KudoZ home » English to Indonesian » Ships, Sailing, Maritime

Setting aground

Indonesian translation: pendaratan (kapal)


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:Setting aground
Indonesian translation:pendaratan (kapal)
Entered by: vicksy nurhayati

02:22 Jun 29, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Ships, Sailing, Maritime
English term or phrase: Setting aground
Navigation measures
- setting aground

salah satu poin dalam langkah2 navigasi. mohon pencerahan teman2.

maksih.

vicksy
vicksy nurhayati
Indonesia
pendaratan (kapal)
Explanation:
Kalau sebuah kapal atau muatan sedang dalam keadaan bahaya, misalnya bocor atau mengeluarkan minyak ke laut, maka kadang-kadang demi menyelamatkan lingkungan maritim, kapal tersebut didaratkan secara paksa supaya mengurangi bahaya tersebut. Contoh kalimat: “An external keel profile shall be fitted which has sufficient strength to bear the vessel during docking and setting aground on uneven ground.”
Selected response from:

Ian Forbes
New Zealand
Grading comment
thanks pak Ian
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2pendaratan (kapal)
Ian Forbes
5menarik kapal ke daratan
ivo abdman
5terdampar
Hipyan Nopri
4pengaturan pengkandasan
Hikmat
4penyetelan tidak terdampar
M. Laut
4pendamparan
Erich Ekoputra


  

Answers


52 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
setting aground
penyetelan tidak terdampar


Explanation:
penyetelan agar tidak terdampar

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 41

1 hr   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
setting aground
pendaratan (kapal)


Explanation:
Kalau sebuah kapal atau muatan sedang dalam keadaan bahaya, misalnya bocor atau mengeluarkan minyak ke laut, maka kadang-kadang demi menyelamatkan lingkungan maritim, kapal tersebut didaratkan secara paksa supaya mengurangi bahaya tersebut. Contoh kalimat: “An external keel profile shall be fitted which has sufficient strength to bear the vessel during docking and setting aground on uneven ground.”


    Reference: http://ec.europa.eu/enterprise/tbt/tbt_repository/DNK53_EN_1...
    Reference: http://homernews.com/stories/072904/pho_20040729008.shtml
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 14
Grading comment
thanks pak Ian

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hadiyono Jaqin
1 day11 hrs
  -> Thanks Hadiyono

agree  Regi2006
3 days23 hrs
  -> Thanks Regi

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
setting aground
terdampar


Explanation:
Sebenarnya, 'setting aground' bisa mempunyai dua makna: 'terdampar' dan 'pendaratan' (kapal ditarik ke darat) seperti yg dikatakan Ian.

Karena opsi pendaratan sudah dikemukakan Ian, di sini saya memberikan alternatif kedua, 'terdampar.'

Kutipan dan referensinya:
1. No 7 & 8: Set aground (lihat gambar 7 & 8)

2. Europa was still in Brocklebank's dry-dock when German planes made one of the most severe attacks on Liverpool during WW-2. Late evening on May 3rd, several bombs hit the vessel, which then was beyond the possibility of saving. It was declared a total loss and was later on towed from the dock and *set aground* for scrapping.


    Reference: http://www.mariners-l.co.uk/eac/eac1930-1939.htm
Hipyan Nopri
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 39

4 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
setting aground
pendamparan


Explanation:
Saya kira ini adalah salah satu cara mengendalikan kapal saat kebocoran minyak sebagaimana ref di bawah. Cara2 lain meliputi: pemanduan (towage) dan pengalihan arah (alter course).


    Reference: http://nunavutwaterboard.org/ftp/8BC%20-%20CONSTRUCTION/8BC-...
Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 64

1 day8 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
setting aground
menarik kapal ke daratan


Explanation:
yang jelas kapal gak bisa dengan dayanya sendiri ke daratan. Kalaupun bisa hanya separuh jalan. Ada juga hovercraft yang bisa dilaut langsung ke darat atau tank amphibi.

Bisa dilihat berita kapal yang sedang di-setting ground, ditarik dengan kendaraan darat lihat berita di situs acuan

--------------------------------------------------
Note added at 1 day9 hrs (2007-06-30 11:39:49 GMT)
--------------------------------------------------

ralat acuannya:

http://www.homernews.com/stories/072904/pho_20040729008.shtm...


    Reference: http://www.auctionebid.com/auction_detail.php?ID=95326
ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

1 day11 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
setting aground
pengaturan pengkandasan


Explanation:
pengaturan penarikan kapal ke daratan untuk tidak dipakai lagi...


    Reference: http://www.okezone.com/index2.php?option=com_content&task=vi...
Hikmat
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 28