KudoZ home » English to Indonesian » Psychology

groupthink

Indonesian translation: pemikiran-kelompok


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:groupthink
Indonesian translation:pemikiran-kelompok

For term searches and specialty glossaries, please try the new GBK glossaries
19:15 Feb 5, 2009
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Psychology
Additional field(s): Management, Social Science, Sociology, Ethics, etc.
English term or phrase: groupthink
Definition from American Psychological Association:
The tendency of a decision-making group to filter out undesirable input so that a consensus may be reached, especially if it is in line with the leader's viewpoint.

Example sentence(s):
  • A group is especially vulnerable to groupthink when its members are similar in background, when the group is insulated from outside opinions, and when there are no clear rules for decision making. psysr.org
  • Another description, as it applies to education and group projects, is that "Groupthink is a process of gradualism that seeks to gently merge the followers into a pack with leaders, the hope being that the leaders will pull up those who typically reside on the low end of the motivation and achievement scale sourcewatch.org
  • Groups experiencing groupthink do not consider all alternatives and they desire unanimity at the expense of quality decisions. Small Group Communication
Glossary-building KudoZ




This question was created by:
Enrique
Enrique
Argentina


This question is closed

pemikiran-kelompok
Definition:
Suatu pola pengambilan keputusan kelompok yang berpaling dari kenyataan.

Budi Soetjipto, pengasuh kolom adalah Pengajar di Jurusan Manajemen FEUI dan doktor perilaku organisasi dari Cleveland State University, AS. Email penulis ke bsoetjipto@hri.or.id
Selected response from:

Harry Hermawan
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of translations provided
5 +2pemikiran-kelompok
Harry Hermawan
4musyawarahsincero
4gugus pikir membeo
Hikmat
4Berpikir MengelompokWardana
4Pola Pikir KelompokBrian Marwensdy
4paham kelompok
Dina Begum


  

Translations offered


7 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
paham kelompok


Definition from own experience or research:
Kecenderungan untuk mengambil keputusan secara berkelompok untukmembendung masukan agar tercapai kesepakatan, khususnya apabila paham itu sejalan dengan pola pikir pemimpin kelompok tersebut.

Example sentence(s):
  • Menurut Ravy, penerbitan buku panduan kaderisasi itu dilakukan sebagai salah satu upaya membendung gerakan dan paham kelompok Islam garis keras yang marak akhir-akhir ini. - NU Online  
  • Negara tak perlu campur dalam pengaturan cara berpakaian dan bertingkah laku warganya. Apalagi hanya berdasarkan paham kelompok tertentu (wahabiisme). - Bisnis Indonesia  
  • Banyak kalangan mulai mempersoalkan mengapa sekarang ini paham kelompok atau golongan, sifat individualistik dan wawasan sempit lainnya semakin mengkristal dalam kehidupan masyarakat bangsa. - Serambi olnine  
Dina Begum
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

9 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Pola Pikir Kelompok


Definition from psychologymatters.org:
Pola Pikir Kelompok adalah kecenderungan cara pengambilan keputusan kelompok yang tidak mengikut sertakan masukan-masukan yang tidak sesuai dengan cara berpikir dan kehendak kelompok sehingga dengan demikian bisa tercapai sebuah kesepakatan yang terutama sekali sejalan dengan sudut pandang pimpinan kelompok. Istilah ini pertama kali diungkapkan oleh Irving Janis, seorang ahli psikologi sosial

Example sentence(s):
  • Sebuah kelompok terutama sekali akan rawan terhadap pola pikir kelompok ketika para anggotanya memiliki latar belakang yang serupa, mengisolasikan diri mereka terhadap pendapat-pendapat dari luar, dan ketiadaan aturan yang jelas mengenai pengambilan keputusan. - psysr.org  
  • Pola pikir kelompok muncul ketika kelompok sangat kompak dan ketika mereka harus membuat keputusan penting dalam kondisi yang penuh tekanan. - abacon.com  
  • Pola pikir kelompok dapat menyebabkan kelompok membuat keputusan-keputusan yang tidak masuk akal dan gegabah, dimana keraguan masing-masing individu diabaikan, karena takut kehilangan keseimbangan di dalam kelompok. - en.wikipedia.org  

Explanation:
Pada prakteknya, istilah "groupthink" jarang sekali diterjemahkan. Cukup menggunakan kata "groupthink", biasanya yang memiliki latar belakang psikologi akan bisa memahaminya. Kuncinya terletak pada bagaimana mendefinisikannya.
Brian Marwensdy
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

