KudoZ home » English to Indonesian » Law/Patents

liability vs responsibility

Indonesian translation: liability = pertanggung jawaban


02:28 Nov 11, 2003
English to Indonesian translations [PRO]
Law/Patents / a legal term
English term or phrase: liability vs responsibility
What is the difference between 'liability' and 'responsibility' in Indonesian language?
Is it 'tanggung gugat' vs 'tanggung jawab' ?
Rayindra
Indonesia
Indonesian translation:liability = pertanggung jawaban
Explanation:
responsibility = tanggung jawab
liability = pertanggung jawaban, kerugian (aspek hukum)

--------------------------------------------------
Note added at 2003-11-11 06:01:00 (GMT) [[utf-8]]
--------------------------------------------------

liability: juga berarti resiko
Selected response from:

eldira
Indonesia
Grading comment
Thanks!
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1liability = pertanggung jawabaneldira
4 +1lihat penjelasan
Kardi Kho
3liabilitas Vs tanggung jawab
Sugeng Hariyanto


  

Answers


36 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
liability = pertanggung jawaban


Explanation:
responsibility = tanggung jawab
liability = pertanggung jawaban, kerugian (aspek hukum)

--------------------------------------------------
Note added at 2003-11-11 06:01:00 (GMT) [[utf-8]]
--------------------------------------------------

liability: juga berarti resiko


    www.infonuklir.com/Jurnal/AnalisisTinjauan/ PertanggunganKecelakaanNuklir.htm
    good-governance.bappenas.go.id/Berita%20dan%20Artikel/ Berita8.htm
eldira
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 275
Grading comment
Thanks!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  nyamuk: L ~ pertanggung jawaban R ~ tanggung jawab, pertanggungan jawab
2 hrs

16 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
liabilitas Vs tanggung jawab


Explanation:
Liabilitas menurut saya lebih terkait pada masalah keuangan. Sedangkan tanggung jawab (responsibility) atau akuntabilitas terkait dengan kewajiban secara umum.

Sebuah perusahaan mempunyai liabilitas (utang, tanggungjawab keuangan) kepada pihak lain. Pada saat yang sama, sebuah perusahaan juga mempunyai "responsibilitas" pada masyarakat pada umumnya.

Hopfully it helps.

Sugeng Hariyanto
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 110

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
neutral  nyamuk: ketidakbebasan ~ tanggung jawab keuangan i.e. financial liability
12 hrs

23 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
lihat penjelasan


Explanation:
Menurut pendapat saya, kedua istilah itu mempunyai artinya yang serupa. Kalau Anda lihat di kamus, liability lebih ditujukan sebagai tanggung jawab secara hukum (the state of being legally responsible), lebih kepada kewajiban, sedangkan responsibility dapat digunakan dengan pengertian yang lebih luas, bisa di bidang hukum bisa juga dimaksudkan sebagai tanggung jawab moral. Mengenai terjemahannya, saya kira yang terbaik adalah disesuaikan dengan konteksnya karena menurut saya agak sulit untuk membedakannya kata per kata.

SM

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 1252

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  penyamae: Saya lebih bersepakat dengan jawaban Kardi Kho. Bahasa Indonesia sebenarnya juga mempunyai istilah "liabilitas", meski menurut kbbi online artinya tidak sepadan dengan pengertian kata "liability" dalam bahasa Inggris yang merujuk pada kewajiban hukum
3057 days