ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Human Resources

outstation claim

Indonesian translation: biaya perjalanan dinas luar kota

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:outstation claim
Indonesian translation:biaya perjalanan dinas luar kota
Entered by: just adi

15:41 Dec 17, 2012
English to Indonesian translations [PRO]
Human Resources
English term or phrase: outstation claim
types of allowances

1. outstation claim
2. car allowance

---
thank you
just adi
biaya perjalanan dinas luar kota
Explanation:
Istilah 'Biaya perjalanan dinas' banyak digunakan secara resmi, termasuk oleh PN dan perusahaan2 besar:
http://setagu.net/gaji-dan-tunjangan-pns/2141
Tabel Biaya Perjalanan Dinas PNS
Selected response from:

Henny Willis
United States
Grading comment
thanks henny :)
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5penggantian uang perjalanan luar kota
ria amongpradja
5penggantian biaya perjalanan dinas
Wiyanto Suroso
4tunjangan penugasan luar kantor
Erich Ekoputra
4biaya perjalanan dinas luar kota
Henny Willis
4uang tugas luar kota
ria ulfah ardhiyani
3klaim dinas luar kota
Hikmat
3klaim perjalanan luar kota
Arif Rakhman
2klaim biaya perjalanan
Ridwan Munib


  

Answers


2 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
klaim dinas luar kota


Explanation:
<>


    Reference: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/358500-bps-minta-ang...
Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 78

4 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
klaim perjalanan luar kota


Explanation:
IMHO

Arif Rakhman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

1 min   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
uang tugas luar kota


Explanation:
<>

--------------------------------------------------
Note added at 5 mins (2012-12-17 15:47:55 GMT)
--------------------------------------------------

http://oxforddictionaries.com/definition/english/outstation?...
Definition of outstation
noun

a branch of an organization situated at some distance from its headquarters

Kalau di kantor saya dulu, asal tugasnya keluar kota pasti ada tambahan outstation, tidak melulu ke kantor cabang.

ria ulfah ardhiyani
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 8

20 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
biaya perjalanan dinas luar kota


Explanation:
Istilah 'Biaya perjalanan dinas' banyak digunakan secara resmi, termasuk oleh PN dan perusahaan2 besar:
http://setagu.net/gaji-dan-tunjangan-pns/2141
Tabel Biaya Perjalanan Dinas PNS

Example sentence(s):
  • Untuk rapat-rapat dinas di luar kota diberikan biaya perjalanan dinas sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Daerah
  • Bagi pegawai yang melakukan perjalanan dinas, universitas akan memberikan tunjangan sebagai berikut : Perjalanan Dinas Dalam Kota

    Reference: http://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=biaya%20dinas%20luar%...
    Reference: http://wiki.paramadina.ac.id/index.php/Draft_Kebijakan_Perja...
Henny Willis
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3
Grading comment
thanks henny :)

22 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
penggantian uang perjalanan luar kota


Explanation:
..............

ria amongpradja
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in MalayMalay
PRO pts in category: 7

44 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
penggantian biaya perjalanan dinas


Explanation:
'Biaya perjalanan dinas' bukan hanya berlaku untuk tugas ke luar kota, melainkan juga untuk dalam kota di luar kantor. Tergantung pada instansi tempat kerja dan jabatan seseorang, 'biaya perjalanan dinas' mencakup penginapan, makan, dan transportasi, tetapi dapat juga mencakup biaya lain-lain, misalnya telepon, binatu, menjamu, dan sebagainya.

Dalam kaitan dengan yang ditanyakan, 'biaya perjalanan dinas' selain 'tunjangan kendaraan' ditanggung oleh instansi dan bersifat ditagihkan kemudian sepulangnya dari perjalanan dinas. Pelaku perjalanan dinas diberi uang untuk dipertanggungjawabkan belakangan. Dalam hal ini, istilahnya 'penggantian biaya perjalanan dinas'.

Kepada karyawan yang melakukan perjalanan dinas diberikan penggantian biaya perjalanan dinas yang terdiri dari :

http://hrd.indika.net.id/sop/PerjalananDinas.htm

Menimbang:
bahwa berhubung dengan terbentuknya Negara Kesatuan, peraturan-peraturan yang ada sekarang mengenai ongkos perjalanan dinas pegawai Negeri sipil perlu diganti dengan satu peraturan baru yang mengatur penggantian biaya perjalanan-perjalanan dinas di seluruh daerah Negara Republik Indonesia buat segenap pegawai Negeri sipil, kecuali mereka yang terhadapnya, karena persetujuan Konperensi Meja Bundar, berlaku aturan-aturan khusus lain, yang berhubungan dengan kedudukannya;

https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:LgFKjPDiADIJ:huku...

Berhubung dengan hak‑hak mereka untuk mendapat penggantian biaya perjalanan dinas, pegawi Negeri dibagi dalam 4 golongan menurut gajinya sebulan, ...

http://sipruu.ditjenpum.go.id/1947/1947/1947pp13.htm

Dalam rangka penerbitan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) dan penggantian biaya perjalanan dinas mahasiswa penerima BPPS T.A. ...

http://www.ui.ac.id/id/notice/archive/6198

Masih banyak lagi contoh penggunaan istilah ini dengan pencarian dengan Google.

Wiyanto Suroso
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 56

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
tunjangan penugasan luar kantor


Explanation:

Makna dasar outstation di dalam konteks ini adalah penugasan ke luar kantor.

Tentu saja, ada batas minimum bagi area yang dianggap luar kantor. Area yang selemparan batu pun bisa dianggap luar kantor. Contohnya, Kep. Seribu yang merupakan bagian dari Jakarta Utara.

Yang pasti, secara umum, semakin tinggi tingkat upah, semakin jauh area yang dianggap luar kantor. Office boy mungkin sudah mendapat tunjangan ini sewaktu disuruh mengantar surat antar-kantor dari Benhil ke Senen, misalnya, u/ di Jakarta. Namun, seorang regional manager Jakarta mungkin baru berhak atas tunjangan ini jika bepergian lebih jauh dari Cibubur bila bertugas ke selatan.

Kurang dari itu tidak akan mendapatkan apa-apa karena sudah tercakup dalam tunjangan transportasi, tunjangan beli kendaraan (car allowance), atau tunjangan jarak kendara (mileage claim).

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 130

14 hrs   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
klaim biaya perjalanan


Explanation:
IMHO

Ridwan Munib
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese