KudoZ home » English to Indonesian » Slang

to run with the hare and hunt with the hounds

Indonesian translation: plin-plan


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:to run with the hare and hunt with the hounds
Indonesian translation:plin-plan
Entered by: bush2007

20:43 Oct 23, 2007
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Slang
English term or phrase: to run with the hare and hunt with the hounds
cari istilah/peribahasa yang tepat
bush2007
plin-plan
Explanation:
Kalau lebih menguntungkan ia mengikuti pendirian si "A" dan kalau lebih menguntungkan mengikuti si "B" dia ikuti pendirian si "B". Dalam proverb tsb jelas karena "hare" adalah yang diburu dan "hounds" adalah pemburunya. Jadi kalau menguntungkan dia ikut lari2 sama si kelinci dan kalau dalam kondisi lain lebih menguntungan dia ikut anjing2 memburu si kelinci.
Selected response from:

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Grading comment
makasih Yth. Bpk. Eddie
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +2plin-plan
Eddie R. Notowidigdo
5mendukung dua pendapat yang berbeda
ivo abdman
4 +1tidak jelas pendiriannya
Suzan Piper
3 +2tidak memihak
Hikmat
5mendukung keduanya dengan satu pernyataanLambang Tirto


  

Answers


3 mins   confidence: Answerer confidence 5/5
mendukung keduanya dengan satu pernyataan


Explanation:
menjawab dengan tepat

Lambang Tirto
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 32

6 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +2
tidak memihak


Explanation:
imho


    Reference: http://idioms.thefreedictionary.com/run+with+the+hare+and+hu...
Hikmat
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in SundaneseSundanese
PRO pts in category: 4

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Eva Nukman
3 hrs

agree  Hadiyono Jaqin
6 hrs

neutral  yam2u: methinks 'tidak memihak' gives the translation a rather positive ring that I believe is absent in the English idiom.
7 hrs

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
tidak jelas pendiriannya


Explanation:
kadang mengiayakan opini/tingkah laku A kadang B


    Reference: http://idioms.thefreedictionary.com/run+with+the+hare+and+hu...
Suzan Piper
Australia
Works in field
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 8

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  yam2u: i think your answer reflects best this less than positive trait, Suzan.
2 hrs

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
plin-plan


Explanation:
Kalau lebih menguntungkan ia mengikuti pendirian si "A" dan kalau lebih menguntungkan mengikuti si "B" dia ikuti pendirian si "B". Dalam proverb tsb jelas karena "hare" adalah yang diburu dan "hounds" adalah pemburunya. Jadi kalau menguntungkan dia ikut lari2 sama si kelinci dan kalau dalam kondisi lain lebih menguntungan dia ikut anjing2 memburu si kelinci.

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
makasih Yth. Bpk. Eddie

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  yam2u: Not being a native-speaker, I've never heard of 'plin-plan,' but your explanation sounds like you hit the nail for this question.
2 hrs
  -> Thank you Yam2.

agree  Suzan Piper: ya plin plan - to describe someone who tends to find it hard to make up their mind sounds appropriate
3 hrs
  -> Thank you Suzan.

8 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
mendukung dua pendapat yang berbeda


Explanation:
konteks konvensionalnya dalam musyawarah.

Alasannya macam2 seperti kita memberi aggree di kudozan pada dua atau lebih answers dari peserta yang berbeda:

1. Karena ragu-ragu atau tidak tahu menempatkan persoalaan yang dihadapi ia meberi dukungan kedua belah pihak.

2. Jawaban sama bedarnya/sedikit berbeda menurut pemberi dukungan yang mungkin sangat berbeda bagi kebanyakan orang.

3. Mengacaukan rapat/musyawarah

4. Pikir kendiri dah

--------------------------------------------------
Note added at 8 hrs (2007-10-24 05:32:21 GMT)
--------------------------------------------------

by the way, dengan modal jawaban2 dari rekan2 di kudoz Bapak udah bisa ikutan kuis di
http://a4esl.org/q/h/dt/dt-bunnies.html moga2 menang, kalo dapat hadiah bagi2 ya


    Reference: http://www.phrases.org.uk/bulletin_board/16/messages/463.htm...
    Reference: http://www.allwords.com/word-run%20with%20the%20hare%20and%2...
ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4