ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Psychology

Courtesy and Civic Virtue

Indonesian translation: kesopanan dan kebajikan sipil

06:57 Feb 2, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Psychology / Psychology
English term or phrase: Courtesy and Civic Virtue
Organizational Citizenship Behavior: Altruism, Conscientiousness, Sportsmanship, Courtesy and Civic Virtue.

Terima kasih bantuannya ...
Ridwan Munib
Indonesia
Indonesian translation:kesopanan dan kebajikan sipil
Explanation:
Imho
Selected response from:

Helmy Ismail Sani
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Mas Helmy Ismail Sani, atas bantuan istilahnya. Kawan-kawan lain, juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya ...
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5kesopansantunan, dan kebajikan madani
Erich Ekoputra
5sopan dan ramah
Pantas Pangihutan S
4sopan santun dan standar nilai kebajikan umum
Dani Karuniawan
4kesopanan dan kebajikan bersama
Rosmeilan Siagian
4kesopanan dan tata krama
Budi Suryadi-
4kesopanan dan kebajikan dalam bermasyarakat
Rano Ilyas
4kesopanan dan kebajikan sipil
Helmy Ismail Sani


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
courtesy and civic virtue
kesopanan dan kebajikan sipil


Explanation:
Imho

Helmy Ismail Sani
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese
PRO pts in category: 6
Grading comment
Terima kasih Mas Helmy Ismail Sani, atas bantuan istilahnya. Kawan-kawan lain, juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya ...

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
courtesy and civic virtue
kesopanan dan kebajikan dalam bermasyarakat


Explanation:
<>

Rano Ilyas
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4

4 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
courtesy and civic virtue
kesopansantunan, dan kebajikan madani


Explanation:

Di dalam tata bahasa Inggris, sebelum and dan orkoma tidak diperlukan. Di dalam tata bahasa Indonesia, harus ada koma sebelum dan dan atau jika jumlah kata/frasa lebih dari dua. (Lihat contoh penggunaan pada lema KBBI untuk dan, atau).

Oleh karena itu, di dalam jawaban ini, sebutir koma disisipkan: kesopansantunan, dan kebajikan madani

KBBI:
sopan santun n budi pekerti yg baik; tata krama; peradaban; kesusilaan
kesopansantunan n perihal sopan santun

U/ civic sendiri, tautan berikut dan KBBI dapat menjadi rujukan.

Ref: http://amarsuteja.blogspot.com/2012/09/masyarakat-madani-civ...
Pengertian Masyarakat Madani (Civic Society)
Civic society diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan sebutan masyarakat sipil atau masyarakat madani. Kata madani berasal dari kata Madinah, yaitu sebuah kota tempat hijrah Nabi Muhammad SAW. Madinah berasal dari kata “madaniyah” yang berarti peradaban.


KBBI:
madani a ... menjunjung tinggi nilai, norma, hukum yg ditopang oleh penguasaan iman, ilmu, dan teknologi yg berperadaban.

Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 63

20 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
courtesy and civic virtue
kesopanan dan tata krama


Explanation:
IMHO, tata krama berhubungan dengan perilaku seseorang sebagai anggota masyarakat.

Budi Suryadi-
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 8

1 day8 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
courtesy and civic virtue
kesopanan dan kebajikan bersama


Explanation:
http://thesaurus.com/browse/civic?s=t

Rosmeilan Siagian
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 25

2 days21 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
courtesy and civic virtue
sopan santun dan standar nilai kebajikan umum


Explanation:
Contoh "civic virtue": nilai keluarga, cinta tanah air, tidak menipu, tidak berdusta, tidak membunuh, tidak korupsi.

Nilai-nilai mulia yang dipegang oleh anggota masyarakat secara umum.

Dani Karuniawan
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

17 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
courtesy and civic virtue
sopan dan ramah


Explanation:
...simpel saja, agar makna dapat terserap jelas/tersampaikan

-ramah = mengandung nilai kebaikan/kebajikan dalam berhubungan...

--------------------------------------------------
Note added at 2 days22 hrs (2013-02-05 05:34:44 GMT)
--------------------------------------------------

Civic virtue is the cultivation of habits of personal living that are claimed to be important for the success of the community. The identification of the character traits that constitute civic virtue have been a major concern of political philosophy. The term civility refers to behavior between persons and groups that conforms to a social mode (that is, in accordance with the civil society), as itself being a foundational principle of society and law.

---http://en.wikipedia.org/wiki/Civic_virtue
....................................................................
...civic virtue, dari penjelasan di atas jika dipertajam maka mengandung arti 'berkarakter'. Sementara 'ramah' adalah bagian dari karakter itu sendiri. Sebagai contoh, dalam suatu acara pertemuan para pembesar (kalangan atas/high-society) selalu diadakan acara khusus yaitu 'ramah-tamah' untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain untuk menciptakan suasana keakraban, yang merupakan bagian dari gaya hidup/kebiasaan masyarakat-mapan/madani.

Pantas Pangihutan S
Native speaker of: Indonesian