
3 +1karyawan staff
Indra Sofyar


Discussion entries: 1





  

Answers


33 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
pekerja tetap/pekerja penuh


Explanation:
Ini adalah kelompok pekerja yang mendapat gaji bulanan [kerja mau tidak kerja :-) ]. Kerjaan mereka bukan dihitung berdasarkan jam kerja, oleh karena itu tidak mendapat uang lembur.

--------------------------------------------------
Note added at 39 mins (2008-02-16 22:49:43 GMT)
--------------------------------------------------

http://www.purdue.edu/hr/LeadingEdition/LEdi_704_exempt_none...

Hengky Chiok
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
karyawan tanpa hak uang lembur


Explanation:
Rujukannya sama dengan rujukan pada jawaban sebelumnya. :)

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2008-02-17 01:40:10 GMT)
--------------------------------------------------

Kalau rujukan pada jawaban sebelumnya semuanya dari luar negeri, berikut ini saya kutipkan rujukan dari dalam negeri kita sendiri:
Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) wajib membayar upah kerja lembur.
Ketentuan waktu kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) huruf b tidak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu.
Ketentuan mengenai waktu kerja lembur dan upah kerja lembur sebagaimana dimaksud dalam ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Keputusan Menteri.
http://www.rcs.co.id/ketenagakerjaan_13_2003_9.htm

PEKERJAAN YANG TIDAK BERHAK ATAS UPAH KERJA LEMBUR
Dalam Keputusan Menakertrans Nomor KEP-102/MEN/2004 ada ketentuan dalam pasal 4 ayat (2) dan (3) ada pekerja tertentu yang tidak berhak atas upah lembur. Hal ini didasari pertimbangan bahwa mereka mendapat upah lebih tinggi. Tetapi sayangnya dalam Keputusan Menakertrans Nomor 102/MEN/2004 tidak disebutkan secara jelas, golongan pekerja dengan jabatan mana yang tidak berhak, hanya disebutkan mereka yang memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan pengendali jalannya perusahaan.
http://www.nakertrans.go.id/majalah_buletin/info_hukum/vol5_...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 76
Grading comment
Thanks m(_ _)m

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho
23 hrs
  -> TK, Kardi.

agree  Hadiyono Jaqin
2 days5 hrs

8 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
karyawan staff


Explanation:
biar nyambung dengan komentar non-exempt employee -:}

IMO

Indra Sofyar
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Harry Hermawan
3 hrs
  -> Nuhun kang

18 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
karyawan manajerial


Explanation:
Bisa dilihat di KBBI

manajer --> membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan pelaksanaan

manajerial --> berhubungan dengan manajer

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian