KudoZ home » English to Indonesian » Mechanics / Mech Engineering

acknowledge

Indonesian translation: ditanggapi


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:acknowledge
Indonesian translation:ditanggapi
Entered by: Mohamad Rudi Atmoko

08:21 Oct 24, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Mechanics / Mech Engineering
English term or phrase: acknowledge
apakah arti "acknowledge" dalam kalimat "If the alarm is acknowledged with the reset key, the LED lights continuously."

Trims
Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
ditanggapi
Explanation:
‘acknowledge’ mempunyai berbagai arti tetapi dalam konteks alarm ada beberapa tahap, yaitu sending, receiving, acknowledging dan responding, atau dalam bentuk pasif sent, received, acknowledged and responded (to). Acknowledged berarti bahwa sinyal alarm tersebut sudah diketahui keberadaannya dan diambil suatu tindakan sehingga pengirim alarm tersebut mengetahui bahwa sinyal alarmnya sudah diketahui.

Ini ibarat perahu yang terapung di laut karena kehabisan bahan bakar. Setelah diadakan search and rescue perahu tersebut dilihat oleh pesawat pelacak. Sebagai tanda acknowledgment bahwa perahu tersebut sudah dilihat, pesawat tersebut mengedipkan lampunya tiga kali kemudian kembali ke markasnya dan sebuah helikopter dikirim untuk menjemput awak kapal tersebut.

Maka kalimat contoh dapat diterjemahkan “Apabila sinyal alarm ditanggapi dengan cara memencat tombol reset maka lampu LED akan menyala terus.”
Selected response from:

Ian Forbes
New Zealand
Grading comment
Terima kasih banyak Pak Ian, dan terima kasih juga untuk mas Ivo, mas Hikmat, mas M. Laut atas masukannya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +4ditanggapi
Ian Forbes
5Jika tombol reset ditekan sebagai tanda bahwa alarm telah menjangkau sasaran, maka lampu LED akan ..
ivo abdman
4dikenali
M. Laut
3 +1diterima
Hikmat


  

Answers


9 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
diterima


Explanation:
jika sinyal alarm diterima oleh kunci reset maka lampu LED akan membuat lampu terus menyala

Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 41

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Erich Ekoputra
22 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +4
ditanggapi


Explanation:
‘acknowledge’ mempunyai berbagai arti tetapi dalam konteks alarm ada beberapa tahap, yaitu sending, receiving, acknowledging dan responding, atau dalam bentuk pasif sent, received, acknowledged and responded (to). Acknowledged berarti bahwa sinyal alarm tersebut sudah diketahui keberadaannya dan diambil suatu tindakan sehingga pengirim alarm tersebut mengetahui bahwa sinyal alarmnya sudah diketahui.

Ini ibarat perahu yang terapung di laut karena kehabisan bahan bakar. Setelah diadakan search and rescue perahu tersebut dilihat oleh pesawat pelacak. Sebagai tanda acknowledgment bahwa perahu tersebut sudah dilihat, pesawat tersebut mengedipkan lampunya tiga kali kemudian kembali ke markasnya dan sebuah helikopter dikirim untuk menjemput awak kapal tersebut.

Maka kalimat contoh dapat diterjemahkan “Apabila sinyal alarm ditanggapi dengan cara memencat tombol reset maka lampu LED akan menyala terus.”


Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 19
Grading comment
Terima kasih banyak Pak Ian, dan terima kasih juga untuk mas Ivo, mas Hikmat, mas M. Laut atas masukannya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Eva Nukman: setuju. tadi saya terpikir "dinyatakan diterima", tapi terlalu panjang. dalam konteks alaram: acknowledge - an action to verify. lengkapnya lihat http://www.asisonline.org/library/glossary/a.xml
4 mins

agree  Hipyan Nopri
3 hrs

agree  Hengky Chiok
4 hrs

agree  Lambang Tirto
6 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
dikenali


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 81

19 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
If the alarm is acknowledged with the reset key, the LED lights continuously.
Jika tombol reset ditekan sebagai tanda bahwa alarm telah menjangkau sasaran, maka lampu LED akan ..


Explanation:
istilah ini sering digunakan dalam IT, arti sebenarnya adalah seperti dapat ditemukan dalam Kamus Merriam-Webster

Main Entry:acknowledge
Pronunciation:ik*n*lij, ak-, *k-, -*j, -*j, Brit sometimes -*l-
Function:verb
Inflected Form:-ed/-ing/-s
Etymology:ac- (as in acknow) + knowledge

transitive verb
1 : to show by word or act that one has knowledge of and agrees to (a fact or truth) *ends generally acknowledged to be good T.B.Macaulay* : concede to be real or true *acknowledge that the bombing T was a mistake Norman Cousins* : ADMIT

Maksudnya "acknowledge" adalah suatu pengakuan/konfirmasi dari suatu sasaran pemberitahuan (dalam konteks di atas berupa alarm) bahwa pesan pemberitahuannya sudah sampai/diterimanya. Cara konfirmasinya dalam konteks di atas adalah dengan menekan tombol reset

Contoh sederhananya. Seorang ayah berkata kepada anaknya yang bisu, "kalau kamu mengerti, (beri konfirmasi/tegaskan dengan) anggukan kepalamu ya nak"

Untuk efektifnya saya usulkan dikonfirmasi.


--------------------------------------------------
Note added at 7 hrs (2007-10-24 16:05:01 GMT)
--------------------------------------------------

untuk contoh sederhana lainnya
http://www.armystudyguide.com/content/the_tank/army_report_a...

--------------------------------------------------
Note added at 17 hrs (2007-10-25 01:34:28 GMT)
--------------------------------------------------

Memang tidak ada padanan satu kata yang 100% tepat untuk acknowledge dalam bahasa Indonesia dalam konteks kalimat tersebut.

Contoh
Seorang ayah berkata kepada anaknya yang bisu, "Kalau kamu mengerti, anggukkan kepalamu ya nak".

anggap teks di atas tidak ada

Seorang ayah menjelaskan sesuatu kepada anaknya yang bisu dan bertanya kepadanya apakah ia sudah mengerti, spontan anak itu menganggukkan kepala sebagai tanda bahwa ia sudah mengerti

Menurut hemat saya, harus dilakukan manuver agar tercapai pendekatan optimum maksud penulis asli teks tersebut (memahami maksud sebenarnya dari penulis) oleh kebanyakan orang Indonesia.

Teks Asli;
"If the alarm is acknowledged with the reset key, the LED lights continuously."

Translasi yang agak literal:
Jika alarm dikonfirmasi dengan menekan tombol reset, maka lampu LED akan terus menyala

Translasi dengan pendekatan Gaya Bahasa Indonesia yang lazim:
Jika tombol reset ditekan sebagai tanda bahwa alarm telah menjangkau sasaran, maka lampu LED akan terus menyala

IMHO


--------------------------------------------------
Note added at 19 hrs (2007-10-25 03:48:49 GMT)
--------------------------------------------------

oh ya tombol reset di sini padanannya adalah tombol setelan awal, tombol setelan asal atau tombol setelan asli

--------------------------------------------------
Note added at 1 day3 hrs (2007-10-25 12:15:25 GMT)
--------------------------------------------------

Untuk lebih tepatnya

Jika tombol reset ditekan sebagai konfirmasi bahwa alarm telah menjangkau sasaran, maka lampu LED akan terus menyala

ivo abdman
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 55