ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Medical (general)

appointment slip

Indonesian translation: slip janji [konsultasi]

07:16 May 4, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Medical (general)
English term or phrase: appointment slip
Dalam konteks membuat appointment with a nurse, doctor of mental health professional. Kalimat lengkapnya:
You will receive an appointment slip notifying you of your appointment day and time.
David Andersen
Australia
Indonesian translation:slip janji [konsultasi]
Explanation:

Dua kata yang barangkali belum pernah bertemu kini dipertemukan: slip dan janji temu.

Kata pertama sudah lama diserap ke dalam bahasa Indonesia. Makna dasarnya dalam konteks ini di KBBI adalah: slip n carik kertas (biasanya berukuran seperempat folio). Carik kertas ini sejauh ini dipakai untuk bukti pembayaran, antara lain yang populer. slip gaji, slip pembayaran, slip setoran.

Di sisi lain appointment sudah pernah ditanyakan oleh Pak David sendiri di sini: http://www.proz.com/kudoz/english_to_indonesian/medical:_hea... . Dalam kesempatan tersebut, jawaban yang dipilih adalah janji konsultasi.

Jika ruang terbatas, slip janji seharusnya cukup pendek. Jika panjang-pendek terjemahan tidak masalah, konsistensi dengan pilihan lama: slip janji konsultasi, bisa lebih utama.

Ref: http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1249548411/imigran-gela...
Seorang imigran gelap Afghanistan menunjukan
slip perjanjian wawancara dari UNHCR yang sudah kadaluarsa, di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Riau...
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih atas kesimpulannya. Memang sering kali pakai loan word paling komunikatif
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1slip janji [konsultasi]
Erich Ekoputra
4slip janji kunjungan
Rudolf Frans Maulany
4jadwal konsultasi
Hipyan Nopri
4lembar perjanjian
Wiyanto Suroso
4Surat janji temu
Ano Jumisa


  

Answers


8 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
lembar perjanjian


Explanation:
AGENDA PERJANJIAN (Appointment form)

5. Waktu perjanjian (Appointment time)

http://khafifsyaifuddin.blogspot.com/2011/11/contoh-form-pen...

Misalnya, Anda akan diminta untuk menunjukkan catatan atau pencatatan waktu, lembar atau slip pembayaran, pembayaran tunjangan sosial, serta dokumentasi kesehatan dan keselamatan seperti catatan pelatihan, penilaian risiko dan lembar data keamanan.

http://www.bsci-intl.org/system/files/bsci_-_industrial_prod...



Wiyanto Suroso
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 31

18 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Surat janji temu


Explanation:
surat janji temu

http://www.ppac.co.id/id/ppac_services/make_an_appointment.h...

atau bisa juga menggunakan "surat permintaan pertemuan"



Ano Jumisa
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
slip janji [konsultasi]


Explanation:

Dua kata yang barangkali belum pernah bertemu kini dipertemukan: slip dan janji temu.

Kata pertama sudah lama diserap ke dalam bahasa Indonesia. Makna dasarnya dalam konteks ini di KBBI adalah: slip n carik kertas (biasanya berukuran seperempat folio). Carik kertas ini sejauh ini dipakai untuk bukti pembayaran, antara lain yang populer. slip gaji, slip pembayaran, slip setoran.

Di sisi lain appointment sudah pernah ditanyakan oleh Pak David sendiri di sini: http://www.proz.com/kudoz/english_to_indonesian/medical:_hea... . Dalam kesempatan tersebut, jawaban yang dipilih adalah janji konsultasi.

Jika ruang terbatas, slip janji seharusnya cukup pendek. Jika panjang-pendek terjemahan tidak masalah, konsistensi dengan pilihan lama: slip janji konsultasi, bisa lebih utama.

Ref: http://www.antarafoto.com/peristiwa/v1249548411/imigran-gela...
Seorang imigran gelap Afghanistan menunjukan
slip perjanjian wawancara dari UNHCR yang sudah kadaluarsa, di Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Pekanbaru, Riau...


Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 63
Grading comment
Terima kasih atas kesimpulannya. Memang sering kali pakai loan word paling komunikatif

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rosmeilan Siagian
1 day22 hrs

17 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
jadwal konsultasi


Explanation:
Karena 'appointment slip' merupakan surat yg menyatakan rencana pertemuan pada tanggal dan waktu tertentu, maka 'jadwal pertemuan' merupakan padanan dg makna yg pas.

Namun demikian, karena 'pertemuan' terlalu bersifat umum sebaiknya diganti dg 'konsultasi'. 'Konsultasi' memberikan gambaran yg lebih tepat untuk 'pertemuan antara pasien dg dokter'.

Jadi, appointment slip = jadwal konsultasi

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 23

423 days   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
slip janji kunjungan


Explanation:
there is no simple translation for appointment, therefore, it is better to use slip janji kunjungan

Example sentence(s):
  • appointment slip
  • slip janji kunjungan
Rudolf Frans Maulany
Netherlands
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian