KudoZ home » English to Indonesian » Other

speed

Indonesian translation: shabu shabu


05:27 Jan 15, 2004
English to Indonesian translations [PRO]
/ subtitle
English term or phrase: speed
Scene description:

Di kalangan pemakai drugs ada jenis-jenis drugs tertentu yang disebut "speed". (Tidak semua drugs disebut "speed"):

-So you got speed? What kind?
-I got crystal Methedrine.

Apa kira-kira terjemahan "speed" yang mengena.

Thanks.
Yohanes Sutopo
Indonesian translation:shabu shabu
Explanation:
shabu shabu - Methamphetamine

--------------------------------------------------
Note added at 12 mins (2004-01-15 05:39:40 GMT)
--------------------------------------------------

http://www.tempo.co.id/majalah/jap/hea-1.html

--------------------------------------------------
Note added at 14 mins (2004-01-15 05:41:53 GMT)
--------------------------------------------------

http://cybermed.cbn.net.id/jenisnarkoba.asp

http://www.bknn.or.id/berita/lap_cnd_1703.htm

http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2003/12/14/k2.html

--------------------------------------------------
Note added at 27 mins (2004-01-15 05:54:42 GMT)
--------------------------------------------------

atau sabu sabu

Sebenarnya Putaw (heroin) dan Ectasy (MDMA) yang terjual di Indonesia sering campur dengan macam macam amfetamin (amphetamine) karena obat amfetamin dapat dibikin dari bahan kemia murah.

Kalau mau kata yang resmi speed adalah obat dilarang dari genis obat \'anfetamin\'

--------------------------------------------------
Note added at 29 mins (2004-01-15 05:57:14 GMT)
--------------------------------------------------



..:: AMPHETAMINE ::..

KLASIFIKASI
Amfetamin, yang juga dikenal dengan nama \"speed\", \"ice\", \"shabu\", \"meth\", dll, adalah suatu kelas stimulan sintetis yang kuat, dengan efek-efek yang sangat mirip dengan kokain tetapi jauh lebih bertahan lama dan lebih murah untuk digunakan. Amfetamin dapat dikonsumsi secara oral, tetapi dapat juga di-snort, disuntikkan, dan dihisap sebagai rokok.
Ada beberapa jenis amfetamin: amfetamin, methamphetamine (shabu-shabu), dan dextromethamphetamine. Efek-efek mereka hampir tidak dapat dibedakan satu sama lainnya, perbedaan terbesar ada di metode pembuatannya (yang paling mudah adalah methamphetamin / shabu-shabu) dan kekuatannya.
Sekarang ini ada suatu ledakan penggunaan methamphetamine dalam berbagai bentuknya dan peningkatan jumlah \"pabrik shabu-shabu\" yang digerebek oleh polisi. Pembuatan methamphetamine ilegal merupakan bisnis yang sangat berisiko. Asapnya dapat beracun, dan dapat terjadi ledakan bila zat-zat kimia tidak ditangani dengan baik.


SEJARAH PENGGUNAAN
Amfetamin pertama dibuat di Jerman pada akhir abad ke-19 tetapi belum digunakan secara medis sampai akhir tahun1930-an saat Benzedrine dipasarkan sebagai obat tekanan darah rendah. Selain itu juga digunakan untuk mengobati asma, dan kemudian amfetamin lain digunakan untuk mengobati epilepsi, dan sebagai obat yang bisa digunakan untuk mengatasi depresi. Di saat yang sama, efek stimulan amfetamin membuatnya banyak digunakan oleh para pelajar yang belajar untuk ujian, dan para tentara atau pilot yang harus terjaga selama 48 jam. Setelah Perang Dunia II, amfetamin dipromosikan secara luas.

SIFAT DAN DAMPAK:
Amfetamin bersifat menimbulkan rangsangan, serupa dengan adrenalin, suatu hormon yang merangsang kegiatan susunan saraf pusat dan meningkatkan kinerja otak.
Amfetamin tersedia dalam beberapa bentuk dan jika dibuat secara illegal dapat berupa serbuk, tablet, kapsul atau cairan.
Dipakai dengan cara ditelan, disuntikkan, dihirup melalui hidung dan dihisap seperti rokok jika berbentuk metamfetamin hidroklorid.
Umumnya amfetamin yang dibuat secara ilegal adalah dalam bentuk metamfetamin. Bahan dasar yang paling umum untuk membuat metamfetamin adalah efedrin, suatu zat yang legal, mudah diperoleh dalam dalam bentuk tablet atau kapsul dan dijual sebagai decongestant.
Penggunaan amfetamin sangat umum di antara sopir truk, pelajar, nelayan dan pengusaha untuk bertahan dari kelelahan. Penggunaan amfetamin memungkinkan mereka bekerja berhari-hari dengan sedikit tidur dan makan.

CARA-CARA PENGGUNAAN
Karena rasanya yang sangat pahit, amfetamin biasanya ditaruh di dalam kapsul gelatin atau di dalam kertas jika digunakan secara oral.
Amfetamin bila disuntikkan biasanya menimbulkan rasa sakit pada pembuluh darah. Selain itu, bila disuntikkan ada risiko jarum yang terkontaminasi. Tetapi, memang bila disuntikkan efeknya jauh lebih terasadaripada ditelah atau dihisap melalui hidung.
\"meth\" yang dihisap memalui hidung (di-snort), dengan cara yang sama dengan kokain, juga tidak begitu disukai karena menyebabkan iritasi berlebihan dan rasa sakit pada nasal mucosa (rongga hidung).
Karena efek yang terbatas itu, para pengguna lebih menyukai cara penggunaan lain yaitu menghisap asapnya (di dalam pipa/bong). Cara ini membuat narkoba lebih cepat naik ke otak.
Apapun cara penggunaannya, shabu-shabu dan amfetamin lainnya menawarkan pengganti kokain yang lebih murah harganya. Terkadang, kedua jenis narkoba ini dicampurkan agar efeknya lebih tahan lama. Selain harganya lebih murah, efek amfetamin bertahan lebih lama daripada kokain, yaitu 4 sampai 6 jam, dibandingkan kokain yang hanya bertahan selama 40 menit sampai satu setengah jam. \"Ice\" bentuk methamphetamin yang terbaru bahkan efeknya bisa bertahan selama paling sedikit 8 jam, dan beberapa orang bahkan mengatakan efeknya bisa tahan sampai 24 jam setelah dihisap.
Toleransi terhadap amfetamin cukup berat. Seorang pengguna jangka panjang mungkin membutuhkan 20 kali lipat dosis awal untuk mendapatkan efek yang sama.

EFEK:
· Efek amfetamin biasanya hilang setelah 3-6 jam dan pemakai dapat secara tiba-tiba menjadi lelah, suka marah, murung dan tidak bisa konsentrasi. Efek metamfetamin (ice) ketika dihisap dapat bertahan antara 2-16 jam tergantung dari jumlah yang dipakai.
· Efek amfetamin berbeda-beda dan tergantung pada dosis, cara pemakaian, orang itu sendiri, dan keadaan saat amfetamin dipakai.
· Dosis yang ringan dapat menghasilkan perasaan euphoria peningkatan kewaspadaan, peningkatan tenaga dan kegiatan, mengurangi nafsu makan dan kepercayaan diri. Penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan malanutrisi, kelelahan, depresi dan psikosis. Kematian yang diakibatkan penggunaan obat perangsang jarang terjadi tetapi lebih mungkin jika amfetamin disuntikkan

· Toleransi dapat menyebabkan seorang pengguna jangka panjang membutuhkan 20 kali dosis awal untuk memperoleh efek yang sama.
· Terkenal dapat memudahkan interaksi sosial dan seksual, yang berakibat terhadap resiko potensial HIV akibat seksualitas yang meningkat tetapi tidak disertai dengan kebiasaan seks aman.
· Gejala putus zat pada periode awal dapat termasuk kelelahan yang akut, dan untuk pemakai tetap, itu dapat diikuti dengan sifat lekas marah, kelesuan, depresi yang dalam, serangan kegelisahan dan ketagihan yang hilang-timbul.

PIL DIET
Perusahaan-perusahaan farmasi pada tahun 1950-an dan 1960-an mempromosikan amfetamin yang berfungsi untuk menekan rasa lapar dan menaikkan mood. Ini menyebabkan banjirnya produk-produk amfetamin seperti Dexedrine, Methedrine, Benzedrine di pasaran. Sayangnya, orang-orang yang sangat memperhatikan berat badan menemukan bahwa karena pesatnya perkembangan toleransi terhadap obat-obatan jenis ini, efek yang menekan selera makan menghilang setelah beberapa bulan danmemaksa penggunanya untuk mengkonsumsi dalam dosis yang terus meningkat untuk dapat menurunkan berat badan. Efek berbahaya pun mejadi lebih besar daripada keuntungan yang didapat.
-http://www.yakita.or.id/amfetamin.htm
Selected response from:

nyamuk
United States
Grading comment
Thanks again!
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2shabu shabunyamuk
4Obat
Kardi Kho


  

