ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Mechanics / Mech Engineering

jig

Indonesian translation: Alat Pengarah

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:jig
Indonesian translation:Alat Pengarah
Entered by: Hikmat

14:15 Oct 10, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering
English term or phrase: jig
menurut oxford: a device that holds a piece of work and guides the tool operating on it.
Hikmat
Indonesia
Alat Pengarah
Explanation:
Ini saya dapat dari Politeknik Manufactur Timah (http://www.polman-timah.ac.id/content.php?id_content=J002)

Berikut ini adalah cuplikannya:

B. Kurikulum

Perancangan Mekanik Umum, seperti perancangan alat angkat dan pemindah, mesin perkakas, teknologi tepat guna, pompa, dan lain-lain.
Perancangan Peralatan yang terbagi:
Perancangan Alat Pengarah dan Penepat (Jig and Fixture)
Perancangan Cetakan Pelat (Presstool)
Perancangan Cetakan Plastik (Plastic Mould)

Mudah2 an cucok ...
Selected response from:

Indra Sofyar
Indonesia
Grading comment
Terima kasih buat jawabannya semua, pusing semuanya gak ada yang salah.... tapi mengingat target reader saya pakai alat pengarah karena lebih spesifik tapi dipahami namun tidak terlalu umum juga.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2ragum
ivo abdman
5alat bantu
Dita Wibisono
5alat bantu kerja
Hipyan Nopri
4 +1jig
M. Laut
4mesin ayak
Eddie R. Notowidigdo
3Alat Pengarah
Indra Sofyar


Discussion entries: 3





  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
jig


Explanation:
Sama dengan aslinya.

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 81

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  John Gare: From the context, this jig is the fixed frame used to locate structural components during assembly. e.g. 'pemeriksaan dan pengukuran master jig' in http://kurikulumsmk.freehosting.net/12Trbang/2krpu.htm
8 hrs
  -> Thanks, John

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
mesin ayak


Explanation:
Kang rupanya jig ada macam2 artinya. Aku kenal jig sebagai mesin ayak berupa meja yang dipasang agak miring dan dialiri air. Pasir timah dituang dan oleh karena gerak agitasi maka pasir dgn kandungan timah rendah hanyut terbuang dan yang kandungan timahnya tinggi di tampung dalam karung (concentrated). (maklum ex karyawan PT Timah) Ref. Webster's: device in which crushed ore is "concentrated" or coal is cleansed by agitating in water.


Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12
Notes to answerer
Asker: Thanks pak, mungkin ini konteksnya di pabrik secara umum: This step aims to completely remove all foreign substances such as dirt, dust, chips, grease, sludge and scraps, from the equipment, dies, tools and "JIGS".


3 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Alat Pengarah


Explanation:
Ini saya dapat dari Politeknik Manufactur Timah (http://www.polman-timah.ac.id/content.php?id_content=J002)

Berikut ini adalah cuplikannya:

B. Kurikulum

Perancangan Mekanik Umum, seperti perancangan alat angkat dan pemindah, mesin perkakas, teknologi tepat guna, pompa, dan lain-lain.
Perancangan Peralatan yang terbagi:
Perancangan Alat Pengarah dan Penepat (Jig and Fixture)
Perancangan Cetakan Pelat (Presstool)
Perancangan Cetakan Plastik (Plastic Mould)

Mudah2 an cucok ...

Indra Sofyar
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8
Grading comment
Terima kasih buat jawabannya semua, pusing semuanya gak ada yang salah.... tapi mengingat target reader saya pakai alat pengarah karena lebih spesifik tapi dipahami namun tidak terlalu umum juga.

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
alat bantu kerja


Explanation:
Di kamus Kamus Lengkap Teknik (Antoni, 1998),
jig = kontak mal
Di situs yg saya kutip di bawah ini:
jig = alat bantu kerja
Walaupun kedua sumber ini menggunakan dua istilah yg berbeda tapi maknanya sama saja.
3. Operator Mesin Standar, meliputi :
* Pengerjaan kayu secara masinal
* Pengembangan fungsi mesin
* Mal/jig (alat bantu kerja)



--------------------------------------------------
Note added at 7 hrs (2007-10-10 22:04:24 GMT)
--------------------------------------------------

jig = kontak mal = mal = alat bantu kerja


    Reference: http://www.pika-semarang.com/indonesia/pusatpelatihan/produk...
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 135

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
alat bantu


Explanation:
Kang, waktu saya kuliah ada mata kuliah namanya Jigs, Fixtures & Measurement Unit, judul bahasa indonesianya alat bantu dan alat ukur. Ini belajar tentang mengenal dan mendesain alat bantu suatu pekerjaan di pabrik, misalnya untuk 'memegang' bahan, memiringkan, cekam,
Semua itu alat bantu yang bisa diaplikasikan di pabrik.

Dita Wibisono
Native speaker of: Indonesian

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
ragum


Explanation:
Istilah yang kami sering pakai waktu praktikum di lab mesin. Juga sudah saya cek di KBBI

ra.gum n alat penjepit dr besi biasanya untuk menjepit besi yang akan dikikir dsb

--------------------------------------------------
Note added at 15 hrs (2007-10-11 05:17:39 GMT)
--------------------------------------------------

Jenis ragum sebenarnya banyak, yang utama bahwa ragum adalah alat bantu untuk menetapkan benda kerja (agar benda kerja tidak bergerak sewaktu diproses, baik secara manual atau menggunakan mesin). Kata guide dalam definisi oxford di atas atas bisa berarti mempedomani (sebagai pedoman/penuntun) ragum bergerak atau mesin yang bergerak ke arah satu sama lain (sebagian besar mesin yang mendekati ragum benda kerja yang diam).

Dua jenis ragum bisa dilihat gambarnya di
http://www.astronomyboy.com/eyepieces/jig.shtml
http://www1.freewebs.com/swasasi/ragum1.jpg


--------------------------------------------------
Note added at 15 hrs (2007-10-11 05:30:17 GMT)
--------------------------------------------------

"tool" dalam istilah mesin secara spesifik mengacu pada "perkakas" (kikir/serut/frais, bor, gergaji dan seterusnya) rather than "peralatan"

ivo abdman
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 55

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Ekoputra: Great alternative!
51 mins
  -> Thanks, Mr. Eko.

agree  Hadiyono Jaqin
12 days