ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Psychology

burn out

Indonesian translation: kelelahan fisik dan emosional

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:burn out
Indonesian translation:kelelahan fisik dan emosional
Entered by: Hikmat

00:43 Dec 13, 2006
English to Indonesian translations [PRO]
Medical - Psychology
English term or phrase: burn out
istilah Indo yang tepat untuk mewakili kelelahan fisik mental ini apa ya? Satu atau dua kata... other than stress..
Hikmat
Indonesia
kelelahan fisik dan emosional
Explanation:
Kelelahan ini disebabkan oleh faktor-faktor stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

Ref.:
Kamus Keperawatan. Alih Bahasa dr. Andry Hartono. Hinchliff, Sue. 1999. Jakarta: EGC.
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
i prefer to use this as it refers to more than physycal energy waste.
Thanks all...
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +3kehabisan tenaga
Eddie R. Notowidigdo
4 +2letihKardi Kho
5 +1kelelahan fisik dan emosional
Hipyan Nopri
5burn out
Harry Hermawan
4 +1gersang semangat atau gosong jiwa
Erich Ekoputra
4lelah fisik-mental
Ikram Mahyuddin
4kepala pecah
Wawan Yulianto
3Kejenuhan
Hengky Chiok


  

Answers


10 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
Kejenuhan


Explanation:
Saya kira istilah "kejenuhan" cukup dapat dipakai untuk menerjemahkan istilah tsb. Kalau mau lebih ditekankan mungkin dapat diterjemahkan sebagai "kejenuhan yang dalam" atau "kejenuhan yang berat."

Hengky Chiok
United States
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

15 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +1
kelelahan fisik dan emosional


Explanation:
Kelelahan ini disebabkan oleh faktor-faktor stres yang berhubungan dengan pekerjaan.

Ref.:
Kamus Keperawatan. Alih Bahasa dr. Andry Hartono. Hinchliff, Sue. 1999. Jakarta: EGC.

Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 28
Grading comment
i prefer to use this as it refers to more than physycal energy waste.
Thanks all...

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
3 hrs
  -> Terima kasih Hadi.

44 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
kepala pecah


Explanation:
"kepala pecah" dengan asumsi dalam bahasa inggris idiom ini asalnya diambil dari burn out istilah pecah ban. dalam bhs indonesia istilah "kepala pecah" ini lazim.

Example sentence(s):
  • burn out due to the jobs, "kepalaku pecah memikirkan pekerjaan"
Wawan Yulianto
United States
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

44 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
letih


Explanation:
Kalau saya cenderung memilih letih sebagai padanannya.
Di telinga saya sepertinya letih terdengar lebih cape daripada lelah atau penat, dan sepertinya juga bisa dipakai untuk kondisi mental.
HTH

Kardi Kho
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 14

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Christianna Braithwaite: or 'keletihan' -
5 mins

agree  Hadiyono Jaqin
3 hrs

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
kehabisan tenaga


Explanation:
urun rembuk sedikit...
example: at this pace he will completely burn out in a few years..
.... dalam beberapa tahun saja dia akan kehabisan tenaga.

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 15

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Suzan Piper: The register is probably not quite right - burn out 'kan bahasa slang tetapi sebagai padanan arti kata sumber rasanya ini yang paling tepat untuk menggambarkan seseorang tanpa cadangan tenaga lagi
8 mins
  -> Tks Suzan, memang kadang tidak mudah utk mencari padanan yg 100% tepat, asalkan 80% mendekati saja sudah senang.

agree  Hadiyono Jaqin
2 hrs
  -> Thanks guys!

agree  Rayindra
3 hrs
  -> Thanks guys!

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
lelah fisik-mental


Explanation:
Saya setuju dengan pendapat Mas Hipyan. Tetapi alternatif saya ini adalah "akal-akalan" supaya terlihat seperti terdiri dari dua kata. sebenarnya burn out adalah lelah fisik, mental, dan emosional yg sering diamati oleh pekerja sosial


    Reference: http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/32/apakah_anda_mengalami_b...
Ikram Mahyuddin
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 29

3 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
gersang semangat atau gosong jiwa


Explanation:
... atau gersang gairah.

Burnout adalah keadaan psikis yang terjadi akibat seseorang terkuras habis semangat/gairahnya akibat beban tuntutan yang terlalu besar diletakkan oleh diri/lingkungan. Wujudnya adalah kelelahan fisik+mental+emosional; jadi, burnout *bukan* kelelahan itu sendiri, melainkan penyebabnya.

Jika melihat asal-usulnya pada ref di bawah, mungkin paling mendekati adalah gosong jiwa.

http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/32/apakah_anda_mengalami_b...
Burnout terjadi akibat berubahnya kondisi psikologis ... berupa kelelahan ... yang merupakan kelelahan fisik (physical exhaustion), kelelahan emosional (emotional exhaustion), dan kelelahan mental (mental exhaustion)... Istilah burnout pertama kali diutarakan ... oleh Herbert Freudenberger... Freudenberger memberikan ilustrasi tentang apa yang dirasakan seseorang yang mengalami sindrom tersebut seperti gedung yang terbakar habis (burned-out). Suatu gedung yang pada mulanya berdiri megah dengan berbagai aktivitas di dalamnya, setelah terbakar yang tampak hanyalah kerangka luarnya saja. Demikian pula dengan seseorang yang terkena burnout, dari luar segalanya masih nampak utuh, namun di dalamnya kosong dan penuh masalah (seperti gedung yang terbakar tadi).

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2006-12-13 04:43:39 GMT)
--------------------------------------------------

.. tetapi, gosong jiwa dapat menimbulkan tafsir lain. Saya lebih suka: gersang gairah/semangat.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 63

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Rayindra: bagus buat puisi... gersang gairahku musnah semangatku...;)
27 mins
  -> Ha.ha.ha.. Pak Rayindra ada bakat sastra juga, nih. Trims Pak!

3 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
burn out


Explanation:
burn out

--------------------------------------------------
Note added at 4 hrs (2006-12-13 05:27:19 GMT)
--------------------------------------------------

Konsep akademis yang lahir dari barat dalam bidang psikologi.

dari link 1:
Abstrak: Burnout pada pekerja pelayanan kemanusiaan lebih sering dikaitkan dengan perasaan lelah secara fisik dan psikis. Bagi yang lain, gelisah dan tidak mampu tidur dengan baik adalah simpton yang umum dari kelelahan syaraf.

dan dari link 2:
Konsep Job Burnout
Burnout adalah tekanan emosi secara konstan atau berulang-ulang yang diakibatkan karena
keterlibatan orang banyak dalam jangka waktu yang lama. Pada literatur-literatur dijelaskan bahwa job
burnout banyak dialami oleh pekerja public services, seperti perawat, polisi, social service.


    Reference: http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/32/apakah_anda_mengalami_b...
    Reference: http://72.14.253.104/search?q=cache:1ez1vzfzw88J:bebas.vlsm....
Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8