Answers


11 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
shabu shabu


Explanation:
shabu shabu - Methamphetamine

--------------------------------------------------
Note added at 12 mins (2004-01-15 05:39:40 GMT)
--------------------------------------------------

http://www.tempo.co.id/majalah/jap/hea-1.html

--------------------------------------------------
Note added at 14 mins (2004-01-15 05:41:53 GMT)
--------------------------------------------------

http://cybermed.cbn.net.id/jenisnarkoba.asp

http://www.bknn.or.id/berita/lap_cnd_1703.htm

http://www.balipost.co.id/balipostcetak/2003/12/14/k2.html

--------------------------------------------------
Note added at 27 mins (2004-01-15 05:54:42 GMT)
--------------------------------------------------

atau sabu sabu

Sebenarnya Putaw (heroin) dan Ectasy (MDMA) yang terjual di Indonesia sering campur dengan macam macam amfetamin (amphetamine) karena obat amfetamin dapat dibikin dari bahan kemia murah.

Kalau mau kata yang resmi speed adalah obat dilarang dari genis obat \'anfetamin\'

--------------------------------------------------
Note added at 29 mins (2004-01-15 05:57:14 GMT)
--------------------------------------------------



..:: AMPHETAMINE ::..

KLASIFIKASI
Amfetamin, yang juga dikenal dengan nama \"speed\", \"ice\", \"shabu\", \"meth\", dll, adalah suatu kelas stimulan sintetis yang kuat, dengan efek-efek yang sangat mirip dengan kokain tetapi jauh lebih bertahan lama dan lebih murah untuk digunakan. Amfetamin dapat dikonsumsi secara oral, tetapi dapat juga di-snort, disuntikkan, dan dihisap sebagai rokok.
Ada beberapa jenis amfetamin: amfetamin, methamphetamine (shabu-shabu), dan dextromethamphetamine. Efek-efek mereka hampir tidak dapat dibedakan satu sama lainnya, perbedaan terbesar ada di metode pembuatannya (yang paling mudah adalah methamphetamin / shabu-shabu) dan kekuatannya.
Sekarang ini ada suatu ledakan penggunaan methamphetamine dalam berbagai bentuknya dan peningkatan jumlah \"pabrik shabu-shabu\" yang digerebek oleh polisi. Pembuatan methamphetamine ilegal merupakan bisnis yang sangat berisiko. Asapnya dapat beracun, dan dapat terjadi ledakan bila zat-zat kimia tidak ditangani dengan baik.


SEJARAH PENGGUNAAN
Amfetamin pertama dibuat di Jerman pada akhir abad ke-19 tetapi belum digunakan secara medis sampai akhir tahun1930-an saat Benzedrine dipasarkan sebagai obat tekanan darah rendah. Selain itu juga digunakan untuk mengobati asma, dan kemudian amfetamin lain digunakan untuk mengobati epilepsi, dan sebagai obat yang bisa digunakan untuk mengatasi depresi. Di saat yang sama, efek stimulan amfetamin membuatnya banyak digunakan oleh para pelajar yang belajar untuk ujian, dan para tentara atau pilot yang harus terjaga selama 48 jam. Setelah Perang Dunia II, amfetamin dipromosikan secara luas.

SIFAT DAN DAMPAK:
Amfetamin bersifat menimbulkan rangsangan, serupa dengan adrenalin, suatu hormon yang merangsang kegiatan susunan saraf pusat dan meningkatkan kinerja otak.
Amfetamin tersedia dalam beberapa bentuk dan jika dibuat secara illegal dapat berupa serbuk, tablet, kapsul atau cairan.
Dipakai dengan cara ditelan, disuntikkan, dihirup melalui hidung dan dihisap seperti rokok jika berbentuk metamfetamin hidroklorid.
Umumnya amfetamin yang dibuat secara ilegal adalah dalam bentuk metamfetamin. Bahan dasar yang paling umum untuk membuat metamfetamin adalah efedrin, suatu zat yang legal, mudah diperoleh dalam dalam bentuk tablet atau kapsul dan dijual sebagai decongestant.
Penggunaan amfetamin sangat umum di antara sopir truk, pelajar, nelayan dan pengusaha untuk bertahan dari kelelahan. Penggunaan amfetamin memungkinkan mereka bekerja berhari-hari dengan sedikit tidur dan makan.

