KudoZ home » English to Indonesian » Law/Patents

flag State

Indonesian translation: Negara yang telah mendaftar kapal tersebut di bawah bendera Negaranya


22:49 Jul 14, 2002
English to Indonesian translations [Non-PRO]
Law/Patents / international navigation
English term or phrase: flag State
The master of a ship of a State Party (the "flag State") may deliver to the authorities of any other State Party (the "receiving State") any person who he has reasonable grounds to believe has committed one of the offences set forth in article 3.


Note: I need only in bahasa Indonesia.
Abdul Karim
Indonesian translation:Negara yang telah mendaftar kapal tersebut di bawah bendera Negaranya
Explanation:
Frasa itu artinya seperti yang saya tulis dalam jawaban. Sumbernya ada di glosari Perikanan.
Selected response from:

Sugeng Hariyanto
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +5Negara yang telah mendaftar kapal tersebut di bawah bendera Negaranya
Sugeng Hariyanto
4 +1negara benderaxxxR.J.Chadwick
4 -1flagOscar Rompis
2negara penghukum
Kardi Kho


  

Answers


2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): -1
flag


Explanation:
"flag state" bisa diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia "Bendera Kebangsaan".

Oscar Rompis


Oscar Rompis
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 8

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
disagree  Rayindra: That's state flag
6 hrs

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +5
Negara yang telah mendaftar kapal tersebut di bawah bendera Negaranya


Explanation:
Frasa itu artinya seperti yang saya tulis dalam jawaban. Sumbernya ada di glosari Perikanan.

Sugeng Hariyanto
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 110

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Louis SOETEDJA: Karena kapal tersebut bisa dianggap sebagai bagian dari negara dimana ia mendaftar/terdaftar
40 mins

agree  eldira
41 mins

agree  Rayindra: Correct
4 hrs

agree  Mohamad Al 'Afghani: Term 'Flag State' digunakan pada United Nation Convention on the Law of The Sea (UNCLOS) dan Space Liability Convention untuk menjelaskan tempat pendaftaran kapal/space object. Hukum yang berlaku pada 'flag state' adalah hukum 'kebangsaan' kapal tsb.
11 hrs

agree  PDelima
12 hrs

9 hrs   confidence: Answerer confidence 2/5Answerer confidence 2/5
negara penghukum


Explanation:
i'm just guessing. 'flag' kadang juga dapat bermakna 'menghukum (to penalize)'. melihat dari konteks kalimat diatas, mungkin arti 'flag state' adalah negara yang mempunyai hak untuk memberikan 'penalti' terhadap anggota lainnya. that's way there's a 'receiving state' yaitu negara yang menerima hukuman.

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 1252

12 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
negara bendera


Explanation:
"Negara bendera" is a standard expression in Maritime Law in Indonesian as the following citations testify:-

Notis Perkapalan Saudagar 1/98\
... dan / atau vesel pembekal luar pantai yang beroperasi diluar perairan Malaysia,
takrifan yang berkuatkuasa adalah takrifan yang dibuat oleh Negara Bendera ...
http://www.marine.gov.my/npsaudagar198.html


DEPARTEMEN PERHUBUNGAN
... memenuhi persyaratan keselamatan kapal dan pencegahan pencemaran dari kapal, serta
memiliki dokummen kapal yang sah dan masih berlakudari negara bendera asal ...
http://www.dephub.go.id/laut/atur.htm

"The receiving State" could be translated simply as "negara penerima" to accurately reflect the sense of the text and the contrast with "negara bendera"

xxxR.J.Chadwick

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Lenah Susianty
2 hrs
  -> Thank you for your support