KudoZ home » English to Indonesian » Media / Multimedia

Invisible laser radiation when open and interlocks defeated

Indonesian translation: radiasi sinar laser tak-tampak terjadi bila selubung laser terbuka dan kunci pengaman dimatikan


01:21 May 1, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Tech/Engineering - Media / Multimedia
English term or phrase: Invisible laser radiation when open and interlocks defeated
Written on a DVD manual on the laser safety section.
indonesian
Singapore
Indonesian translation:radiasi sinar laser tak-tampak terjadi bila selubung laser terbuka dan kunci pengaman dimatikan
Explanation:
Berdasarkan rujukan berikut dapat disimpulkan bahwa
a. Komponen yg menghasilkan sinar laser pada DVD player diamankan dg 'laser enclosure' (selubung laser). Kalau selubung laser ini dibuka akan terjadi radiasi sinar laser terlihat/tak-terlihat. Sebaliknya, kalau selubung ini tertutup, radiasi yg terjadi tidak akan keluar dan membahayakan manusia.
b. Safety interlocks (kunci pengaman) berfungsi untuk mematikan komponen penghasil sinar laser saat selubung laser dibuka. Kalau kunci pengaman ini dimatikan (defeated), maka akan terjadi radiasi sinar laser. Sebaliknya, walaupun selubung laser terbuka, radiasi sinar laser tidak akan terjadi bila kunci pengaman tsb dihidupkan.

Karena itu, saya menyimpulkan
Yg 'open' (terbuka) pada kalimat di atas adalah 'laser enclosure' (selubung laser).
Yg dimaksud dg 'interlocks' adalah 'safety interlocks' (kunci pengaman).
Karena selubung lasernya terbuka dan kunci pengamannya dimatikan, maka terjadilah radiasi sinar laser.

1. Safety Glasses required when servicing the system, or operating the laser with cabinet parts removed and safety interlocks defeated.
. . . when *the laser is firing* with any *interlocks defeated* or *doors open.*
Safety Interlocks
The interlocks prevent operation of the laser when any doors are left open.

2. The procedures that follow may require that the laser system be operated with one or more interlocks defeated and/or protective covers open or removed. This may expose the operator to potentially hazardous visible and invisible radiation.

3. Interlock: A device that precludes radiation exposure to an individual by preventing entry to a hazardous area or by automatically removing the hazard.

4. To prevent direct exposure to laser beam, do not try to open *the enclosure.* Visible and invisible laser radiation when open and interlocks defeated.
www.teosys.com/Papers/LMS 550 System Manual.pdf
www.sonigem.com/uploaded_files/manual_archive/DVD815-eng.pd...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
thx
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5radiasi sinar laser tak-tampak terjadi bila selubung laser terbuka dan kunci pengaman dimatikan
Hipyan Nopri
4radiasi laser yang tidak terlihat saat proses membuka dan saling mengunci gagal
Hikmat
4memancarkan laser tak kasat mata jika terbuka dan pengunci tak berfungsi
Erich Ekoputra
4terjadi radiasi sinar laser yang tak terlihat bila dibuka dan kunci pengaman dimatikanAilsa Rachman
3radiasi laser tak tampak ketika proses pembukaan dan penyelerasan gagal
ivo abdman
3Radiasi laser tak kasat mata ketika proses pembukaan dan ikat mengikat gagal
Sari Gonneau


  

Answers


2 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
invisible laser radiation when open and interlocks defeated
radiasi laser yang tidak terlihat saat proses membuka dan saling mengunci gagal


Explanation:
my understanding

Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 6

47 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
invisible laser radiation when open and interlocks defeated
memancarkan laser tak kasat mata jika terbuka dan pengunci tak berfungsi


Explanation:
Saya kira, bentuk kerja (memancarkan) penting di sini u/ membuat lebih jelas maksud kalimat ini.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 16

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
invisible laser radiation when open and interlocks defeated
radiasi laser tak tampak ketika proses pembukaan dan penyelerasan gagal


Explanation:
visible light = cahaya tampak
invisible light = cahaya tak tampak

defeated = failed

interlock
3 : a mechanism for or the act of synchronizing a motion-picture camera and sound-recording devices


ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
invisible laser radiation when open and interlocks defeated
radiasi sinar laser tak-tampak terjadi bila selubung laser terbuka dan kunci pengaman dimatikan


Explanation:
Berdasarkan rujukan berikut dapat disimpulkan bahwa
a. Komponen yg menghasilkan sinar laser pada DVD player diamankan dg 'laser enclosure' (selubung laser). Kalau selubung laser ini dibuka akan terjadi radiasi sinar laser terlihat/tak-terlihat. Sebaliknya, kalau selubung ini tertutup, radiasi yg terjadi tidak akan keluar dan membahayakan manusia.
b. Safety interlocks (kunci pengaman) berfungsi untuk mematikan komponen penghasil sinar laser saat selubung laser dibuka. Kalau kunci pengaman ini dimatikan (defeated), maka akan terjadi radiasi sinar laser. Sebaliknya, walaupun selubung laser terbuka, radiasi sinar laser tidak akan terjadi bila kunci pengaman tsb dihidupkan.

Karena itu, saya menyimpulkan
Yg 'open' (terbuka) pada kalimat di atas adalah 'laser enclosure' (selubung laser).
Yg dimaksud dg 'interlocks' adalah 'safety interlocks' (kunci pengaman).
Karena selubung lasernya terbuka dan kunci pengamannya dimatikan, maka terjadilah radiasi sinar laser.

1. Safety Glasses required when servicing the system, or operating the laser with cabinet parts removed and safety interlocks defeated.
. . . when *the laser is firing* with any *interlocks defeated* or *doors open.*
Safety Interlocks
The interlocks prevent operation of the laser when any doors are left open.

2. The procedures that follow may require that the laser system be operated with one or more interlocks defeated and/or protective covers open or removed. This may expose the operator to potentially hazardous visible and invisible radiation.

3. Interlock: A device that precludes radiation exposure to an individual by preventing entry to a hazardous area or by automatically removing the hazard.

4. To prevent direct exposure to laser beam, do not try to open *the enclosure.* Visible and invisible laser radiation when open and interlocks defeated.
www.teosys.com/Papers/LMS 550 System Manual.pdf
www.sonigem.com/uploaded_files/manual_archive/DVD815-eng.pd...


    Reference: http://www.coherent.com/Service/index.cfm?fuseaction=Forms.p...
    Reference: http://www.hc-sc.gc.ca/ewh-semt/pubs/radiation/safety-code_3...
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
thx

4 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
invisible laser radiation when open and interlocks defeated
Radiasi laser tak kasat mata ketika proses pembukaan dan ikat mengikat gagal


Explanation:
interlock = ikat mengikat

defeated= gagal

Sari Gonneau
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

8 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
invisible laser radiation when open and interlocks defeated
terjadi radiasi sinar laser yang tak terlihat bila dibuka dan kunci pengaman dimatikan


Language variant: terjadi radiasi sinar laser yang tak tampak bila dibuka dan kunci pengaman dimatikan

Explanation:
Kata terjadi diletakkan di depan agar lebih terjadi penekanan

Ailsa Rachman