KudoZ home » Indonesian to English » Agriculture

buah pasir

English translation: early fruit of oil palm


GLOSSARY ENTRY (DERIVED FROM QUESTION BELOW)
Indonesian term or phrase:buah pasir
English translation:early fruit of oil palm
Entered by: Erich Ekoputra

03:16 Sep 13, 2007
Indonesian to English translations [PRO]
Bus/Financial - Agriculture / Oil Palm
Indonesian term or phrase: buah pasir
Sepertinya adalah buah awal dari pohon kelapa sawit. Apakah ini sama dengan empty fruit?
Erich Ekoputra
Indonesia
early (oil palm) fruit
Explanation:
Dengan merujuk banyak referensi, salah satunya di pautan pertama, 'buah pasir' sepertinya merujuk pada (hasil) buah pertama kelapa sawit. Buah pasir, seperti halnya buah pertama pohon lain, kurang efektif sehubungan dengan produksi, lihat pautan kedua.
Lema 'early fruit' bisa dipakai untuk hasil buah pertama mana pun, yang pada umumnya menunjukkan kurang efektifnya produksi dibandingkan hasil buah akhir (http://pomology.org/003/151/003151473.html).
Saya sempat mengira buah pasir sebagai 'empy fruit bunch (EFB)'. Namun, EFB merujuk pada tandan buah sawit yang sudah kosong (http://www.jircas.affrc.go.jp/english/publication/highlights...
Selected response from:

Mulyadi Subali
Indonesia
Grading comment
Thanks Ian, Mulyadi and Ivo. I tend to think Mulyadi's answer is the closest to the meaning.
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
5early (oil palm) fruit
Mulyadi Subali
4sand fruit
ivo abdman
3oil palm
Ian Forbes


  

Answers


1 hr   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5
oil palm


Explanation:
Menurut Wikipedia versi bahasa Indonesia buah pasir adalah nama alternatif untuk kelapa sawit, sementara ‘oil palm’ adalah terjemahan yang cukup umum untuk kelapa sawit.


    Reference: http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Dharmasraya
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: Native in EnglishEnglish
PRO pts in category: 7

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
early (oil palm) fruit


Explanation:
Dengan merujuk banyak referensi, salah satunya di pautan pertama, 'buah pasir' sepertinya merujuk pada (hasil) buah pertama kelapa sawit. Buah pasir, seperti halnya buah pertama pohon lain, kurang efektif sehubungan dengan produksi, lihat pautan kedua.
Lema 'early fruit' bisa dipakai untuk hasil buah pertama mana pun, yang pada umumnya menunjukkan kurang efektifnya produksi dibandingkan hasil buah akhir (http://pomology.org/003/151/003151473.html).
Saya sempat mengira buah pasir sebagai 'empy fruit bunch (EFB)'. Namun, EFB merujuk pada tandan buah sawit yang sudah kosong (http://www.jircas.affrc.go.jp/english/publication/highlights...


    Reference: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0704/14/sumbagsel/3456415...
    Reference: http://www.lampungpost.com/buras.php?id=2007050400591716
Mulyadi Subali
Indonesia
Native speaker of: Indonesian
PRO pts in category: 4
Grading comment
Thanks Ian, Mulyadi and Ivo. I tend to think Mulyadi's answer is the closest to the meaning.

2 days9 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
sand fruit


Explanation:
Yang sulit sebenarnya menerjemahkan kata yang berisi kata sand ke bahasa Indonesia. Seperti sand pine (tanaman kecil merambat di daerah berpasir dibagian barat florida) atau sand piper (burung pantai yang berparuh dan berkaki panjang). Kalau buah pasir jelas translasi lateral yang dilakukan oleh orang indonesia maka sederhana aja tinggal dibalik jadi sand fruit.

ivo abdman
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 2