ProZ.com global directory of translation services
 The translation workplace
Ideas
KudoZ home » Indonesian to English » Agriculture

Suplesi

English translation: back up irrigation channel

04:02 Aug 19, 2008
Indonesian to English translations [PRO]
Tech/Engineering - Agriculture
Indonesian term or phrase: Suplesi
Tabel Rehabilitasi dan Perawatan Saluran Irigasi dan Pintu Air
- Rehabilitasi Saluran Irigasi Sekunder
- Rehabilitasi Saluran Irigasi (Lanjutan)
- Suplesi untuk Saluran Irigasi
Yustina Espehana
English translation:back up irrigation channel
Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2008-08-19 06:44:07 GMT)
--------------------------------------------------

Seperti disebutkan pada rujukan berikut,
suplesi = tambahan atau cadangan
Karena itu, saya menafsirkan
suplesi untuk saluran irigasi = saluran irigasi suplesi = saluran irigasi tambahan/cadangan = back-up irrigation channel
Ref.:
KBBI edisi ketiga
suplesi = penambahan; tambahan

*Suplesi* atau *cadangan* air baku tersebut diambil dari Jatijajar, . . .
http://westjavawater.blogspot.com/2005/06/antisipasi-kemarau...
Selected response from:

Hipyan Nopri
Indonesia
Grading comment
4 KudoZ points were awarded for this answer



Summary of answers provided
4 +1Pegisian kembali (apabila terjudi kekurangan)
Eddie R. Notowidigdo
5back up irrigation channel
Hipyan Nopri
4supplementary feed watereldira
3 +1infiltration
Ian Forbes


  

Answers


20 mins   confidence: Answerer confidence 3/5Answerer confidence 3/5 peer agreement (net): +1
infiltration


Explanation:
Hujan yang turun memiliki dua kemungkinan utama, yaitu mengalir di atas permukaan tanah atau diserap ke tanah. Pengertian saya, suplesi merupakan proses penyerapan ke tanah tetapi istilah hidrologinya adalah infiltrasi, atau dalam bahasa Inggris ‘infiltration’.


    Reference: http://www.riaumandiri.net/indexben.php?id=16852
    Reference: http://en.wikipedia.org/wiki/Infiltration_capacity
Ian Forbes
New Zealand
Native speaker of: English
PRO pts in category: 7

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  Vincentius Mariatmo: Saya menemukan kata "Suppletion" dalam bahasa Inggris, tapi rasanya kurang tepat kalau dimasukkan dalam terminologi ini. Suppletion: to distinguish irregularities which cannot be so explained. http://en.wikipedia.org/wiki/Suppletion
46 mins

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5
supplementary feed water


Explanation:
Suplesi (pemberian) air sangat diperlukan untuk keperluan pemenuhan ...

Lihat juga Kamus Teknik empat bahasa oleh B.S. Anwir dan W.H.H. de Jager


    Reference: http://bws.staff.ugm.ac.id/wp-content/bab-6-rawa.pdf
eldira
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian

2 hrs   confidence: Answerer confidence 5/5
back up irrigation channel


Explanation:
-

--------------------------------------------------
Note added at 2 hrs (2008-08-19 06:44:07 GMT)
--------------------------------------------------

Seperti disebutkan pada rujukan berikut,
suplesi = tambahan atau cadangan
Karena itu, saya menafsirkan
suplesi untuk saluran irigasi = saluran irigasi suplesi = saluran irigasi tambahan/cadangan = back-up irrigation channel
Ref.:
KBBI edisi ketiga
suplesi = penambahan; tambahan

*Suplesi* atau *cadangan* air baku tersebut diambil dari Jatijajar, . . .
http://westjavawater.blogspot.com/2005/06/antisipasi-kemarau...

Hipyan Nopri
Indonesia
Works in field
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 20

2 hrs   confidence: Answerer confidence 4/5Answerer confidence 4/5 peer agreement (net): +1
Pegisian kembali (apabila terjudi kekurangan)


Explanation:
IMHO kata suplesi berasal dari bahasa Belanda:
Suppletie: aanvulling van het tekort
www.bvkm.nl/woordenlijst
Pengisian atau penambahan kembali suatu kekurangan

--------------------------------------------------
Note added at 3 hrs (2008-08-19 07:13:22 GMT) Post-grading
--------------------------------------------------

Sorry, kenapa kok lagi "bolot" banget, ngasih definisi bahasa Indonesia sedangkan yg diminta padanan bhs Inggrisnya. Maklum, lagi ngejar deadline.

Eddie R. Notowidigdo
Indonesia
Native speaker of: Native in IndonesianIndonesian
PRO pts in category: 3

Peer comments on this answer (and responses from the answerer)
agree  eldira: sebagai pendukung: Suplesi (pemberian) air sangat diperlukan untuk keperluan pemenuhan ... bws.staff.ugm.ac.id/wp-content/bab-6-rawa.pdf
9 mins
  -> Thanks Mas Eri