KudoZ home » English to Indonesian » Transport / Transportation / Shipping

jaywalker, jaywalking

Indonesian translation: menyeberang tidak pada tempatnya


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
English term or phrase:jaywalker, jaywalking
Indonesian translation:menyeberang tidak pada tempatnya
Entered by: Hengky Chiok

00:42 Mar 11, 2008
English to Indonesian translations [PRO]
Social Sciences - Transport / Transportation / Shipping
English term or phrase: jaywalker, jaywalking
Apa ya, padanan terbaik dalam bahasa Indonesia? Konteksnya sama dengan dalam kalimat ini:
Police impose zero tolerance towards jaywalkers

Saya tahu artinya, tapi tidak tahu apakah ada kata yang paling pas?

Thanks,
Christianna Braithwaite
Australia
menyeberang tidak pada tempatnya
Explanation:
Jaywalker khususnya merujuk pada pejalan kaki yang menyeberang bukan di tempat penyeberangan yang telah ditetapkan.
Selected response from:

Hengky Chiok
United States
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5 +6menyeberang tidak pada tempatnya
Hengky Chiok
5 +2penyeberang jalan yang sembrono
Mohamad Rudi Atmoko
5pejalan kaki yang melanggar
alvin80
5penyeberang/menyeberang jalan tanpa aturan
Erich Ekoputra
5penyeberang jalan yang tidak memperhatikan tanda-tanda lalu lintas
M. Laut
3jaywalker, jaywalking
Harry Hermawan
3pejalan kaki yang tidak tahu adat
ivo abdman


  

Answers


4 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
jaywalker, jaywalking


Explanation:
1.pejalan kaki yang melanggar aturan lalu lintas

2.pelanggaran lalu-lintas oleh pejalan kaki

mungkin disingkat?
pelanggar lalin
pelanggaran lalin


Harry Hermawan
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 12

3 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +2
penyeberang jalan yang sembrono


Explanation:
cukup jelas

--------------------------------------------------
Note added at 15 mins (2008-03-11 00:58:16 GMT)
--------------------------------------------------

atau

penyeberang jalan yang tidak memperhatikan tanda-tanda lalu-lintas

http://books.google.co.id/books?id=XUSayY7aeKoC&pg=PA335&dq=...

Mohamad Rudi Atmoko
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian, Native in JavaneseJavanese

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hipyan Nopri: Bisa juga tanpa 'yang' - penyeberang jalan sembrono
4 hrs
  -> Thanks a lot mas!

agree  Dewinta Maharani
3 days4 hrs
  -> Trims mbak!

19 mins   confidence: Answerer confidence 5/5 peer agreement (net): +6
menyeberang tidak pada tempatnya


Explanation:
Jaywalker khususnya merujuk pada pejalan kaki yang menyeberang bukan di tempat penyeberangan yang telah ditetapkan.

Hengky Chiok
United States
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Selected automatically based on peer agreement.

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Hikmat
3 mins
  -> Terima kasih pak Hikmat

agree  Hendarto Setiadi
32 mins
  -> Terima kasih pak Hendarto

agree  Eddie R. Notowidigdo: Rasanya memang belum ada padanannya dlm BI. (Justru org yg nyebrang pd tempatnya dapat dihitung, hehehe...)
3 hrs
  -> Terima kasih pak Eddie

agree  Suzan Piper: ya paling tepat rasanya
4 hrs
  -> Terima kasih ibu Suzan

agree  Ling
20 hrs
  -> Terima kasih ibu Ling

agree  vicksy nurhayati: paling 'klik' menurut saya.
1 day12 hrs
  -> Terima kasih ibu Vicksy

1 hr   confidence: Answerer confidence 5/5
penyeberang jalan yang tidak memperhatikan tanda-tanda lalu lintas


Explanation:
jaywalking = menyeberang jalan tanpa memperhatikan tanda lalu lintas

M. Laut
Indonesia
Specializes in field
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 20

5 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
penyeberang/menyeberang jalan tanpa aturan


Explanation:
"tanpa aturan" adalah istilah yang biasa dipakai untuk merujuk kepada perbuatan yang tidak mengindahkan norma-norma, dan paling sering digunakan pada sikap berlalulintas.

Ref 1:
Sehingga seringkali kita melihat situasi yang semrawut, sampah-sampah berserakan, orang-orang menyeberang jalan tanpa aturan, kendaraan umum yang ...

Ref 2:
Ini merupakan masalah serius yang harus ditangani polisi, karena kami pernah menyampaikan persoalan aksi saling pacu sepeda motor tanpa aturan itu ke aparat Polres Metro Tangerang, namun belum ada tanggapan




    Reference: http://veronicakumurur.blogspot.com/2006/08/perilaku-manusia...
    Reference: http://www.lantas.metro.polri.go.id/news/index.php?id=2&nid=...
Erich Ekoputra
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20

12 hrs   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
pejalan kaki yang tidak tahu adat


Explanation:
jay = backward, unskilled, rustic
walker = pejalan kaki

Sebenarnya jaywalker tidak hanya saat menyeberang, tetapi karena yang paling terganggu adalah pemakai kendaraan, sehingga kesannya hanya saat menyeberang. Kalau ini di Indonesia ini semacam sumpah serapah.

Kira-kira yang mendekati tidak tahu adat, dusun, mata loe tarok di mana, dlll yang ada di kebun binatang kalau perlu bisa ditambahkan .... untuk membuat si jaywalker ini mmbrigidiik (baca: bergidik)

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 days12 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
pejalan kaki yang melanggar


Explanation:
pejalan kaki yang melanggar hukum lalu lintas yang diperuntukkan bagi pejalan kaki/non transportasi

alvin80
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian