KudoZ home » English to Indonesian » Other

mediated learning

Indonesian translation: Pembelajaran Mediasi


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Mediated Learning
Indonesian translation:Pembelajaran Mediasi
Entered by: Susi Septaviana

05:19 Jan 11, 2003
English to Indonesian translations [PRO]
/ Special Needs Education
English term or phrase: mediated learning
Mediated learning as a psychological concept in this context, is based
Reuven Feuerstein's theory of Mediated Learning Experience.
Susi Septaviana
Indonesia
Pembelajaran termediasi
Explanation:
Mediated Learning Experience (MLE) merupakan teori yang dikemukakan oleh Reuven Feuerstein, seorang Psikolog Israel, tentang metode pembelajaran yang termediasi. Metode pembelajaran ini agak berbeda dengan metode konvensional, dimana yang menonjol dari metode ini adalah kualitas interaksi antara yang diajar dengan pengajarnya, yang biasanya disebut dengan 'mediator'. Fungsi mediator ini agak berbeda dengan guru.
Untuk jelasnya Anda dapat melihat penjelasan lengkapnya di websitenya MLE:

http://www.icelp.org/Pages/WhatIsMLE.htm

Untuk terjemahan bakunya, saya juga belum pernah mendengarnya. Tapi menurut pendapat saya 'mediated learning' bisa diterjemahkan sebagai 'pembelajaran termediasi'. Apabila rekan2 lain dapat memberikan masukan yang lebih baik atau mungkin terjemahan bakunya, maka ini akan sangat membantu.
Selected response from:

Kardi Kho
Indonesia
Grading comment
Terima Kasih, Referensinya terutama sangat bermanfaat. memang belum ada terjemahan bakunya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1Pembelajaran termediasi
Kardi Kho
3 +1Pembelajaran Jarak Jauheldira


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
Pembelajaran Jarak Jauh


Explanation:
Mediated learning memanfaatkan teknologi mutakhir seperti komputer, internet, video conferencing, saluran parabola, dll. untuk menunjang dan membuat pendidikan lebih terjangkau secara nasional /global

Sumber-sumber:

FUSILKOM: UI
Pengembangan Course Manager pada Computer Mediated Learning Berbasis Web
vlsm.org/fusilkom-ui/fusilkom-02-s102.html

Hobarth-Malang Electronic Mail Project, to chronicle their rich year-long exchanges with peers attending
the Malang School in Indonesia. ... Machine-Mediated Learning, 4, 91–113 ...
www.iste.org/L&L/26/1/feature/
virtual-architecture.wm.edu/Foundation/ Articles/Structures.pdf

THE NEXT LEAP FOR INTERNET-MEDIATED LEARNING
people.uis.edu/rschr1/onlinelearning/ archive/2002_01_06_archive.html

Web-mediated learning has shown a number of advantages in education and training. For one thing, there is an opportunity for course participants to work collaboratively at a distance that makes it possible to gain insights from joining a wide mix of learning partners that could have social backgrounds farthest from one’s own
http://www.seameo.org/vl/library/dlwelcome/publications/pape...

That the use of the term "Mediated Learning" be ended and replace
with "Distance Studies". ... www.uwo.ca/univsec/senate/minutes/1998/m9802sen.html

Semoga bermanfaat

--------------------------------------------------
Note added at 2003-01-11 06:25:21 (GMT)
--------------------------------------------------

maaf tidak langsung menjawab pertanyaan anda, yang menyangkut aspek psikologi dari bimbingan/dukungan belajar

eldira
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 275

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Abdul Karim: Pembelajaran Jarak Jauh (mediated learning); beberapa kalangan pendidikan menggunakan istilah 'belajar' untuk 'learning' dan 'instructional' untuk 'pembelajaran'
9 hrs
  -> terima kasih atas masukan dan konfirmasi anda.

neutral  Kardi Kho: saya rasa mediated learning disini artinya berbeda. Lihat penjelasan saya di bawah ini.
18 hrs

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
Pembelajaran termediasi


Explanation:
Mediated Learning Experience (MLE) merupakan teori yang dikemukakan oleh Reuven Feuerstein, seorang Psikolog Israel, tentang metode pembelajaran yang termediasi. Metode pembelajaran ini agak berbeda dengan metode konvensional, dimana yang menonjol dari metode ini adalah kualitas interaksi antara yang diajar dengan pengajarnya, yang biasanya disebut dengan 'mediator'. Fungsi mediator ini agak berbeda dengan guru.
Untuk jelasnya Anda dapat melihat penjelasan lengkapnya di websitenya MLE:

http://www.icelp.org/Pages/WhatIsMLE.htm

Untuk terjemahan bakunya, saya juga belum pernah mendengarnya. Tapi menurut pendapat saya 'mediated learning' bisa diterjemahkan sebagai 'pembelajaran termediasi'. Apabila rekan2 lain dapat memberikan masukan yang lebih baik atau mungkin terjemahan bakunya, maka ini akan sangat membantu.



    Reference: http://www.icelp.org/Pages/WhatIsMLE.htm
Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 1252
Grading comment
Terima Kasih, Referensinya terutama sangat bermanfaat. memang belum ada terjemahan bakunya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Abdul Mukhid
1 day6 hrs
  -> thanks