KudoZ home » English to Indonesian » Other

country >< town >< city

Indonesian translation: bangsa, negara, "daerah", kota kecil, kota besar


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:country, town, city
Indonesian translation:bangsa, negara, "daerah", kota kecil, kota besar
Entered by: Arika

06:50 Jan 15, 2003
English to Indonesian translations [Non-PRO]
/ other
English term or phrase: country >< town >< city
apa bedanya ?
aning
bangsa, negara, "daerah", kota kecil, kota besar
Explanation:
Country ada dua arti, satu negara atau bangsa, dua "daerah" dalam arti plosok, yang bukan perkotaan.
Town berarti kota kecil.
City, kota besar, metropolitan, atau municipality, yaitu bagian administrasi politik, mis Kotamadya Bogor mungkin bisa jadi City of Bogor.
Selected response from:

Arika
Australia
Grading comment
Graded automatically based on peer agreement. KudoZ.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2bangsa, negara, "daerah", kota kecil, kota besar
Arika
5Coba lihat ini
Abdul Mukhid
5MencobaChris Rowson
4Lihat penjelasan berikut
Kardi Kho
4country, town, city
jerrie
3nation, small city, metropolisMarie Scarano


Discussion entries: 1





  

Answers


57 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
nation, small city, metropolis


Explanation:
I assume you want to know the differences in meaning here:
country can mean a nation - like France, Spain, Holland, etc.
It can also mean the opposite of city - a rural (farming)or undeveloped area -

town is a big village or a small city. There are no specific parameters - just a small municipality

city, instead, is bigger and more diversified than a town. New York, Paris, Rome, Madrid, Tokyo are all cities - not towns.

Marie Scarano
Italy
Native speaker of: English

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
Mencoba


Explanation:
“Country” berdua artinya. Bisa berarti “negara”, atau sekitar bagai “alam” dan “tanah”. Menurut Amerika “city” dan “town” berarti sama kota. “Town” lebih longgarnya. Menurut England “city” berarti kota besar, dan “town” berarti kota kecil.

Chris Rowson
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in pair: 12

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
country, town, city


Explanation:
Country: nation eg: France, Germany etc
or...a rural area/region as opposed to town/city (urban area)

Town: a populated area larger and less rural than a village; an urban community

City: a large town that has a cathedral; a large town that has been 'given' city status

hth

jerrie
United Kingdom
Native speaker of: Native in EnglishEnglish

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
bangsa, negara, "daerah", kota kecil, kota besar


Explanation:
Country ada dua arti, satu negara atau bangsa, dua "daerah" dalam arti plosok, yang bukan perkotaan.
Town berarti kota kecil.
City, kota besar, metropolitan, atau municipality, yaitu bagian administrasi politik, mis Kotamadya Bogor mungkin bisa jadi City of Bogor.

Arika
Australia
Native speaker of: Native in EnglishEnglish, Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 20
Grading comment
Graded automatically based on peer agreement. KudoZ.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira: country=negara atau daerah pedalaman ("in the country"); bangsa = nation; plosok seharusnya pelosok/dusun/daerah yang terkebelakang; metropolitan sudah masuk kedalam bahasa Indonesia, namun municipality (= kotapraja/kotamadya) belum.
41 mins

agree  Abdul Karim: namun 'country' lebih berkaitan - salah satunya - dengan kedamaian, bukan keterbelakangan.
19 days

19 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Lihat penjelasan berikut


Explanation:
Hi Aning,
Saya yakin pertanyaan ini sebelumnya ditujukan sebagai pertanyaan English (monolingual), jadi saya cukup yakin Anda ingin mengetahui perbedaan artinya, bukan terjemahannya.

Untuk melihat perbedaan ketiganya ada baiknya kita melihat dulu arti dari masing-masing kata tersebut.

Country mempunyai dua arti utama, yaitu:
1. (countable) nation, land, eg How many countries are there in Europe?, Scotland is a cold country.
2. (uncountable) open land without many buildings, eg My parents live in nice country near Belfast.

Untuk arti yang kedua ini, kita tidak bisa mengatakan a country or countries karena dia uncountable.
Dalam perbedaannya dengan town dan city, kata yang umum digunakan adalah 'the country', yang berarti any area outside towns and cities, with fields, woods, farms, etc. 'The country' biasa digunakan sebagai lawan kata dari town (seperti pelosok dalam jawaban Arika).

City menurut definisi legalnya, berarti a town that has been given a special status by a royal charter (in Britain) or by the State (in the US). Tetapi, city secara umum lebih ditujukan sebagai large and important towns.
Jadi bisa dikatakan bahwa city adalah kota yang lebih besar dari town.

Semoga dapat membantu.

--------------------------------------------------
Note added at 2003-01-16 02:40:46 (GMT)
--------------------------------------------------

contoh dari \'the country\':
We spent a pleasant day in the country
Would you rather live in the town or the country?

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 1252

2 days16 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
Coba lihat ini


Explanation:
Mungkin perbedaan yang anda maksudkan adalah sebagai berikut:

country bisa berarti desa = village
town dan city sama-sama berarti kota, tapi biasanya city merujuk pada kota besar.

Abdul Mukhid
Indonesia
Native speaker of: Indonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in pair: 233