ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Science

biodiversity

Indonesian translation: Keanekaragaman Hayati

GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:biodiversity
Indonesian translation:Keanekaragaman Hayati
Entered by: Rayindra

05:00 Oct 2, 2002
English to Indonesian translations [Non-PRO]
Science
English term or phrase: biodiversity
What is the Indonesian term for this? I'm also looking for ecosystem but can't find these terms in any dictionaries. Is there a good website for ecological/environmental terminology?
bob
Keanekaragaman Hayati
Explanation:
I prefer this term, widely used by Indonesian media, because it is a Indonesian native words.

Regarding the environmental dictionary, there are some in Jakarta's leading bookstores.

HTH
Selected response from:

Rayindra
Indonesia
Grading comment
Graded automatically based on peer agreement. KudoZ.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +8Keanekaragaman Hayati
Rayindra
4 +3diversitas hayatieldira
5keragaman-hayatiSudarmaji lamiran


  

Answers


6 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +3
diversitas hayati


Explanation:
Often, biodiversity is simply adopted as 'biodiversitas' and ecosystem is either written in italics or as sistim ekologi or ekosistim.

Try Indonesian newspapers and magazines for new words and their translation equivalents:

www.kompas.co.id
www.tempo.co.id
www.merdeka.co.id

or try Institut Pertanian Bogor's website [Bogor Agricultural College]



--------------------------------------------------
Note added at 2002-10-02 05:12:23 (GMT)
--------------------------------------------------

Sorry, it is Bogor Agricultural University
http://www.ipb.ac.id/directory/

Unfortunately their site search engine is not yet functional.


--------------------------------------------------
Note added at 2002-10-02 05:54:44 (GMT)
--------------------------------------------------

a better term might be keanekaragaman hayati as posted by Anthony Indra; please visit following websites for more ecological/environmental terms:

A search for ekosistim returned 48 sites; among the most relevant:

BUKU PANDUAN - ... Area-Area Sasaran. Kenanekaragaman Hayati. Proyek-proyek keanekaragaman hayati UNDP-GEF selalu menerapkan ekosistim secara utuh untuk memberikan perlindungan ...
http://www.undp.org/gef/undp-gef_publications/publications/u...


Akibat Kerusakan Hutan Terhadap Terumbu Karang - ... dan pembabatan hutan tanpa terkendali, tidak hanya menyebabkan kawasan resapan air jadi berkurang, selain hutan menjadi gundul dan rusaknya berbagai ekosistim ...
http://www.geocities.com/minangbahari/artikel/hutan_rusak.ht... search within this site


Coral Learn - ... Ekosistim ini adalah ekosistim daerah tropis yang memiliki keunikan dan keindahan yang khas yang pemanfaatannya harus secara lestari. ...
http://www.coremap.or.id/Homepage/indo/learn/ekosistem.htm


WALHI Sumatera Barat - ... Pada tataran permasalahan seperti ini peran manusia sangatlah menentukan dalam pengembangan ekosistim kearah yang lebih benar dan baik. ...
http://www.walhi.or.id/sumbar/harimau.htm search within this site


LUHT4215 - ... 34. Daerah estuaria merupakan ekosistim yang paling subur diantara ekosistim lainnya seperti ekosistim daratan, danau, hutan dan lautan. ...
http://www.ut.ac.id/tm/luht4215.htm


Posted: 5 June 5, 2001 [RCT] - ... d. Penurunan genetik, jenis dan keragaman ekosistim didalam dan diluar DAS,. e. Kerusakan ekosistim terumbu karang di sekitar pesisir pantai. ...
http://www.hayati-ipb.com/users/rudyct/indiv2001/hikmad_lukm... search within this site


PORTALNYA TANAH PAPUA - ... Tetapi harus didukung oleh ekosistim lain yang terletak di bagian pengunungan yang nota bene sangat mempengaruhi ekosistim daerah pantai. ...
http://www.infopapua.com/papua/01150501/1803.html search within this site


Newsletter SW.pmd (PDF) - ... Perubahan rona lingkungan dengan pesatnya ekspansi perlebunan besar kelapa sawit akan memberi kontribusi terhadap perubahan ekosistim yang cukup signifikan ...
http://www.sawitwatch.or.id/PDF/TS2_th1.pdf


Research Summary - ... ABSTRAK. Taman Nasional merupakan kawasan yang memiliki keaneka-ragaman hayati yang tinggi dan mewakili ekosistim darat maupun perairan. ...
http://www.kerinci.org/research_ksnp.html search within this site


DTE 44/ Feb 98: - ... menjadi semakin sulit untuk memajukan kepentingan mereka bahwa keragaman ragawi dari Taman Nasional tergantung pada pemeliharaan integritas ekosistim di pulau ...
http://dte.gn.apc.org/44isi.htm search within this site


halaman 5 - ... Berbagai satwa kharismatik yang terdapat di Sumatera mutlak harus dilestarikan untuk mempertahankan keutuhan ekosistim yang ada sehingga dapat memberkan ...
http://www.warsi.or.id/bulletin_AS/ASP_Edisi10/asp10_5.htm


minergynews.com - The most reliable news on Mines and Energy - ... Anda tentu mengerti akan maknanya. Apalagi kalau bukan pertimbangan faktor ekosistim dalam setiap tindakan eksploitasi sumber daya alam. ...
http://www.minergynews.com/opinion/bangsa.shtml


KFO Beats October edition (PDF) - ... untuk melihat secara jelas kehidupan bawah laut, sehingga para kader konservasi secara langsung bisa melihat dan mengetahui jenis terumbu karang dan ekosistim ...
http://www.komodonationalpark.org/downloads/KFO BEATS 01-10....



