KudoZ home » English to Indonesian » Other

Social Security Number

Indonesian translation: Nomor Jaminan Sosial


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Social Security Number
Indonesian translation:Nomor Jaminan Sosial
Entered by: Alief Yahya

18:09 Jul 17, 2002
English to Indonesian translations [PRO]
English term or phrase: Social Security Number
Setiap warga negara AS maupun warga asing yang bekerja secara resmi di AS memiliki SSN. Bagaimana caranya menyatakan 'SSN' ini dalam Bahasa Indonesia, Nomor Pengaman Sosial?, Terimakasih.
Alief Yahya
Indonesia
Nomor Jaminan Sosial
Explanation:
Saya kira itu terjemahan yang tepat. Nomor ini berlaku di Amerika Serikat. Keterangan lengkapnya sudah disampaikan penjawab sebelumnya yang menerangkan secara detail tentang SSN dan peraturannya.
Selected response from:

Abdul Mukhid
Indonesia
Grading comment
Saya rasa ini lebih tepat. Saya kemudian juga menemukan beberapa artikel berbahasa Indonesia di web yang menggunakan istilah ini. Tergantung sikon, mungkin ada baiknya juga untuk menampilkan baik kata asli maupun istilah Indonesianya seperti usul rekan Lenah Susianty.
Terimakasih.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +6Nomor Jaminan Sosial
Abdul Mukhid
5Nomor KTP
M. Laut
5SSN = ASTEKeldira
4SSNOscar Rompis
4Kartu Identitas DiriDaisy Subakti


  

Answers


55 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
Nomor KTP


Explanation:
Nomor Kartu Tanda Penduduk.

M. Laut
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in pair: 941

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Kartu Identitas Diri


Explanation:
Kalau di Indonesia, Social Security Number itu disebut KTP. Jadi, mungkin tidak perlu diterjemahkan, tetapi diberikan catatan kaki (footnote).

Daisy Subakti
Indonesia
PRO pts in pair: 20

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
SSN


Explanation:
Di Amerika Serikat, SSN (Social Security Number) biasanya dalam bentuk KARTU diterbitkan oleh SSA (Social Security Administration). SSN ini diperlukan yang berkaitan dengan kewajiban Perpajakan dengan IRS (Inter Revenue Service). Kegunaannya, dari pihak SSA akan memberikan bantuan keuangan pada waktu mulai berumur 62 tahun atau bila ybs mengalami cacad mental dan/atau cacad fisik, termasuk juga unemployment benefit (seseorang kehilangan pendapatan). SSN ini juga diperlukan untuk mengajukan permohonan kredit. Yang dimaksud arti SSN untuk di Indonesia sama dengan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).


--------------------------------------------------
Note added at 2002-07-17 21:37:00 (GMT)
--------------------------------------------------

Koreksi kesalah ketik: IRS (Internal Revenue Service). Peraturan baru di Amerika Serikat berlaku mulai tgl. 1 Maret 2002 dimana SSA tidak akan memberikan lagi SSN kepada warga pendatang hanya untuk maksud mendapatkan DL (Driver License) atau di Indoensia disebut SIM (Surat Ijin Mengemudi). SSN juga kini sulit untuk didapatkan lagi tanpa menunjukkan Kartu Ijin Kerja (Employment Authorization) dan/atau KIM (Kartu Ijin Menetap) yang dikenal di USA dengan nama \"Green Card\" (warnanya kini sudah berubah menjadi Pink). Bagi warga Pendatang (warga asing) dimaksud diatas hanya berdiam sementara untuk melakukan transaksi perbankan atau perpajakan cukup dengan mendapatkan TIN (Tax identification Number) dan tidak perlu lagi SSN seperti dulu mudah didapat walau dalam Kartu tertulis \"Not valid for employment\".



Oscar Rompis
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 8

7 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +6
Nomor Jaminan Sosial


Explanation:
Saya kira itu terjemahan yang tepat. Nomor ini berlaku di Amerika Serikat. Keterangan lengkapnya sudah disampaikan penjawab sebelumnya yang menerangkan secara detail tentang SSN dan peraturannya.

Abdul Mukhid
Indonesia
Native speaker of: Indonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in pair: 233
Grading comment
Saya rasa ini lebih tepat. Saya kemudian juga menemukan beberapa artikel berbahasa Indonesia di web yang menggunakan istilah ini. Tergantung sikon, mungkin ada baiknya juga untuk menampilkan baik kata asli maupun istilah Indonesianya seperti usul rekan Lenah Susianty.
Terimakasih.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  xxxR.J.Chadwick
12 mins

agree  Rayindra: KTP is more to "ID Card"; although The Social Security number has become a kind of de facto universal identifier in the US. The card itself bore the legend of "NOT FOR IDENTIFICATION". US & UK does not have a national ID Card (KTP)
2 hrs

agree  Kardi Kho
2 hrs

agree  PDelima
6 hrs

agree  Lenah Susianty: seyuju, tapi apa bisa disebut juga nomor asuransi sosial? mengingat ini memang sejenis asuransi yang diberikan pemerintah? saya usulkan bahasa inggrisnya dipertahankan dan kemudian dalam kurung diberi terjemahan atau mungkin lebih pas penjelasan)
9 hrs
  -> Thanks for selecting my answer

agree  Hadiyono Jaqin
2481 days

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
SSN = ASTEK


Explanation:
Astek or Asuransi Tenaga Kerja operates along similar lines to SSN but only provides old age
pension (at the age of 55), no unemployment benefits. 2% of the employees salary is deducted monthly, while the company contributes
3%.

Even though not exactly the same, this would probably be the most easily understood translation
for an Indonesian audience.


eldira
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 275