ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » English to Indonesian » Tourism & Travel

Major Moderators

Indonesian translation: variabel moderator utama

02:24 Aug 22, 2013
English to Indonesian translations [PRO]
Tourism & Travel / Tourism
English term or phrase: Major Moderators
"Major Moderators Influencing the Relationships of Service Quality, Customer Satisfaction and Customer Loyalty". Ini sebuah judul jurnal tentang kepuasan pelanggan.

Terima kasih bantuannya ...
Ridwan Munib
Indonesia
Indonesian translation:variabel moderator utama
Explanation:

moderator atau moderating variable di sini adalah istilah dalam bidang statistik, yakni variabel yang berpengaruh (baik atau buruk). Penerjemahannya bisa variabel moderator atau, yang juga banyak dipakai, variabel moderasi

Di samping jenis ini, ada lagi istilah intervening variable. Ini juga berdampak, namun hanya muncul di tengah kejadian dan bersifat sementara. Informasi lebih jelas (beserta contoh kasus) bisa dibaca di situs Ref 2.

Ref 1 mengisyaratkan bahwa hal-hal lain di dalam teks: Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty adalah variabel-variabel dependen atau independen yang dibahas dalam studi/jurnal.

Ref 1: http://teorionline.wordpress.com/2011/06/02/regresi-variabel...
Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (baik memperlemah atau memperkuat hubungan antara variabel independen ke dependen. Berbeda dengan variabel intervening (bahasannya dapat dilihat disini), variabel moderator tidak mensyaratkan adanya hubungan antara X ke M.

Ref 2: http://www.blurtit.com/q998452.html
What Is Moderating Variable And Intervening Variable?
The moderating variable is one that has a strong contingent effect on the independent variable and dependent variable relationship. That is the presence of a third variable modifies the original relationship between the independent and the dependent variables.

An intervening variable is one that surfaces between the time the independent variables start operating to influence the dependent variable and the time their impact is felt on it.
Selected response from:

Erich Ekoputra
Indonesia
Grading comment
Terima kasih Mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +3variabel moderator utama
Erich Ekoputra
4 +2faktor/variabel utama
Hipyan Nopri
4penghambat-penghambat utama
Laurens Sipahelut


  

Answers


13 mins   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +2
major moderators
faktor/variabel utama


Explanation:
Dalam konteks ini, saya menyimpulkan bahwa:

moderator = faktor atau variabel

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 21

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  M Iwan Munandar
28 mins

agree  Hikmat: ayo bang.. masak kesusul...:)
51 mins

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +3
major moderators
variabel moderator utama


Explanation:

moderator atau moderating variable di sini adalah istilah dalam bidang statistik, yakni variabel yang berpengaruh (baik atau buruk). Penerjemahannya bisa variabel moderator atau, yang juga banyak dipakai, variabel moderasi

Di samping jenis ini, ada lagi istilah intervening variable. Ini juga berdampak, namun hanya muncul di tengah kejadian dan bersifat sementara. Informasi lebih jelas (beserta contoh kasus) bisa dibaca di situs Ref 2.

Ref 1 mengisyaratkan bahwa hal-hal lain di dalam teks: Service Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty adalah variabel-variabel dependen atau independen yang dibahas dalam studi/jurnal.

Ref 1: http://teorionline.wordpress.com/2011/06/02/regresi-variabel...
Variabel moderator adalah variabel yang mempengaruhi (baik memperlemah atau memperkuat hubungan antara variabel independen ke dependen. Berbeda dengan variabel intervening (bahasannya dapat dilihat disini), variabel moderator tidak mensyaratkan adanya hubungan antara X ke M.

Ref 2: http://www.blurtit.com/q998452.html
What Is Moderating Variable And Intervening Variable?
The moderating variable is one that has a strong contingent effect on the independent variable and dependent variable relationship. That is the presence of a third variable modifies the original relationship between the independent and the dependent variables.

An intervening variable is one that surfaces between the time the independent variables start operating to influence the dependent variable and the time their impact is felt on it.


Erich Ekoputra
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 42
Grading comment
Terima kasih Mas Erich Ekoputra, atas bantuan istilahnya. Teman-teman yang lain juga diucapkan terima kasih atas partisipasinya.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Ikram Mahyuddin
2 hrs
  -> Terima kasih atas dukungan Ikram: One day I will find the right words, and they will be simple. (Jack Kerouac)

agree  Norazilinah Ingram: Good explanation! all the best :)
17 hrs
  -> And for your support Noor: Happiness is not a goal...it's a by-product of a life well lived. (Eleanor Roosevelt)

agree  natalixia
4 days
  -> Tanda terima kasih u/ dukungan Natalixia: A single rose can be my garden; a single friend, my world. (Leo Buscaglia)

5 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
major moderators
penghambat-penghambat utama


Explanation:
Sepertinya sinonim kata 'moderator' adalah 'inhibitor':

Thesaurus (lihat tautan)
Noun 1. moderator - [...]
inhibitor - a substance that retards or stops an activity

Sehingga moderator' bisa diganti dengan 'inhibitor'. Dalam bahasa Indonesia, inhibitor adalah zat yg menghambat atau, dl konteks ini: penghambat.


    Reference: http://www.thefreedictionary.com/moderator
Laurens Sipahelut
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in DutchDutch