KudoZ home » English to Indonesian » Law: Contract(s)

reimbursable cost

Indonesian translation: biaya (langsung) non-personil


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:reimbursable cost
Indonesian translation:biaya (langsung) non-personil
Entered by: Abdul Karim

04:43 Jan 25, 2004
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Contract(s)
English term or phrase: reimbursable cost
"Any reimbursable costs shall be the responsibility of the client ....."

bisakah diterjemahkan menjadi "biaya non-personil" - semisal biaya akomodasi, transportasi, dan biaya-biaya pendukung lainnya?
Abdul Karim
Indonesia
biaya [langsung] non personil
Explanation:
Dari URL pertama di bawah:

"II. BIAYA LANGSUNG NON PERSONIL (DIRECT REIMBURSABLE COST)


1.a. Biaya Langsung Non Personil yang dapat diganti yang sebenarnya dikerluarkan oleh  Konsultan untuk pengeluaran – pengeluaran sesungguhnya / sesuai pengeluaran (at cost) meliputi :

- Tiket penerbangan.

- Kelebihan bagasi.

- Bagasi yang tidak dibawa sendiri.

- Temporary lodging.

- Perjalanan domestik.

- Perlengkapan kantor.

- Biaya komunikasi (telex, telepon dan facsimile).

- Biaya komputer (mencakup fasilitas komputer, perangkat lunak dan royalty untuk program yang dipergunakan).

- Pembelian peralatan kantor.

- Perlengkapan khusus.

- Meninggalkan tempat tugas (temporarily leave).

- Dokumen perjalanan. *)

- Biaya perjalanan darat (dari kantor ke bandar udara terdekat).

- Relokasi (storage alllowance). *)

- Tunjangan penempatan. *)

- Biaya fiskal. *)

- Tunjangan harian (per diem allowance).

- Tunjangan perumahan.

- Biaya sewa kantor.

- Biaya sewa kendaraan (roda 4 dan roda 2)

- Biaya paeaporan.

*) Hanya berlaku untuk tenaga ahli asing (expatriate).

b. Ketentuan tentang Biaya Langsung Non Personil adalah sebagaimana pada terlampir 1.

2. Untuk komponen kegiatan yang dibelanjakan di dalam negeri dengan sumber pembiayaan melalui dana / pinjaman luar negeri nilai kontrak dinyatakan dalam rupiah.

3.Untuk konsultan perorangan yang berasal dari Dosen/PegawainNegeri harus mendapatkan ijin tertulis dari Rektor/Eselon I dari tenaga ahli tersebut bekerja dengan paruh waktu, perhitungan Biaya Langsung Personil pada Satuan Biaya Orang Jam (SBOJ).

Dalam hal tenaga ahli tersebut diperuntukkan bagi penugasan penuh (full time) harus memperoleh ijin cuti diluar tanggungan negara dan perhitungan Biaya Langsung Personil berdasarkan pada Satuan Biaya Orang Bulan (SBOB).

4. Pemberi jasa konsultasi yang bersifat non laba (non profit making firm) seperti : Lembaga Pemerintah (Universitas, Lembaga Penelitian, Rumah Sakit), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta lembaga sosial lainnya. Unit Biaya Langsung Personil diperhitungkan maksimum 70% dari biaya yang berlaku sesuai harga Pasar."
Selected response from:

nyamuk
United States
Grading comment
Thank you.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
2biaya [langsung] non personilnyamuk
2biaya ganti rugi, biaya kompensasi, biaya yg dapat dikembalikan (kelebihn uang saat pembayaran dll
Tyas Pribadi
2biaya ganti rugi, biaya kompensasi, biaya yg dapat dikembalikan (kelebihn uang saat pembayaran dll
Tyas Pribadi


  

Answers


42 mins   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
biaya ganti rugi, biaya kompensasi, biaya yg dapat dikembalikan (kelebihn uang saat pembayaran dll


Explanation:
reimburse

pay back money to somebody: to pay somebody back money spent for an official or approved reason or taken as a loan, or give somebody money as compensation for loss or damage



Tyas Pribadi
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

42 mins   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
biaya ganti rugi, biaya kompensasi, biaya yg dapat dikembalikan (kelebihn uang saat pembayaran dll


Explanation:
reimburse

pay back money to somebody: to pay somebody back money spent for an official or approved reason or taken as a loan, or give somebody money as compensation for loss or damage



Tyas Pribadi
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

3 hrs   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
biaya [langsung] non personil


Explanation:
Dari URL pertama di bawah:

"II. BIAYA LANGSUNG NON PERSONIL (DIRECT REIMBURSABLE COST)


1.a. Biaya Langsung Non Personil yang dapat diganti yang sebenarnya dikerluarkan oleh  Konsultan untuk pengeluaran – pengeluaran sesungguhnya / sesuai pengeluaran (at cost) meliputi :

- Tiket penerbangan.

- Kelebihan bagasi.

- Bagasi yang tidak dibawa sendiri.

- Temporary lodging.

- Perjalanan domestik.

- Perlengkapan kantor.

- Biaya komunikasi (telex, telepon dan facsimile).

- Biaya komputer (mencakup fasilitas komputer, perangkat lunak dan royalty untuk program yang dipergunakan).

- Pembelian peralatan kantor.

- Perlengkapan khusus.

- Meninggalkan tempat tugas (temporarily leave).

- Dokumen perjalanan. *)

- Biaya perjalanan darat (dari kantor ke bandar udara terdekat).

- Relokasi (storage alllowance). *)

- Tunjangan penempatan. *)

- Biaya fiskal. *)

- Tunjangan harian (per diem allowance).

- Tunjangan perumahan.

- Biaya sewa kantor.

- Biaya sewa kendaraan (roda 4 dan roda 2)

- Biaya paeaporan.

*) Hanya berlaku untuk tenaga ahli asing (expatriate).

b. Ketentuan tentang Biaya Langsung Non Personil adalah sebagaimana pada terlampir 1.

2. Untuk komponen kegiatan yang dibelanjakan di dalam negeri dengan sumber pembiayaan melalui dana / pinjaman luar negeri nilai kontrak dinyatakan dalam rupiah.

3.Untuk konsultan perorangan yang berasal dari Dosen/PegawainNegeri harus mendapatkan ijin tertulis dari Rektor/Eselon I dari tenaga ahli tersebut bekerja dengan paruh waktu, perhitungan Biaya Langsung Personil pada Satuan Biaya Orang Jam (SBOJ).

Dalam hal tenaga ahli tersebut diperuntukkan bagi penugasan penuh (full time) harus memperoleh ijin cuti diluar tanggungan negara dan perhitungan Biaya Langsung Personil berdasarkan pada Satuan Biaya Orang Bulan (SBOB).

4. Pemberi jasa konsultasi yang bersifat non laba (non profit making firm) seperti : Lembaga Pemerintah (Universitas, Lembaga Penelitian, Rumah Sakit), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta lembaga sosial lainnya. Unit Biaya Langsung Personil diperhitungkan maksimum 70% dari biaya yang berlaku sesuai harga Pasar."


    Reference: http://www.prolima.or.id/ProjectDocument/RAB-konsultan.htm
    Reference: http://www.hukum2000.com/pangkalan_data/RegulasiFolder/newre...
nyamuk
United States
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 4
Grading comment
Thank you.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  Arika: Maybe, in some contexts, maaf.
9 hrs
  -> No need to be sorry