ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Military / Defense

firelock

Indonesian translation: firelock (jenis senjata api)

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:firelock
Indonesian translation:firelock (jenis senjata api)
Entered by: Vincentius Mariatmo

15:37 May 27, 2009
English to Indonesian translations [Non-PRO]
Tech/Engineering - Military / Defense
English term or phrase: firelock
ada hubungannya dengan senjata; minta padanan katanya dalam bahasa Indonesia, atau setidaknya penjelasan.
lwijaya
firelock
Explanation:
Saya rasa tidak ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang cocok, karena firelock/flintlock ini sendiri mengacu pada senjata api di abad 17 - 19 beserta dengan mekanisme yang mereka gunakan. Mungkin lebih baik jika ditulis dengan bentuk garis miring dan diberi keterangan (jenis senjata api)

Lock = kunci
Flint(stone) = sejenis batu sedimen

Definisi dan mekanismenya dalam bahasa Inggris dapat dilihat pada link referensi di bawah. Secara gamblang, ada kunci pengaman dalam mekanisme flintlock, dan saat pelatuk ditarik batu flint ini menghantam besi yang memicu percikan api pada mesiu dan melontarkan peluru.

Semoga membantu.
Selected response from:

Vincentius Mariatmo
Grading comment
Thank you!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
3 +1firelock
Vincentius Mariatmo
4bubuk mesiu
M. Laut
4senapan mesiu
Wiyanto Suroso
3musket percik
Erich Ekoputra
3kunci pengaman letusan
Hikmat


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
kunci pengaman letusan


Explanation:
agar tidak meletus secara tidak sengaja

Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 12

14 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
senapan mesiu


Explanation:
flintlock:
1. A firearm having this type of gunlock. Also called "firelock".
2. An obsolete gun in which the powder was lit by a spark produced by a flint.

http://www.thefreedictionary.com/flintlock

Wiyanto Suroso
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

52 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
bubuk mesiu


Explanation:
<><><>

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
firelock


Explanation:
Saya rasa tidak ada padanan kata dalam bahasa Indonesia yang cocok, karena firelock/flintlock ini sendiri mengacu pada senjata api di abad 17 - 19 beserta dengan mekanisme yang mereka gunakan. Mungkin lebih baik jika ditulis dengan bentuk garis miring dan diberi keterangan (jenis senjata api)

Lock = kunci
Flint(stone) = sejenis batu sedimen

Definisi dan mekanismenya dalam bahasa Inggris dapat dilihat pada link referensi di bawah. Secara gamblang, ada kunci pengaman dalam mekanisme flintlock, dan saat pelatuk ditarik batu flint ini menghantam besi yang memicu percikan api pada mesiu dan melontarkan peluru.

Semoga membantu.


    Reference: http://en.wiktionary.org/wiki/firelock
    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Firelock
Vincentius Mariatmo
Native speaker of: Indonesian
Grading comment
Thank you!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
11 hrs
  -> Terima kasih Pak Ikram ^^

2 days11 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
musket percik


Explanation:
Berdasarkan definisi dari Oxford:

firelock (noun) a musket in which the priming is ignited by sparks

Dan referensi dari wiki.



Example sentence(s):
  • Musket adalah senjata yang populer pada waktu di antara abad ke-15 sampai pertengahan abad ke-19. Kata-kata "Musket", berasal dari bahasa Italia "Moschetto" ...

    Reference: http://id.wikipedia.org/wiki/Musket
Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8




Voters for reclassification
as
PRO / non-PRO
PRO (1): Erich Ekoputra