KudoZ home » English to Indonesian » Law: Taxation & Customs

Border controlled

Indonesian translation: barang larangan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Border controlled
Indonesian translation:barang larangan
Entered by: Christianna Braithwaite

10:11 Apr 9, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents - Law: Taxation & Customs
English term or phrase: Border controlled
Contoh kalimat "This is one of border controlled substances. You cannot bring it into this country"

Apa ya, padanan terbaik dalam bahasa Indonesia?
Terima kasih,
Christianna Braithwaite
Australia
barang larangan
Explanation:
bahan yang dilarang untuk dilewatkan di perbatasan negara
Selected response from:

Hadiyono Jaqin
Thailand
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +3barang larangan
Hadiyono Jaqin
5obat (bahan) berbahaya
Hipyan Nopri
5barang haram lintas batas
ivo abdman
4bahan-bahan jalur merah
Erich Ekoputra
3yang harus mendapat pemeriksaan lintas batas
Regi2006
3barang yang dilarang melewati perbatasan
Ikram Mahyuddin


Discussion entries: 1





  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
border controlled
obat (bahan) berbahaya


Explanation:
Seharusnya, 'substance'-nya diikutsertakan.
border controlled substance = controlled substance = obat atau bahan yg berbahaya, dan karena itu diawasi dg undang2 obat/bahan berbahaya federal dan negara bagian. Obat/bahan ini diawasi atau dilarang pembuatan, penjualan, dan penggunaannya. Obat/bahan ini meliputi narkotik, stimulan, depresan, dan halusinogen yg dpat menyebabkan kecanduan atau penyalahgunaan serta bahan kimia yg digunakan untuk membuat obat2 ini.

Ref.:
Oran, Daniel. 2008. Oran's Dictionary of the Law. 4th Ed. New York: Thomson Delmar Learning.

Hipyan Nopri
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

17 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +3
border controlled
barang larangan


Explanation:
bahan yang dilarang untuk dilewatkan di perbatasan negara

Hadiyono Jaqin
Thailand
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Suzan Piper
19 mins
  -> Thanks Sue

agree  peiling
6 hrs
  -> Thanks Pei Ling

agree  Hikmat
14 hrs
  -> Thanks Pak Hikmat

16 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
border controlled substances
bahan-bahan jalur merah


Explanation:
Dalam bea-cukai (customs), barang-barang yang dikendalikan lalu-lintasnya dikatakan sebagai barang jalur merah, sebab harus melalui suatu tempat pemeriksaan (checkpoint) yang ditandai pita/karpet merah.

Barang jalur merah tidak mesti tidak boleh masuk (terlarang); namun, untuk masuk harus ada beberapa prosedur yang dilewati, misalnya akan dikarantina dulu u/ mahluk hidup, atau pemeriksaan lab jika bahan diklaim sebagai bahan obat kelas G (obat keras/berbahaya).

Ref 1:
Menurut dia, barang impor itu tertahan akibat lambatnya pemeriksaan barang di jalur merah sehingga kontainer menumpuk karena menunggu pemeriksaan Bea dan Cukai ...

Ref 2:
Customs officers are concerned with things crossing a border. ... you go into the red line and discuss your situation with a Customs officer who will access ...



Example sentence(s):
  • http://www.inaport2.co.id/index.php?mod=berita&idx=135
  • http://www.passportinfo.com/immgcust.htm
Erich Ekoputra
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 45

18 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
border controlled
yang harus mendapat pemeriksaan lintas batas


Explanation:
Ini merupakan salah satu dari bahan yang harus mendapat pemeriksaan lintas batas

Regi2006
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

18 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
border controlled
barang yang dilarang melewati perbatasan


Explanation:
just guessing (and hoping ...)

Ikram Mahyuddin
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

3 days4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
border controlled
barang haram lintas batas


Explanation:
Usul aja, lumayan serem dan keren juga kedengarannya

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4