KudoZ home » English to Indonesian » Other

opportunistic

Indonesian translation: oportunistis


17:16 May 28, 2003
English to Indonesian translations [Non-PRO]
English term or phrase: opportunistic
Another complaint was found to be entirely bogus and opportunistic.
yenwidjaja
Indonesia
Indonesian translation:oportunistis
Explanation:
From Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga:

oportunistis a. bersifat oprtunis

Juga terdapat cukup "hit" pada Google
Selected response from:

John Gare
Grading comment
Thank you! It helps a lot...:) Trims juga untuk Bung Abdul Karim untuk masukannya, namun rasanya 'oportunistis' lebih tepat daripada 'oportunis'.
3 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +2oportunistisJohn Gare
4 +2oportunis
Abdul Karim
4memanfaatkan kesempatanikhsan


  

Answers


4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
memanfaatkan kesempatan


Explanation:
arti sebenarnya mungkin lebih tepat orang yg suka/berani mengambil kesempatan.Tapi dalam konteks kalimat tsb mungkin berbau negatif, jadi lebih cocok apabila menggunakan 'memanfaatkan kesempatan'

ikhsan
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
oportunis


Explanation:
opportunistic = oportunis
(1) orang yang bersikap mencari kesempatan untuk keuntungan pribadi; (2) tindakan mencari kesempatan.

Saya rasa 'oportunis' - yang merujuk pada sikap 'mencari-cari kesempatan' - memiliki makna negatif yang lebih. Ini bila dibandingkan dengan istilah 'memanfaatkan kesempatan demi keuntungan diri-sendiri' yang masih agak bernuansa positif.

Disamping itu, keduanya 'oportunis' (opportunistic) dan 'palsu' (bogus) sama-sama berstatus kata sifat.


Abdul Karim
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in pair: 344

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Budi Prikuncoro
47 mins

agree  Kardi Kho
3 hrs

14 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
oportunistis


Explanation:
From Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga:

oportunistis a. bersifat oprtunis

Juga terdapat cukup "hit" pada Google

John Gare
Native speaker of: English
PRO pts in pair: 229
Grading comment
Thank you! It helps a lot...:) Trims juga untuk Bung Abdul Karim untuk masukannya, namun rasanya 'oportunistis' lebih tepat daripada 'oportunis'.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  SIOE DARTANA
19 hrs

agree  anindito: opportunistic adalah kata sifat, sedangkan oportunis adalah kata benda
3 days18 hrs