KudoZ home » English to Indonesian » Medical: Health Care

resting length = keadaan istirahat?

Indonesian translation: panjang otot saat rileks


01:45 Jan 14, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Medical: Health Care / pharmacology
English term or phrase: resting length = keadaan istirahat?
Ini kalimat utuhny:
'If a muscle cell is stimulated when the resting length is very short, a powerfull contraction cannot occur, because the sarcomers are already at minimum size.'

Sepertinya maksud dari istilah tersebut adalah kondisi sebelum sel otot terstimulasi, tapi istilah yang tepat dalam bahasa indonesia?
Rani Eka
Indonesian translation:panjang otot saat rileks
Explanation:
Itu saran saya untuk istilah yang diberikan tetapi ‘tricky’ juga untuk mengepaskannya dengan konteks yang diberikan. Barangakali ‘Apabila suatu sel otot distimulasikan ketika panjang otot tersebut pendek sekali saat dalam keadaan rileks, (maka) … .
Selected response from:

Ian Forbes
New Zealand
Grading comment
terima kasih banyak pa Ian
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +4panjang otot saat rileks
Ian Forbes
5panjang otot normal
Hipyan Nopri
4 +1rentangan / rentang lemas
Erich Ekoputra
5jeda relaksasi
ivo abdman
4lamanya berhenti sementara dari kegiatan
M. Laut


Discussion entries: 1





  

Answers


36 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
lamanya berhenti sementara dari kegiatan


Explanation:
<><><><>

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 23

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +4
panjang otot saat rileks


Explanation:
Itu saran saya untuk istilah yang diberikan tetapi ‘tricky’ juga untuk mengepaskannya dengan konteks yang diberikan. Barangakali ‘Apabila suatu sel otot distimulasikan ketika panjang otot tersebut pendek sekali saat dalam keadaan rileks, (maka) … .


    Reference: http://home.unpar.ac.id/~integral/Volume%206/Integral%206%20...
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 8
Grading comment
terima kasih banyak pa Ian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  ivo abdman: tricky = jebakan ? maksudnya apa nih :) ?
1 hr
  -> Halo Mas Ivo. Maksudku, waktu saya mencoba menerjemahkan kalimat konteks saya mengalami kesulitan sehingga saya menggunakan istilah ‘tricky’. (tricky di Selandia Baru berarti sulit).

agree  Zein Isa: length di sini saya rasa mengacu pada panjang fisik sel otot, bukan lamanya waktu.
2 hrs
  -> Thanks Ziwwen

agree  Hadiyono Jaqin
4 hrs
  -> Thanks Hadiyono

agree  Kardi Kho: ...dan re tricky bukan hanya di Selandia Baru saja, di mana2 juga ;)
11 hrs
  -> Thanks Kardi

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
jeda relaksasi


Explanation:
Alternatif yang Anda usulkan sangat baik cukup dihaluskan sedikit saja lagi.

Ada alternatif lain yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:

resting length ---> a pause for relaxation

atau alternatif yang lebih Indonesia lagi ---> jeda pengenduran otot

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
resting length
rentangan / rentang lemas


Explanation:
Tafsiran saya sama dengan Ian: ini adalah rentangan otot saat relaksasi, bukan saat ditegangkan/kontraksi. Nah, lawan otot tegang / bekerja adalah otot lemas / istirahat.

Agar tidak tabrakan dengan bagian selebihnya, alih2 panjang, digunakan rentang atau rentangan.

Terjemahan jadi kira2:
"Jika sebuah sel otot terstimulasi saat rentang lemasnya minimal/pendek sekali ...."

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 39

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  tjana: terjemahan yg bagus dan pas di telinga
1 day2 hrs

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
resting length
panjang otot normal


Explanation:
resting = keadaan normal otot atau keadaan otot saat tidak berkontraksi
length = panjang

Referensi:
Resting length: the length at rest from which a muscle develops maximum isometric tension.


    Reference: http://cancerweb.ncl.ac.uk/cgi-bin/omd?resting+length
    Reference: http://muscle.ucsd.edu/musintro/contractions.shtml
Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 40