CARA-CARA PENGGUNAAN
Karena rasanya yang sangat pahit, amfetamin biasanya ditaruh di dalam kapsul gelatin atau di dalam kertas jika digunakan secara oral.
Amfetamin bila disuntikkan biasanya menimbulkan rasa sakit pada pembuluh darah. Selain itu, bila disuntikkan ada risiko jarum yang terkontaminasi. Tetapi, memang bila disuntikkan efeknya jauh lebih terasadaripada ditelah atau dihisap melalui hidung.
\"meth\" yang dihisap memalui hidung (di-snort), dengan cara yang sama dengan kokain, juga tidak begitu disukai karena menyebabkan iritasi berlebihan dan rasa sakit pada nasal mucosa (rongga hidung).
Karena efek yang terbatas itu, para pengguna lebih menyukai cara penggunaan lain yaitu menghisap asapnya (di dalam pipa/bong). Cara ini membuat narkoba lebih cepat naik ke otak.
Apapun cara penggunaannya, shabu-shabu dan amfetamin lainnya menawarkan pengganti kokain yang lebih murah harganya. Terkadang, kedua jenis narkoba ini dicampurkan agar efeknya lebih tahan lama. Selain harganya lebih murah, efek amfetamin bertahan lebih lama daripada kokain, yaitu 4 sampai 6 jam, dibandingkan kokain yang hanya bertahan selama 40 menit sampai satu setengah jam. \"Ice\" bentuk methamphetamin yang terbaru bahkan efeknya bisa bertahan selama paling sedikit 8 jam, dan beberapa orang bahkan mengatakan efeknya bisa tahan sampai 24 jam setelah dihisap.
Toleransi terhadap amfetamin cukup berat. Seorang pengguna jangka panjang mungkin membutuhkan 20 kali lipat dosis awal untuk mendapatkan efek yang sama.

EFEK:
· Efek amfetamin biasanya hilang setelah 3-6 jam dan pemakai dapat secara tiba-tiba menjadi lelah, suka marah, murung dan tidak bisa konsentrasi. Efek metamfetamin (ice) ketika dihisap dapat bertahan antara 2-16 jam tergantung dari jumlah yang dipakai.
· Efek amfetamin berbeda-beda dan tergantung pada dosis, cara pemakaian, orang itu sendiri, dan keadaan saat amfetamin dipakai.
· Dosis yang ringan dapat menghasilkan perasaan euphoria peningkatan kewaspadaan, peningkatan tenaga dan kegiatan, mengurangi nafsu makan dan kepercayaan diri. Penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan malanutrisi, kelelahan, depresi dan psikosis. Kematian yang diakibatkan penggunaan obat perangsang jarang terjadi tetapi lebih mungkin jika amfetamin disuntikkan

· Toleransi dapat menyebabkan seorang pengguna jangka panjang membutuhkan 20 kali dosis awal untuk memperoleh efek yang sama.
· Terkenal dapat memudahkan interaksi sosial dan seksual, yang berakibat terhadap resiko potensial HIV akibat seksualitas yang meningkat tetapi tidak disertai dengan kebiasaan seks aman.
· Gejala putus zat pada periode awal dapat termasuk kelelahan yang akut, dan untuk pemakai tetap, itu dapat diikuti dengan sifat lekas marah, kelesuan, depresi yang dalam, serangan kegelisahan dan ketagihan yang hilang-timbul.

PIL DIET
Perusahaan-perusahaan farmasi pada tahun 1950-an dan 1960-an mempromosikan amfetamin yang berfungsi untuk menekan rasa lapar dan menaikkan mood. Ini menyebabkan banjirnya produk-produk amfetamin seperti Dexedrine, Methedrine, Benzedrine di pasaran. Sayangnya, orang-orang yang sangat memperhatikan berat badan menemukan bahwa karena pesatnya perkembangan toleransi terhadap obat-obatan jenis ini, efek yang menekan selera makan menghilang setelah beberapa bulan danmemaksa penggunanya untuk mengkonsumsi dalam dosis yang terus meningkat untuk dapat menurunkan berat badan. Efek berbahaya pun mejadi lebih besar daripada keuntungan yang didapat.
-http://www.yakita.or.id/amfetamin.htm


nyamuk
United States
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in pair: 60
Grading comment
Thanks again!

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  SIOE DARTANA
1 hr

agree  eldira: Anda pakarnya
5 hrs

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Speed
Obat


Explanation:
Saya setuju dengan penjelasan nyamuk, hanya saja saya lebih suka menerjemahkannya secara lebih umum seperti:

-Jadi kau dapat obatnya?

Menurut saya ini lebih natural daripada harus diterjemahkan sebagai:

-Jadi kau dapat amfetaminnya?

Memang yang kedua juga boleh tapi kalau dari konteksnya tidak benar-benar perlu untuk membedakan speed dengan norkoba lainnya, saya lebih cenderung ke #1. Tapi kalau memang harus dibedain ya #2 :)

Semoga dpt memberi masukan.

Kardi Kho
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 1252