15 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
Berpikir Mengelompok


Definition from own experience or research:
Berpikiran Mengelompok adalah kecenderungan dari sebuah kelompok pembuat keputusan untuk menyingkirkan masukan yang tidak diinginkan agar sebuah hasil keputusan dapat diperoleh, apalagi keputusan tersebut sejalan dengan pandangan pimpinan

Example sentence(s):
  • Sebuah kelompok seringkali rentan terhadap berpikir mengelompok apabila anggota-anggotanya memiliki latar belakang yang sama, dan manakala kelompok tersebut terbelenggu dari pendapat-pendapat diluar kelompok dan tidak adaknya peraturan-peraturan yang jelas dalam pengambilan keputusan - psysr.org  
  • Penjelasan lain, yang diterapkan pada pendidikan dan proyek kelompok, adalah berpikir mengelompok merupakan proses perlahan dalam upaya menyatukan pikiran pengikut dengan pimpinannya, dengan harapan pimpinan akan mengeluarkan orang-orang yang tipenya kurang termotivasi - sourcewatch.org  
  • Sebuah kelompok yang mengalami berpikir mengelompok tidak memperhatikan alternatif-alternatif lain dan mereka menginginkan keputusan yang benar-benar bulat - abacon.com  
Wardana
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

17 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
gugus pikir membeo


Definition from own experience or research:
Pembuatan keputusan secara bersama.
Kecendrungan mengikuti pola pikir bersama.

Example sentence(s):
  • Pemimpin wajib memiliki kepercayaan diri dan bersikap tidak membeo serta realistis terhadap keadaan. Sikap untuk tidak membeo dari pendapat dan pengaruh pihak lain, bermaksud untuk membangun kesadaran dan kualitas kepemimpinan yang nyata, dan yang dibutuhkan oleh orang-orang yang dipimpin. - http://www.blog.co.uk/user/djajendra/  
Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 11

3 days1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
musyawarah


Definition from own experience or research:
method of drawing conclusion in a group in a peaceful manner to avoid conflict or argument.
However, the word usually used in more positive meaning in Indonesia as it is part of the culture.

Example sentence(s):
  • Keputusan tersebut diambil secara musyawarah dalam pertemuan yang dihadiri oleh para tokoh masyarakat. - myself  
sincero
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

3 days11 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
pemikiran-kelompok


Definition from Budi Soetjipto (bsoetjipto@hri.or.id):
Suatu pola pengambilan keputusan kelompok yang berpaling dari kenyataan.

Budi Soetjipto, pengasuh kolom adalah Pengajar di Jurusan Manajemen FEUI dan doktor perilaku organisasi dari Cleveland State University, AS. Email penulis ke bsoetjipto@hri.or.id

Example sentence(s):
  • Konflik akan berdampak positif jika keputusan dan tindakan dilakukan berdasarkan groupthink (hasil pemikiran kelompok). Groupthink terjadi ketika kelompok memiliki kepaduan yang tinggi dan semangat kebersamaan dalam kelompok. Oleh karena itu, jika terjadi konflik, para anggota tetap akan menjaga kepaduan dan semangat kebersamaan dalam team. Konflik akan berdampak negatif jika konflik yang terjadi menyebabkan team kehilangan fokus dalam menyelesaikan tugas secara efisien dan efektif dan menyebabkan team berperilaku disfungsional. - https://info.perbanasinstitute.ac.id/pdf  
  • ...Janis (1982) mengemukakan teori ataupun pendekatan pemikiran kelompok atau groupthink. - http://books.google.com/books  
  • Dari sumber bahasa Melayu: Kumpulan adakalanya tidak dapat membuat keputusan dengan baik kerana masaiah pemikiran kelompok atau groupthink. - www.ideal.upm.edu.my  

Explanation:
Mengingat asal kata "groupthink" sebagai satu kata, maka usulan "pemikiran-kelompok" diajukan beserta tanda "-".
Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

Votes in favor of/against selecting this as the best translation of the term asked
Yes  Arfan Achyar
2 hrs

Yes  Hadiyono Jaqin
5 hrs




The glossary compiled from Glossary-building KudoZ is made available openly under the Creative Commons "By" license (v3.0). By submitting this form, you agree to make your contribution available to others under the terms of that license.
Creative Commons License