KudoZ home » English to Indonesian » Management

Darwin's whole notion of the survival of the fittest

Indonesian translation: inti gagasan darwin tentang kemampuan mempertahankan keberadaan bagi yang terkuat


16:03 Feb 5, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Management /
English term or phrase: Darwin's whole notion of the survival of the fittest
Flexibility is, in essence, the key to Darwin's whole notion of the survival of the fittest. Flexibility. Adaptation.

Saya bingung bagaimana menerjemahkan whole notion of the survival of the fittest.
Meidy Maringka
Indonesia
Indonesian translation:inti gagasan darwin tentang kemampuan mempertahankan keberadaan bagi yang terkuat
Explanation:
kalau dari Pusat Bahasa - sintasan bagi yang terbugar
Selected response from:

Hikmat
Indonesia
Grading comment
Ya, saya pilih usulan ini karena lebih sesuai dengan konteks keseluruhan.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +1inti gagasan darwin tentang kemampuan mempertahankan keberadaan bagi yang terkuat
Hikmat
5inti dari seluruh gagasan Darwin mengenai kesintasan bagi yang paling mampu menyesuaikan diri
Hipyan Nopri
4 +1gagasan menyeluruh Darwin tentang kesintasan bagi yang paling cocok
Erich Ekoputra
4teori Darwin mengenai hukum rimba
Amin Thohari
3inti teori Darwin tentang seleksi alam
Hadiyono Jaqin


Discussion entries: 1





  

Answers


17 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
darwin\'s whole notion of the survival of the fittest
teori Darwin mengenai hukum rimba


Explanation:
setelah googling, I found it.
survival of the fittest adalah teori yang dikemukakan oleh Si Do'i, yang berarti "Hukum Rimba", siapa yang kuat dialah yang menang.
http://www2.kompas.com/kompas-cetak/0603/17/humaniora/251513...

Amin Thohari
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

32 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
darwin's whole notion of the survival of the fittest
inti gagasan darwin tentang kemampuan mempertahankan keberadaan bagi yang terkuat


Explanation:
kalau dari Pusat Bahasa - sintasan bagi yang terbugar

Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 39
Grading comment
Ya, saya pilih usulan ini karena lebih sesuai dengan konteks keseluruhan.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Arfan Achyar
9 hrs

7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
darwin's whole notion of the survival of the fittest
gagasan menyeluruh Darwin tentang kesintasan bagi yang paling cocok


Explanation:
Di kolom bahasa Harian Kompas beberapa minggu lalu, ada yang menggugat makna "the fittest". Maka dari itu, usul saya adalah "paling cocok".

Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 36

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  leonardopatty: Atau yang paling mampu beradaptasi dengan lingkungannya
35 mins

10 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
darwin's whole notion of the survival of the fittest
inti teori Darwin tentang seleksi alam


Explanation:


Hadiyono Jaqin
Thailand
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

16 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
darwin's whole notion of the survival of the fittest
inti dari seluruh gagasan Darwin mengenai kesintasan bagi yang paling mampu menyesuaikan diri


Explanation:
Dalam pengerjaan order tempo hari, saya menemukan istilah baru, yaitu 'penyintas', yg diusulkan klien sebagai padanan 'survivor'.

Karena itu,
survival = kesintasan, kemampuan bertahan hidup

Selanjutnya, dg modal pengetahuan Biologi SMP/SMA, menurut pemahaman saya
the fittest = (mahluk hidup) yg paling mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dg lingkungan hidupnya

--------------------------------------------------
Note added at 17 hrs (2009-02-06 09:07:08 GMT)
--------------------------------------------------

Catatan tambahan:
the key to = inti dari (seharusnya dimasukkan sebagai bagian dari pertanyaan secara keseluruhan)

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20
Notes to answerer
Asker: Pak Hupyan, terima kasih masukannya, penjelasan yang sangat bagus dan rinci. Karena teks keseluruhan bersifat informal, maka saya memilih usulan yang lain. Jawaban yang berikan terlalu bersifat "baku dan ilmiah" utk teks yang sedang saya terjemahkan karena penulisnya meyampaikan idenya dengan gaya yang kocak dan ringan.