ELEKTRO INDONESIA - - ... Salah satu upaya protektif untuk melindungi kekayaan hayati ekosistim alam ini adalah dengan memperkenalkan berbagai jenis teknologi yang dapat dipakai untuk ...
http://www.elektroindonesia.com/elektro/ener34a.html search within this site


Lokakarya Taman Nasional Kutai (PDF) - Page 1. Membangun Kesamaan Visi dan Kesatuan Gerakan dalam Upaya Pelestarian Sumber Daya Alam Taman Nasional Kutai Secara Terpadu ...
http://www.nrm.or.id/DnLoad/NRMRpt/25_TNKutai28_29Apr1999.pd...


Andalas University, LGC and the Siberut Community - ... lain. Masing-masing spesies mempunyai peranan dalam ekosistim yang telah mereka bentuk, ini tidak dapat dipungkiri lagi. Artinya ...
http://www.mentawai.org/as4.htm


Research and Development Centre for Biology (PPPB) - LIPI - ... & LIPI. Jakarta, (1994). (Indonesian edition); Perubahan pemanasan global vs Ekosistim dan keanekaragaman hayati Indonesia. Asep S ...
http://bio.lipi.go.id/Services6_2_2.asp


Buku II NKLD DKI Jakarta 2000 - ... Untuk itu salah satu kerangka berfikir adalah melihat lingkungan hidup itu sebagai satu kesatuan dari lingkungan hidup alam, sumberdaya alam atau ekosistim ...
http://bapedalda.dki.go.id/Buku-II/docs/4.htm


Sriwijaya Post Online - ... TNS itu. Dengan dikeluarkannya rekomendasi itu otomatis akan membahayakan kelangsungan ekosistim di calon TNS tersebut. Sebenarnya ...
http://www.indomedia.com/sripo/2002/08/29/2908dae5.htm


Jaringan Advokasi Tambang - ... Apa yang bisa kita tuntut? Dalam hal ini kita harus menuntut menghentikan eksploitasi minyak di negara-negara tropis, dan tidak lagi merusak ekosistim tropis. ...
http://www.jatam.org/wti/makalah/indonesia/hemanta.html search within this site


Sangihe-Talaud Tak Cuma Gugusan Kepulauan -- Jumat, 5 April 2002 - ... Karenanya, semakin tinggi tingkat keendemikan hidupan liar atau ekosistim suatu daerah, semakin besar pula perhatian harus kita curahkan pada upaya konservasi ...
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0204/05/dikbud/sang36.htm


POTENSI, PEMANFAATAN, DAN NILAI EKONOMI SUMBERDAYA WILAYAH ... (PDF) - Page 1. Ditjen Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil - Departemen Kelautan dan Perikanan BAB 2 POTENSI, PEMANFAATAN, DAN NILAI EKONOMI SUMBERDAYA WILAYAH PESISIR 2.1. ...
http://www.pesisir.or.id/nasional/doc/08 Bab 2.pdf search within this site


Artikel PII - Pebruari 1998 - ... Internasional. Ekosistim Terbesar. Bangsa Indonesia pasti bangga tinggal di kawasan nusantara yang luas ini, terbentang di khatulistiwa. ...
http://www.pii.or.id/artikel/05_laut_i.html


www.munindo.brd.de - ... jika pemerintah lengah jangan-jangan karena para nelayan asing itu keburu tahu mau di tertibkan maka mereka menggunakan bom dsb yang akan merusak ekosistim laut ...
http://www.munindo.brd.de/news/gus2_masalah_urgent.html


Abstrak dan Ringkasan Hasil Penelitian (PDF) - Page 1. Abstrak dan Ringkasan Hasil Penelitian 1997-2000 Lembaga Penelitian (Lemlit) Universitas Mulawarman Abstracts of Research ...
http://www.unmul.ac.id/dat/pub/lemlit/abstrak.pdf




eldira
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 275

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Kardi Kho: yes, it's diversitas hayati
4 mins

agree  Setia Bangun
21 mins

agree  xxxR.J.Chadwick: I agree with the helpful approach of this answer. It graciously defers to other answerers and provides information that the asker can use to make an informed choice of the best answer.
4 days
  -> thank you for the compliment

16 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +8
Keanekaragaman Hayati


Explanation:
I prefer this term, widely used by Indonesian media, because it is a Indonesian native words.

Regarding the environmental dictionary, there are some in Jakarta's leading bookstores.

HTH

Rayindra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in pair: 636
Grading comment
Graded automatically based on peer agreement. KudoZ.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Abdul Karim: it sounds more Indonesian
31 mins

agree  eldira: it is also the term used by scientist.
38 mins

agree  Sofia Mansoor: istilah ini sudah saya kenal di Farmasi ITB sejak 1970-an
1 hr

agree  Lanny Utoyo: istilah ini juga yang saya kenal di Biologi ITB
1 hr

agree  Alief Yahya: setuju, walau mulanya saya pikir 'keberagaman hayati'
9 hrs

agree  xxxR.J.Chadwick: 1,790 hits in a google search for an 'exact phrase match" and 7 for "bio-diversitas" in similar contexts.
23 hrs

agree  Abdul Mukhid: yes, this term have been widely used, especially by NGOs
1 day20 hrs

agree  Zein Isa
402 days

46 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
keragaman-hayati


Explanation:
bio=hayati=hidup=life
diversity=ragam=kind

Sudarmaji lamiran
Indonesia